Kiat-kiat dan Tips Agar Aman Bersepeda Bagi Wanita.jpg

Berita Kawasan

Kiat-kiat dan Tips Agar Aman Bersepeda Bagi Perempuan

Sepeda merupakan alat transportasi bebas polusi yang dapat menyehatkan dan mengurangi penyakit di dalam tubuh. Selain banyak manfaatnya, kini tren bersepeda semakin meningkat. Beberapa penggowes sering terlihat mengisi ruang di jalanan protokol. Namun, keamanan seseorang saat bersepeda di jalanan, khususnya bagi perempuan masih sangat minim.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

Hal ini disoroti penuh oleh Ketua komunitas Women’s Cycling Community Nusantara Tabitha Sumendap. Ia menganggap lalu lintas di Indonesia sendiri, khususnya di berbagai jalanan protokol Jakarta masih belum aman untuk dilewati perempuan yang ingin bersepeda secara mandiri.

Agar bisa meminimalisir keresahan tersebut, Tabby, sapaan akrabnya, memberikan empat kiat-kiat dan tips aman bersepeda untuk perempuan.

Harus Mengenal Rute Bersepeda

Ketika Anda bersepeda, sebaiknya Anda sudah mengetahui area jalan yang akan dilewati. Selain bisa meminimalisir kejahatan di jalan, Anda juga perlu menyesuaikan jenis sepeda dengan medan di lapangan. “Anda harus tahu mau sesepedahan di mana. Karena ada berbagai jenis sepeda kayak road bike, mountain bike, hard trail yang akan menyesuaikan dengan rute,” ujar Tabby.

[Baca Juga: Lebih Sehat Bersama Komunitas Sepeda Gober Depok]

Menyiapkan Waktu yang Pas untuk Bersepeda

Memang, bersepeda itu baik dan menyehatkan untuk tubuh. Namun, Anda juga perlu tahu waktu yang tepat untuk bersepeda di jalanan kota. Menurut Tabby, alangkah lebih baik jika Anda menggowes sepeda tak lebih dari pukul enam malam. Selain buruk untuk kesehatan, bersepeda malam hari lebih berbahaya untuk wanita karena rawan mendapatkan tindakan jahat.

Harus Pintar Mengambil Jarak

Jika Anda ingin berkeliling kota dengan bersepeda, sebaiknya mulai dibiasakan untuk pintar mengambil jarak. Hal ini perlu dilakukan agar pesepeda tak terserempet mobil dan motor yang lebih dominan di jalanan. “Maka dari itu, kami sarankan agar pesepeda wanita maupun pria untuk menggunakan warna baju yang mencolok,” tutur Tabby.

Harus Berkelompok

Anda disarankan untuk tidak bersepeda secara mandiri. Lebih baik jika Anda mengayuh sepeda secara kolektif dan tentu dikawal oleh pria supaya lebih aman di jalanan. “Rasa nyaman dan aman saat bersepeda ini sangat penting agar perempuan tidak kapok untuk bersepeda di jalanan protokol,” ucapnya.

[Baca Juga: Ini 4 Alasan untuk Beralih Memakai Sepeda Listrik]

Tabby menambahkan, pesepeda, khususnya perempuan, harus menyiapkan terlebih dahulu jalur yang melewati beberapa kawasan-kawasan yang dinilai bersahabat untuk sepeda. Supaya pesepeda nantinya tinggal tancap gas tanpa memikirkan rasa takut saat menggowes di jalanan.


Read More

Artikel Lainnya

t5.jpg

Kuliner

5 Tempat Nongkrong yang Hits di Tangerang

29 July 2021, 18:08

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Tangerang yang hist dan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.

tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

29 July 2021, 17:35

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa”.

cov.jpg

Bisnis

Ngopi Sambil Bermain Billiard di Kriwul Coffee and Pool

29 July 2021, 17:05

Lantai satu digunakan sebagai bar sekaligus kedai kopi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai bar dan juga tempat untuk bermain billiard.

Slide2.PNG

Kuliner

Nongkrong Asik dan Murah di Pancong99 Depok

29 July 2021, 16:04

Pancong 99 merupakan warung makan yang menyediakan berbagai macam hidangan dengan menu utamanya adalah pancong.


Comments


Please Login to leave a comment.