Kiat Memilih Tabir Surya yang Aman untuk Ibu Hamil

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Tabir Surya yang Aman untuk Ibu Hamil

Saat mengandung, perempuan dilarang menggunakan sembarang produk skincare untuk wajah maupun tubuhnya. Produk yang dikenakan harus dipastikan aman untuk janin. Untuk menghindari salah pakai dan berakibat yang buruk untuk kondisi janin, kerap kali banyak ibu hamil yang memilih tidak menggunakan produk apapun pada wajahnya. Padahal memastikan kulit Anda dalam kondisi yang baik tak ada ruginya, justru membuat kulit Anda lebih sehat.

Kiat Memilih Tabir Surya yang Aman untuk Ibu Hamil

Yang Anda perlukan hanya mengubah produk yang biasa Anda gunakan dan mencari tau lebih lanjut mengenai produk apa saja yang tidak dan boleh digunakan saat mengandung. Salah satu produk yang tidak bisa Anda lewatkan adalah tabir surya. Produk yang satu ini bukan hanya melindungi kulit Anda dari panasnya matahari, namun juga dapat menunda kulit mengalami penuaan dini akibat matahari.

[Baca Juga: Gunakan 4 Produk Ini untuk Hindari Stretch Mark pada Ibu Hamil]

Sebelum menggunakannya, Anda harus jeli terhadap produk yang Anda beli. Pasalnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tabir surya saat mengandung, dilansir dari berbagai sumber (11/9/2019) inilah kiat yang bisa Anda lakukan sebelum membeli tabir surya.

  • Pilih Mineral/Pysical Sunscreen

Tabir surya yang ada di pasaran terdiri dari dua jenis ada yang Chemical Sunscreen atau Physical Suncreen. Jenis yang aman digunakan ibu hamil adalah Physical Sunscreen karena pada dasarnya, tabir surya jenis ini kinerjanya mirip dengan payung atau topi yang menangkal proteksi sinar matahari dan tidak menyerap ke kulit. Tabir surya jenis ini hanya duduk dan menempel di atas kulit sehingga tidak masuk ke lapisan dalam kulit ibu hamil.

  • Jeli Melihat Komposisi Produk

Tabir surya yang baik digunakan untuk ibu hamil adalah produk yang mengandung titanium dioksida, seng dioksida. Karena kedua bahan ini biasanya membuat lapisan baru di atas kulit kita berwarna putih yang kerap disebut white cast. Selain itu, Anda harus menghindari bahan-bahan yang berada pada chemical sunscreen seperti Aminobenzoic Acid (PABA), Beta Hidroxy Acid (BHA), Paraben, Hydroquinone, Dyhydroxyacetone (DHA), Avobenzone Cinoxate, Dioxybenzone Ecamsule, Homosalate Menthyl, Anthranilate Octocrylene, Octyl Methocinnamate, Octyl Salicylate, Oxybenzone, Padimate O, Phenylbenzimidazole, Sulisobenzone, dan Trolamine Salicylate.

[Baca Juga: 5 Pilihan Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil]

Jika Anda tak jeli dan secara tidak atau sengaja menggunakan chemical sunscreen waspada terhadap kesehatan janin, karena penggunaan produk yang tak tepat dapat mengakibatkan menyerapnya bahan tersebut ke aliran darah sehingga bisa mengakibatkan timbulnya masalah pada perkembangan janin, cacat lahir, berat badan lahir rendah, penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya.

Jika Anda masih belum yakin, ada baiknya konsultasikan dengan dokter kandungan dan dokter kulit Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.