Kiat-kiat dan Tips Agar Aman Bersepeda Bagi Wanita.jpg

Berita Kawasan

Kiat-kiat dan Tips Agar Aman Bersepeda Bagi Perempuan

Sepeda merupakan alat transportasi bebas polusi yang dapat menyehatkan dan mengurangi penyakit di dalam tubuh. Selain banyak manfaatnya, kini tren bersepeda semakin meningkat. Beberapa penggowes sering terlihat mengisi ruang di jalanan protokol. Namun, keamanan seseorang saat bersepeda di jalanan, khususnya bagi perempuan masih sangat minim.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

Hal ini disoroti penuh oleh Ketua komunitas Women’s Cycling Community Nusantara Tabitha Sumendap. Ia menganggap lalu lintas di Indonesia sendiri, khususnya di berbagai jalanan protokol Jakarta masih belum aman untuk dilewati perempuan yang ingin bersepeda secara mandiri.

Agar bisa meminimalisir keresahan tersebut, Tabby, sapaan akrabnya, memberikan empat kiat-kiat dan tips aman bersepeda untuk perempuan.

Harus Mengenal Rute Bersepeda

Ketika Anda bersepeda, sebaiknya Anda sudah mengetahui area jalan yang akan dilewati. Selain bisa meminimalisir kejahatan di jalan, Anda juga perlu menyesuaikan jenis sepeda dengan medan di lapangan. “Anda harus tahu mau sesepedahan di mana. Karena ada berbagai jenis sepeda kayak road bike, mountain bike, hard trail yang akan menyesuaikan dengan rute,” ujar Tabby.

[Baca Juga: Lebih Sehat Bersama Komunitas Sepeda Gober Depok]

Menyiapkan Waktu yang Pas untuk Bersepeda

Memang, bersepeda itu baik dan menyehatkan untuk tubuh. Namun, Anda juga perlu tahu waktu yang tepat untuk bersepeda di jalanan kota. Menurut Tabby, alangkah lebih baik jika Anda menggowes sepeda tak lebih dari pukul enam malam. Selain buruk untuk kesehatan, bersepeda malam hari lebih berbahaya untuk wanita karena rawan mendapatkan tindakan jahat.

Harus Pintar Mengambil Jarak

Jika Anda ingin berkeliling kota dengan bersepeda, sebaiknya mulai dibiasakan untuk pintar mengambil jarak. Hal ini perlu dilakukan agar pesepeda tak terserempet mobil dan motor yang lebih dominan di jalanan. “Maka dari itu, kami sarankan agar pesepeda wanita maupun pria untuk menggunakan warna baju yang mencolok,” tutur Tabby.

Harus Berkelompok

Anda disarankan untuk tidak bersepeda secara mandiri. Lebih baik jika Anda mengayuh sepeda secara kolektif dan tentu dikawal oleh pria supaya lebih aman di jalanan. “Rasa nyaman dan aman saat bersepeda ini sangat penting agar perempuan tidak kapok untuk bersepeda di jalanan protokol,” ucapnya.

[Baca Juga: Ini 4 Alasan untuk Beralih Memakai Sepeda Listrik]

Tabby menambahkan, pesepeda, khususnya perempuan, harus menyiapkan terlebih dahulu jalur yang melewati beberapa kawasan-kawasan yang dinilai bersahabat untuk sepeda. Supaya pesepeda nantinya tinggal tancap gas tanpa memikirkan rasa takut saat menggowes di jalanan.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM.jpg

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.