Ketua DPR Perpindahan Ibu Kota Dari Jakarta harus Diikuti Kantor BUMN

Berita Kawasan

Ketua DPR: Perpindahan Ibu Kota Dari Jakarta Harus Diikuti BUMN

Meskipun masih dalam tahap menunggu pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan rencana penting yang akan diterapkan dalam periode kedua pemerintahannya. Yaitu mengenai perpindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Sebagai pemenang calon presiden dalam tahap penghitungan cepat, pengumuman ini mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Wilayah yang akan menjadi ibu kota pengganti belum diumumkan. Saat ini, pemerintah masih dalam tahap pengkajian rencana tersebut. Sejauh ini tanggapan dari berbagai pihak masih positif, termasuk dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Memprediksi Iklim Investasi Pasca-Pilpres 2019]

Pernyataan ini disampaikan ketika Bambang Soesatyo menjadi keynote speaker IndoSterling Forum dengan tema Memprediksi Iklim Investasi Indonesia Paska Pilpres di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada 16 Mei 2019.

"Gagasan memindahkan ibu kota adalah gagasan yang cerdas. Akan menambah petumbuhan sentra ekonomi baru. Ini akan membuat gairah ekonomi lebih kecang lagi,” ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet ini.

Politikus Golkar ini menilai pemindahan ibu kota akan menggairahkan sentra ekonomi baru di Indonesia. Selama ini, ekonomi hanya terpusat di Jawa, khususnya Jakarta. "Semoga gagasan ini akan segera direalisasikan, sekarang ini masih dalam tahap penelitian," katanya.

Ketua DPR Perpindahan Ibu Kota Dari Jakarta harus Diikuti Kantor BUMN

Perpindahan Kantor BUMN Demi Pemerataan Pembangunan

Dia menambahkan, pemindahan ibu kota juga diprediksi akan berdampak positif terhadap iklim investasi di Indonesia. Bukan hanya Bamsoet yang berpendapat demikian, para pembicara dalam acara IndoSterling Forum tersebut juga sependapat.

Indosterling Forum ke-6 yang bertema Memprediksi Iklim Investasi Pasca-Pilpres 2019, menghadirkan tokoh-tokoh kredibel yang membeberkan pandangan mereka akan masa depan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke depan.

[Baca Juga: Berbagi Sambil Berinvestasi di Program CSR IndoSterling]

Selain Bamsoet sebagai keynote speaker, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Prof. Bambang Sumantri Brojonegoro, SE, MUP, PhD. Selain itu ada tiga narasumber lain, yaitu Peneliti Senior Dr. Enny Sri Hartati, wakil dari Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, SE, MH, dan Direktur IndoSterling Aset Manajemen F. Stevan Purba, SE, MM.

Menurut Bamsoet, perpindahan ibu kota ini juga bisa meningkatkan investasi karena bisa melibatkan pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp400-an triliun itu. "Ini juga akan membuat gairah ekonomi lebih kencang lagi. Dengan membangun ibu kota baru, ini akan menggairhakan sentra ekonomi baru selain Jakarta," dia menambahkan.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Ulas Hubungan Sosial Media dan Politik Milenial]

Selain itu, jika perpindahan ini juga diikuti oleh kantor-kanto BUMN, maka percepatan ekonomi juga akan semakin pesat. “Kalau hanya memindahkan ibu kota kurang nendang. Harus dibarengi desentralisasi BUMN-BUMN di Jakarta,” ujar Bamsoet.

Ia menyarankan kebijakan pemindahan ibu kota sebaiknya langsung dibarengi dengan meminta kantor pusat BUMN pindah ke daerah-daerah. “Industri mereka ada di daerah, tapi kenapa harus ada gedung-gedung perkantoran besar para BUMN ini di Jakarta? Kalau mereka pindah, ini akan membuat ruang di Jakarta lebih nyaman,” dia menjelaskan.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.