Keunggulan Sains dan Teknologi Italia Dipamerkan di Museum Nasional 1.jpg

Pendidikan

Keunggulan Sains & Teknologi Italia Dipamerkan di Museum Nasional

Dalam rangka perayaan 70 tahun hubungan Indonesia dan Italia, pameran Instalasi bertajuk Italy, The Beauty of Knowledge digelar dari tanggal 6 hingga 31 Maret 2019 di Museum Nasional, Jakarta Pusat. Pameran ini telah resmi dibuka Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli bersama dengan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Abdurrahman Muhammad Fahir pada 6 Maret lalu seperti dilansir museumnasional.or.id (8/3/2019).

[Baca Juga: Mengulas Museum Terbaik di Indonesia]

Italia terkenal dengan sejarah dan tradisinya, namun Italia juga telah menjadi laboratorium aktif inovasi untuk menghadapi tantangan yang menarik dan membayangkan serta merencanakan masa depan yang lebih baik. Pameran ini menghadirkan pengalaman menarik secara emosional dan kesempatan mempelajari keunggulan penelitian dalam sains dan teknologi yang diproduksi di Italia sebagaimana dilansir iicjakarta.esteri.it (8/3/2019).

Pameran Instalasi Italy, The Beauty of Knowledge menampilkan visualisasi perjalanan Italia dari masa lampau hingga masa yang akan datang dengan penggabungan antara pengetahuan dan tradisi artistik Italia. Terutama gaya hidup Italia yang terkenal akan seni kesejahteraan. Italy, The Beauty of Knowledge yang buka dari pukul 08.30 hingga pukul 16.00 ini memiliki tema utama di antaranya kesehatan, makanan dan gizi, ruang dan lingkungan hidup, hingga warisan budaya.

[Baca Juga: Bicara Teknologi Digital, AMI DKI Jakarta Gelar Temu Mugalemon]

Pameran Instalasi Italy, The Beauty of Knowledge sudah digelar di Roma (Italia), Alexandria (USA), New Delhi (India), Buenos Aires (Argentina), Guangzhou (China), dan Hanoi (Vietnam) dan kini di Jakarta sekaligus merayakan 70 tahun hubungan Indonesia dengan Italia.

Italia telah melakukan berbagai inovasi untuk pemeliharaan kualitas lingkungan sehingga Italia menjadi sebuah simbol ideal keindahan. Pemeliharaan kualitas lingkungan yang telah dilakukan Italia dan dipamerkan dalam pameran instalasi ini adalah material upcycling dari limbah makanan dan material dari laut yang masih berupa spesimen. Hasil olahan daur ulang tersebut masih akan dikembangkan inovasinya oleh Italia untuk penggunaannya seperti dikatakan petugas pameran instalasi ini Jacquelyn Tampubolon kepada PingPoint.co.id (8/3/2019).

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Pameran ini juga menghadirkan inovasi jenis pasta yang dibuat oleh salah satu perusahaan yang memproduksi senapan di Italia. Jenis pasta tersebut dibuat dengan tekstur yang lebih mudah menyerap minyak ketika dimasak sebagaimana dikatakan Jacquelyn. Selain itu, ada juga inovasi jenis pasta lain yang bisa dilihat di Laboratory Zone.

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Selain itu, dalam pameran Instalasi ini pengunjung dapat melihat Cosmo Sky-Med yang merupakan program luar angkasa terbesar yang pernah dilakukan di Italia. Cosmo Sky-Med adalah konstelasi empat satelit X-band Synthetic-Aperture Radar (SAR) yang mampu beropesasi setiap saat dan dalam kondisi cuaca apa pun.

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Benda yang menarik dari tokoh fenomenal pada masa lampau Italia juga ada di pameran ini, yaitu replika Teleskop Galileo Galilei. Dalam pameran ini, tertulis deskripsi tentang teleskop yang telah disempurnakan ini. Galileo Galilei meresmikan sebuah cabang baru astronomi pengamatan dengan menggunakan teleskop mulai tahun 1609 dengan tidak lagi mengamati pengukuran posisi, tetapi studi tentang sifat alami dari benda langit.

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Dalam pameran instalasi pada tema Space juga menghadirkan miniatur Vega Sang Peluncur Italia yang merupakan sebuah peluncur berketinggian 30 meter dan berdiamieter hanya 3 meter buatan Italia yang tidak kalah efektif dengan roket Eropa lainnya.

[Baca Juga: Rumah Kami yang Tidak Bungkam di Galeri Cemara Menteng]

Selain pengunjung dapat melihat dan mempelajari pengetahuan dan berbagai inovasi yang dibuat Italia, salah satu hasil karya dalam tema Heritage di pameran ini bisa dicoba oleh pengunjung yaitu Virtual Reality yang dibuat agar pengunjung bisa melihat Roma dan Istana Kekaisaran Roma yang bernama Dan Pantheon.

Italy The Beauty of Knowledge di Museum Nasional

Banyak hal menarik lainnya yang dapat dilihat dalam pameran Instalasi Italy, The Beauty of Knowledge di Museum Nasional dari berbagai sektor yang berbeda-beda. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan Italia baik dalam pengetahuan hingga warisan budaya Italia, tentu pameran ini wajib Anda kunjungi. Namun, Anda jangan datang di hari Senin karena pameran ini mengikuti jam operasional Museum Nasional yang tutup setiap hari Senin.

Read More

Artikel Lainnya

Lima Minuman Sehat Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Kuliner

Lima Minuman Sehat Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

29 February 2020, 12:00

Selain untuk menghangatkan tubuh, minuman hangat juga dianggap mampu menambah stamina tubuh di saat musim hujan.

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.


Comments


Please Login to leave a comment.