Kick Off Piala Presiden Esport 2020, Tingkatkan Level Kompetitif Se Asia Tenggara

Berita Kawasan

Kick Off Piala Presiden Esport 2020, Tingkatkan Level Kompetitif Se Asia Tenggara

Perkembangan olahraga virtual atau eSport kini sudah semakin meroket di Indonesia.Berbagai bakat muda yang ikut serta dalam ajang olahraga ini, kini sudah diwadahi berbagai lembaga hingga campur tangan pemerintahan yang mendukung.

Rangkaian turnamen kasta tertinggi di Indonesia yaitu Piala Presiden Esport 2020 resmi bergulir pada 13 Oktober 2019. Setelah sukses dengan turnamen pertamanya, penyelenggaraan Piala Presiden Esport 2020 yang dimulai pada awal tahun 2019 terbilang sukses. Tahapan acara turnamen ini diwakili dengan rangkaian seremoni kick off Piala Presiden 2020 yang digelar di Tennis Indoor Stadium, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Kick off Piala Presiden 2020 ini diramaikan fun match Free Fire dan Grand Final Free Fire Indonesia Master Season 2.

Kick Off Piala Presiden Esport 2020, Tingkatkan Level Kompetitif Se Asia Tenggara

Hadirnya Piala Presiden Esports 2020 tidak terlepas dari dukungan pemerintah terhadap eSport melalui kolaborasi antara Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selaku ketua penyelenggara Piala Presiden Esport, Giring Ganesha atau lebih dikenal sebagai Giring Nidji mengatakan ajang Piala Presiden Esport 2020 merupakan bentuk komitmen bersama pemerintahan dengan berbagai pihak untuk mengembangkan serta memajukan Esport di Indonesia. Oleh karena ini, Penyelenggaraan ajang Piala Presiden 2020 menggunakan tagar #EsportUntukNegri.

[Baca Juga: Grand Final FFSIM Bersamaan Mulainya Piala Presiden eSport 2020]

“Hari ini secara resmi kita memulai seluruh rangkaian Piala Presiden Esports 2020. Dengan harapan besar bahwa eSport dan atlet-atlet eSport di Indonesia akan terus berkembang dan membawa prestasi bagi bangsa. Kita menunjukan dan membuktikan bahwa dalam eSports, Indonesia bisa dan Indonesia juara!” ujar Giring pada acara press conference.

Kick Off Piala Presiden Esport 2020, Tingkatkan Level Kompetitif Se Asia Tenggara

Berbeda dengan gelaran perdananya, ada peningkatan level turnamen dalam Piala President Esport 2020 kali ini. Dari sebelumnya kejuaraan nasional diikuti atlet-atlet Esport Tanah Air, kali ini meningkat hingga level regional Asia Tenggara. Piala Presiden Esports 2020 juga akan diikuti para atlet eSport negara-negara tetangga yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

“Orientasi pemerintah terhadap pengembangan eSport Indonesia adalah harus masuk ke kancah global. Peningkatan level turnamen dimaksudkan agar Indonesia bersaing secara kompetitif dengan negara-negara lain di bidang eSport. “Sesuai visi SDM Unggul Indonesia Maju, maka penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 membawa semangat dan optimisme bahwa SDM muda Indonesia sanggup bersaing secara global dan mampu mengharumkan nama bangsa di bidang eSport,” ujar Kepala Staff Kepresidenan Jend. TNI (Purn) Moeldoko.

[Baca Juga: Wow, GGWP.ID Bentuk Tim eSport Call of Duty Mobile]

“Potensi atlet-atlet kita di eSport itu luar biasa. Demikian halnya dari sisi ekonomi kreatif, potensi industri eSport kita juga bisa bersaing global. Maka dari itu, cita-cita kita melalui Piala Presiden Esports ini adalah bagaimana membuat Indonesia menjadi mercusuar eSport, minimal di Asia Tenggara,” tambahnya di momen pembukaan Piala Presiden Esport 2020.

Kehadiran Piala Presiden Esports 2020 juga menambah sistem kompetisi berjenjang. Hal ini dinyatakan sejalan dengan komitmen Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mengembangkan eSport di berbagai kejuaraan multievent seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, dan Asian Games. Dengan segenap usaha yang dilakukan, momen ini merupakan satu langkah besar untuk meningkatkan kualitas atlet tanah air dengan serangkaian kompetisi menuju level Asia Tenggara.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.