Keuntungan Bangun Properti Menggunakan Beton Ringan Berpori

Properti dan Solusi

Keuntungan Bangun Properti Menggunakan Beton Ringan Berpori

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini bahan atau material pembangunan rumah atau properti pun semakin beragam jenisnya. Beberapa tahun terakhir, material jenis baru yang tergolong ramah lingkungan juga mulai digunakan untuk perumahan. Selain ramah lingkungan, waktu yang dibutuhkan dalam proses konstruksi pun lebih singkat dan tentunya dapat menekan biaya konstruksi.

Salah satu material baru tersebut ialah beton ringan atau beton berpori, yang komposisinya terbuat dari semen, pasir dan busa styrofoam. Anda mungkin telah sering mendengar penggunaan material beton ringan ini dalam proses konstruksi perumahan hingga untuk pembangunan gedung bertingkat. Berikut sejumlah keunggulan dalam penggunaan beton ringan dalam pembangunan properti, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber (23/8/2019).

Keuntungan Bangun Properti Menggunakan Beton Ringan Berpori

  • Bobot Ringan

Sesuai dengan namanya, beton ringan memiliki kepadatan yang jauh lebih kecil daripada beton konvensional. Jumlah gelembung busa yang dicampur ke dalam campuran beton akan menentukan kepadatan, kekuatan, konduktivitas panas dan biaya produk. Oleh karenanya, sangat mungkin untuk mengubah jumlah busa yang diaplikasikan pada campuran, untuk menciptakan beton ringan yang sesuai dalam konstruksi.

[Baca Juga: Trik Menancapkan Paku Beton Agar Tidak Merusak Dinding]

  • Tahan Panas

Jika dibandingkan dengan bata merah tradisional, beton ringan lebih tahan panas dan sangat efektif. Ini sebabnya sejumlah proyek perumahan menggunakan beton ringan, agar dapat mengurangi suhu panas di dalam bangunan, sehingga secara biaya penggunaan AC dalam ruangan pun dapat berkurang.

  • Hemat Biaya dan Waktu Konstruksi Singkat

Dengan penggunaan gelembung udara untuk beton ringan, maka biayanya pun jauh lebih rendah. Untuk rumah dengan ukuran kurang dari 100 m2 yang menggunakan konstruksi baja gabungan dengan beton ringan, Anda dapat menghemat 50 hingga 65 persen biaya bahan baku bangunan dibandingkan dengan menggunakan material konstruksi tradisional. Selain itu, para pekerja konstruksi akan lebih cepat dalam membangun properti Anda.

[Baca Juga: 6 Jenis Cat Tembok Dan Fungsinya Bagi Rumah Anda]

  • Lebih Kedap Suara

Beton ringan berpori bersifat menyerap suara, sehingga material ini dianggap sebagai solusi terbaik dalam membangun tempat kedap suara tinggi seperti rumah sakit, sekolah, maupun hotel. Hal ini juga menguntungkan dalam proyek perumahan di kota berpenduduk padat, yang mana banyak terjadi polusi suara.

  • Menahan getaran

Dengan bobot yang lebih ringan dari bata merah tradisional dan beton konvensional, beton ringan berpori memiliki kemampuan untuk menahan getaran dari tanah serta kendaraan besar yang melintas di jalan masuk. Material ini memiliki daya tahan, stabilitas, mudah dibentuk, tahan getaran, tidak konduktif, kedap suara dan antiair, sehingga dapat diaplikasikan untuk membangun rumah di lokasi dengan tanah yang lemah.

  • Mudah Diaplikasikan

Beton ringan memiliki bentuk persegi panjang yang dapat dengan mudah diproduksi dalam berbagai ukuran, tergantung pada kebutuhan konstruksi. Bobot yang ringan membuat pekerjaan konstruksi, instalasi, pipa teknis lebih mudah, sehingga mengurangi biaya tenaga kerja.

[Baca Juga: Tips Membangun Rumah di Kawasan Pulau Seribu]

  • Ramah Lingkungan

Beton ringan dihasilkan dari sampah industri dan pertanian yang mengurangi beban lingkungan. Produk beton styrofoam bisa menggantikan bahan bangunan tradisional seperti ubin terakota, beton konvensional, bambu dan kayu, tanpa mengurangi luas lahan yang diolah seperti teknologi pembuatan ubin terakota.

  • Daya Tahan Tinggi

Beton ringan bersifat tidak tenggelam, susut, serta tahan terhadap iklim yang keras. Dengan cuaca yang panas dan banyak saat perubahan iklim tidak menentu, beton ringan berpori masih memiliki karakteristik yang sama dengan aslinya, menjaga agar bangunan tetap awet dan stabil.

Tak hanya ramah lingkungan saja, saat ini beton ringan atau beton berpori ternyata mampu menjadi solusi optimal dalam proses konstruksi suatu bangunan, baik untuk hunian pribadi maupun untuk gedung bertingkat tinggi.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.