Kiat Sederhana Tanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Pendidikan

Kiat Sederhana Tanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Arus globalisasi dan modernisasi yang kini kian tidak terbendung berpotensi menurunkan rasa nasionalisme dan nilai moral serta etika. Untuk itu, nilai-nilai nasionalisme atau cinta tanah air ini haruslah ditanamkan sejak dini.

Orangtua tidak bisa menyerahkan sepenuhnya soal menumbuhkan rasa nasionalisme kepada guru di sekolah. Namun sebaliknya, orangtua yang harus berperan besar dalam menanamkan rasa nasionalisme dalam diri anak.

[Baca Juga: Mendalami Sejarah Perjuangan Indonesia Pertahankan Pancasila]

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan orangtua dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri anak seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud (20/5/2019).

  • Buku Cerita Sejarah

Saat ini ada banyak dijual buku cerita sejarah untuk anak-anak. Cerita sejarah untuk anak biasanya dikemas dalam bentuk menarik dengan menambahkan gambar dalam setiap halaman buku. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian anak. damping anak ketika sedang membaca buku sejarah.

Agar anak tidak tidak bosan, orantgtua bisa membuat variasi, seperti mendongengkan cerita sejarah. Misalnya cerita tentang Pangeran Diponogoro, Cut Nyak Dien, dan sebagainya.

  • Mengunjungi Museum

Sebagian orang menganggap museum banya tempat menympan barang kuni sehingga minat untuk mengunjungi museum masih rendah. Padahal museum memberikan informasi, pengetahuan kepada kita tentang sejarah, budaya, dan adat istiadat Indonesia.

Sangat penting bagi orangtua mambawa anaknya mengunjungi museum. Anak dapat melihat sejarah Indenesia secara visual dari masa prasejarah, penjajahan, kemerdekaan, hingga saat ini.

  • Melihat Pameran Budaya

Pameran budaya biasanya diadakan pada hari libur sehingga orantua dapat membawa anak-anak untuk menikmati pameran budaya. Melalui pameran budaya, anak dapat melihat langsung beragam kebudayaan Indonesia.

[Baca Juga: Museum Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Perbankan di Indonesia]

Hal ini dapat memudahkan orangtua dalam menjelaskan ragam budaya, suku, agama, dan adat-istiadat yang ada di Indonesia. Orangtua juga dapat menjelaskan tentang Bhinneka Tunggal Ika kepada anak.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan para orangtua untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Ketika dewasa, mereka anak menjadi generasi yang mencintai bangsa dan tanah airnya.

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.