Kiat Sederhana Tanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Pendidikan

Kiat Sederhana Tanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Arus globalisasi dan modernisasi yang kini kian tidak terbendung berpotensi menurunkan rasa nasionalisme dan nilai moral serta etika. Untuk itu, nilai-nilai nasionalisme atau cinta tanah air ini haruslah ditanamkan sejak dini.

Orangtua tidak bisa menyerahkan sepenuhnya soal menumbuhkan rasa nasionalisme kepada guru di sekolah. Namun sebaliknya, orangtua yang harus berperan besar dalam menanamkan rasa nasionalisme dalam diri anak.

[Baca Juga: Mendalami Sejarah Perjuangan Indonesia Pertahankan Pancasila]

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan orangtua dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri anak seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud (20/5/2019).

  • Buku Cerita Sejarah

Saat ini ada banyak dijual buku cerita sejarah untuk anak-anak. Cerita sejarah untuk anak biasanya dikemas dalam bentuk menarik dengan menambahkan gambar dalam setiap halaman buku. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian anak. damping anak ketika sedang membaca buku sejarah.

Agar anak tidak tidak bosan, orantgtua bisa membuat variasi, seperti mendongengkan cerita sejarah. Misalnya cerita tentang Pangeran Diponogoro, Cut Nyak Dien, dan sebagainya.

  • Mengunjungi Museum

Sebagian orang menganggap museum banya tempat menympan barang kuni sehingga minat untuk mengunjungi museum masih rendah. Padahal museum memberikan informasi, pengetahuan kepada kita tentang sejarah, budaya, dan adat istiadat Indonesia.

Sangat penting bagi orangtua mambawa anaknya mengunjungi museum. Anak dapat melihat sejarah Indenesia secara visual dari masa prasejarah, penjajahan, kemerdekaan, hingga saat ini.

  • Melihat Pameran Budaya

Pameran budaya biasanya diadakan pada hari libur sehingga orantua dapat membawa anak-anak untuk menikmati pameran budaya. Melalui pameran budaya, anak dapat melihat langsung beragam kebudayaan Indonesia.

[Baca Juga: Museum Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Perbankan di Indonesia]

Hal ini dapat memudahkan orangtua dalam menjelaskan ragam budaya, suku, agama, dan adat-istiadat yang ada di Indonesia. Orangtua juga dapat menjelaskan tentang Bhinneka Tunggal Ika kepada anak.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan para orangtua untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Ketika dewasa, mereka anak menjadi generasi yang mencintai bangsa dan tanah airnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.