Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Anda pasti sudah sering dengar bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Apakah Anda pernah mendengar tentang bawang hitam? Bawang hitam bukan jenis bawang baru atau saudara bawang. Bawang hitam adalah hasil olahan dari bawang putih. Proses pembuatan bawang hitam tidak melibatkan mikro organisme tertentu, pengolahannya dalam suhu tertentu dan disimpan dalam waktu yang cukup lama selama beberapa pekan. Bau khas pada bawang hitam berbau sedap dan rasanya pun tidak lagi getir, melainkan asam manis.

[Baca Juga: Bukan Cuma Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Kesehatan Bawang Merah]

Adapun khasiat bawang hitam yang dikutip PingPoint.co.id dari beberapa sumber, di antaranya :

1. Digunakan Untuk Obat

Kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat dan anti bakteri. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang hitam. Berbagai riset telah dilakukan terhadap fungsi allicin dan menemukan bahwa memiliki efek penting, yaitu :

  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan
  • Anti-mikroba atau bakteri

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

2. Herbal Anti Kanker

Bawang hitam layak disebut sebagai herbal atau tanaman anti kanker, karena memiliki kandungan sulfida alil yang menyebabkannya sebagai zat anti kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bawang hitam dapat menurunkan tekanan darah, tak hanya darah tinggi tetapi menurunkan darah normal.

4. Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang hitam sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi. Meski kaya akan nutrisi, uniknya bawang hitam tidak mengandung zat atau nutrisi yang berbahaya bagi tubuh seperti, lemak jenuh dan kalori. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan Anda bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

5. Sumber Antioksidan

Khasiat bawang hitam adalah sumber antioksidan dan dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya untuk mencegah, bawang hitam juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang hitam ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

[Baca Juga: Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan]

6. Memangkas Kolesterol Jahat (LDL)

Mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL, sehingga anda akan tetap sehat.

7. Kecantikan Kulit

Dapat membersihkan komedo, menghilangkan bekas noda dan luka, dan obat jerawat.

8. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

9. Menghilangkan Sakit Gigi

Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang hitam dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

10. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Mengandung Ferroportin yang memiliki sifat protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel.

Harga bawang hitam lebih mahal dari bawang putih biasa. Bawang hitam dapat beli di toko-toko herbal yang menjual obat alternatif, Anda juga dapat membelinya pada toko online. Niat mencobanya?


Read More

Artikel Lainnya

seminar2.jpg

Berita Kawasan

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta Adakan Seminar Nasional Tentang HAM

08 May 2021, 20:28

persoalan HAM perlu disuarakan bersama-sama

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor 2.jpg

Kuliner

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor

08 May 2021, 19:04

Indonesia memang memiliki banyak sekali keanekaragaman makanan khasnya, tidak terkecuali makanan khas berbuka puasa di berbagai daerah. Salah satunya mie glosor, makanan satu ini sangat populer sebagai menu berbuka puasa di Bogor.

aeon.jpg

Kuliner

Berburu Makanan Jepang untuk Buka Puasa di AEON Mall BSD

08 May 2021, 18:02

Jika berniat berburu kuliner Jepang untuk menu takjil saat buka puasa, datang ke tempat ini harus menerapkan protocol Kesehatan s

warkop-jurnalis.jpg

Berita Kawasan

Jalin Silaturahmi, Wali Kota Medan Berkunjung ke Warkop Jurnalis

08 May 2021, 16:04

Pada kunjungan silaturahmi itu, Wali Kota dan jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Medan (FJM) berdiskusi akrab dan sepakat mendukung kenyamanan bersama dalam menjalankan tugas.


Comments


Please Login to leave a comment.