Ketua DPR Perpindahan Ibu Kota Dari Jakarta harus Diikuti Kantor BUMN

Berita Kawasan

Ketua DPR: Perpindahan Ibu Kota Dari Jakarta Harus Diikuti BUMN

Meskipun masih dalam tahap menunggu pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan rencana penting yang akan diterapkan dalam periode kedua pemerintahannya. Yaitu mengenai perpindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Sebagai pemenang calon presiden dalam tahap penghitungan cepat, pengumuman ini mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Wilayah yang akan menjadi ibu kota pengganti belum diumumkan. Saat ini, pemerintah masih dalam tahap pengkajian rencana tersebut. Sejauh ini tanggapan dari berbagai pihak masih positif, termasuk dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Memprediksi Iklim Investasi Pasca-Pilpres 2019]

Pernyataan ini disampaikan ketika Bambang Soesatyo menjadi keynote speaker IndoSterling Forum dengan tema Memprediksi Iklim Investasi Indonesia Paska Pilpres di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada 16 Mei 2019.

"Gagasan memindahkan ibu kota adalah gagasan yang cerdas. Akan menambah petumbuhan sentra ekonomi baru. Ini akan membuat gairah ekonomi lebih kecang lagi,” ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet ini.

Politikus Golkar ini menilai pemindahan ibu kota akan menggairahkan sentra ekonomi baru di Indonesia. Selama ini, ekonomi hanya terpusat di Jawa, khususnya Jakarta. "Semoga gagasan ini akan segera direalisasikan, sekarang ini masih dalam tahap penelitian," katanya.

Ketua DPR Perpindahan Ibu Kota Dari Jakarta harus Diikuti Kantor BUMN

Perpindahan Kantor BUMN Demi Pemerataan Pembangunan

Dia menambahkan, pemindahan ibu kota juga diprediksi akan berdampak positif terhadap iklim investasi di Indonesia. Bukan hanya Bamsoet yang berpendapat demikian, para pembicara dalam acara IndoSterling Forum tersebut juga sependapat.

Indosterling Forum ke-6 yang bertema Memprediksi Iklim Investasi Pasca-Pilpres 2019, menghadirkan tokoh-tokoh kredibel yang membeberkan pandangan mereka akan masa depan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke depan.

[Baca Juga: Berbagi Sambil Berinvestasi di Program CSR IndoSterling]

Selain Bamsoet sebagai keynote speaker, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Prof. Bambang Sumantri Brojonegoro, SE, MUP, PhD. Selain itu ada tiga narasumber lain, yaitu Peneliti Senior Dr. Enny Sri Hartati, wakil dari Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, SE, MH, dan Direktur IndoSterling Aset Manajemen F. Stevan Purba, SE, MM.

Menurut Bamsoet, perpindahan ibu kota ini juga bisa meningkatkan investasi karena bisa melibatkan pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp400-an triliun itu. "Ini juga akan membuat gairah ekonomi lebih kencang lagi. Dengan membangun ibu kota baru, ini akan menggairhakan sentra ekonomi baru selain Jakarta," dia menambahkan.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Ulas Hubungan Sosial Media dan Politik Milenial]

Selain itu, jika perpindahan ini juga diikuti oleh kantor-kanto BUMN, maka percepatan ekonomi juga akan semakin pesat. “Kalau hanya memindahkan ibu kota kurang nendang. Harus dibarengi desentralisasi BUMN-BUMN di Jakarta,” ujar Bamsoet.

Ia menyarankan kebijakan pemindahan ibu kota sebaiknya langsung dibarengi dengan meminta kantor pusat BUMN pindah ke daerah-daerah. “Industri mereka ada di daerah, tapi kenapa harus ada gedung-gedung perkantoran besar para BUMN ini di Jakarta? Kalau mereka pindah, ini akan membuat ruang di Jakarta lebih nyaman,” dia menjelaskan.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.