Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sebut Mulai Ada Kemajuan PSBB Jabodetabek

Berita Kawasan

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Sebut Mulai Ada Kemajuan PSBB Jabodetabek

Terhitung sudah sekitar 3 pekan pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) (31/3/2020). Setelahnya, sejumlah pemerintah provinsi pun mengajukan untuk menerapkan PSBB di daerahnya, termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa penerapan PSBB di Jabodetabek belum efektif. Meski demikian, menurutnya mulai ada kemajuan dibandingkan dengan beberapa pekan sebelumnya.

“Artinya halte, kemudian stasiun, dan terminal sudah mengalami banyak penurunan. Persoalannya bukan pada transportasinya tetapi persoalannya ada di hulu yaitu masih banyaknya pekerja yang bekerja di kantor,” ujar Doni, dilansir dari setkab.go.id (21/4/2020).

[Baca Juga: Pemerintah Tetapkan PSBB, Ini Bansos Bagi Warga Terdampak Covid-19]

Oleh karenanya, Doni mengatakan bahwa perlu meningkatkan imbauan, hingga akhirnya juga memberi teguran, dan peringatan. Doni berharap agar gugus tugas di daerah lebih tegas untuk memberikan sanksi kepada perkanotan dan juga perusahaan-perusahaan yang masih belum mematuhi protokol kesehatan.

PSBB di Daerah Lainnya

Sementara itu, sejumlah daerah di Indonesia ada pula yang menerapkan PSBB hanya untuk sebagian wilayah. Doni menyampaikan untuk yang di Surabaya, Gresik, Sidoarjo hanya sebagian wilayah saja untuk Gresik dan Sidoarjo. Dalam hal ini pihaknya mengembalikan lagi kepada kebijakan pemerintah daerahnya.

“Saya pikir bisa saja, usulan tentunya dalam bentuk utuh kabupaten/kota, tetapi kalau pemerintah daerah hanya memberlakukan sebagian, ini dikembalikan kepada kebijakan dari gugus tugas daerah. Toh di sana juga ada unsur TNI, ada unsur Polri, ada unsur BIN, ada unsur pusat yang ada di daerah. Saya pikir daerah pasti lebih menguasai, lebih mengetahui apa yang terbaik buat mereka,” imbuhnya.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sebut Mulai Ada Kemajuan PSBB Jabodetabek

Untuk parameter keberhasilannya sendiri, Doni melihat bahwa ada peningkatan. Namun, peningkatannya lebih kecil dibanding pemodelan yang dibuat oleh pakar-pakar di bidang matematika.

Oleh karena itu, menurut Doni PSBB ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran kolektif mengingat upaya ini tidak akan berhasil bila bekerja sendirian tanpa dukungan di masyarakat.

“Ini pun harus menjadi salah satu ujung tombak kita sebagaimana tadi telah disampaikan bahwa WHO sendiri telah memberikan apresiasi tentang keterlibatan banyak pihak di Indonesia termasuk para relawan,” jelasnya.

Doni pun juga mengingatkan kembali pentingnya peran tokoh non-formal untuk menyampaikan perihal pentingnya pencegahan COVID-19 dengan bahasa lokal sehingga masyarakat dapat sadar. Apalagi anak-anak muda dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Bila mereka tidak sadar bahaya COVID-19, maka mereka tanpa sadar dapat menularkan virus ke keluarganya, utamanya yang termasuk dalam kelompok rentan.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.