Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Selama DiRumahAja

Kesehatan

Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Selama #DiRumahAja

Tak dapat dipungkiri, datangnya bulan suci yang bertepatan dengan pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia membuat suasana Ramadan menjadi terasa berbeda. Pemberlakuan karantina wilayah atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan sejumlah aktivitas ibadah dan acara-acara di bulan Ramadan tak bisa dilakukan di luar rumah.

Di masa pandemi ini, tidak ada ibadah salat tarawih di masjid, berkunjung ke rumah sanak saudara dan buka bersama kerabat atau teman. Meski semua kegiatan harus dilakukan di rumah, umat Muslim tetap bisa melakukan kegiatan produktif di bulan Ramadan.

Dilansir dari islamic-relief.org.uk (14/5/2020), berikut tips agar tetap produktif di bulan Ramadan selama #DiRumahAja.

Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Membuat Jadwal

1) Membuat Jadwal

Membuat jadwal aktivitas harian selama di rumah dapat membantu kita untuk merencanakan, menetapkan tujuan dan sebagai catatan kegiatan yang sudah kita lakukan. Cara ini menjadi penting untuk dilakukan selama kita di rumah karena kita perlu melakukan kegiatan normal layaknya hari-hari biasa.

Cobalah membuat jadwal kegiatan yang realistis dilakukan di bulan Ramadan. Misalnya dengan konsisten beribadah dan melakukan kebaikan lebih baik daripada merencanakan kegiatan yang membuat Anda tertekan hingga mengganggu kesehatan. Bagilah waktu anda bekerja dan beribadah di rumah, seperti berapa lama waktu untuk membaca Qur’an. Dengan jadwal yang konsisten dapat membantu Anda terhindar dari stres selama di rumah.

[Baca Juga: Ramadan Kala Pandemi, Kegiatan Ngabuburit Bakal Dibubarkan Paksa]

Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Konsumsi Makanan Sehat

2) Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga termasuk kegiatan produktif yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadan. Sebab, Anda perlu menjamin kondisi stamina tubuh di bulan Ramadan. Agar tetap sehat selama menjalani ibadah bulan Ramadan, Anda sebaiknya tidak memakan berlebihan ketika berbukan puasa.

Selain itu, sahurlah dengan makanan yang bergizi. Buatlah rencana makanan yang akan Anda konsumsi. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi yang cukup sehingga ibadah puasa Anda berjalan lancar

Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Perawatan Diri

3) Perawatan Diri

Perawatan diri selama di rumah tidak hanya bermanfaat untuk fisik, tetapi juga berguna untuk kesehatan mental. Apalagi di masa pandemi seperti ini.

Selain menjaga kesehatan, Anda perlu tetap merasa termotivasi dan produktif selama di rumah saja. Tetaplah menjaga hubungan dengan kerabat dan teman-teman Anda melalui video call.

Anda bisa tetap berbuka bersama teman dengan menggunakan aplikasi seperti Zoom. Jangan lupa juga untuk membuat me time dan lakukan kegiatan yang Anda suka. Anda bisa relaksasi diri dengan berendam dan berjalan di taman.

[Baca Juga: Sekolah di Malang Tetap Lakukan Kegiatan Ramadan Secara Daring]

Kiat Tetap Produktif pada Bulan Ramadan Bersedekah

4) Bersedekah

Bersedekah di bulan Ramadan tentu menjadi kegiatan produktif yang tetap bisa kita lakukan selama di rumah. Di tengah masa pandemi COVID-19 seperti ini, tentu menjadi penting bagi kita untuk saling tolong-menolong antar sesama yang membutuhkan.

Anda bisa bersedekah atau membayar zakat secara online. Selain itu, Anda bisa juga bersedekah dengan berkontribusi sebagai relawan.

Semoga kegiatan-kegiatan ini dapat membuat Anda tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa di rumah saja. Selamat mencoba.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.