Kilauan Untung Dari Bisnis Mutiara

Bisnis

Kilauan Untung Dari Bisnis Mutiara

Bagi seorang wanita, perhiasan merupakan hal penting untuk dimiliki. Dengan mengenakan satu macam perhiasan pun akan berpengaruh pada penampilan secara total. Tak perlu yang terlalu besar, cukup memiliki keunikan desain serta kemewahan dari materialnya. Salah satu material perhiasan yang memiliki nilai keindahan tersendiri adalah mutiara. Wanita pada umumnya akan merasa lebih percaya diri saat mengenakan perhiasan mutiara, mengingat harga jualnya yang cukup tinggi.

Mengacu atas dasar tersebut dan permintaan pasar yang tinggi, baik untuk mutiara alam maupun mutiara budidaya, para pebisnis menjadikan mutiara sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Dari mulai pemilik perternakan mutiara maupun seorang reseller, kilauan untung dari bisnis mutiara dapat dihasilkan. Asalkan memahami perbedaan akan mutiara asli atau palsu.

Kilauan Untung Dari Bisnis Mutiara

Seorang pebisnis mutiara, Musamma menjelaskan kepada PingPoint.co.id (19/9/2019), bahwa berbisnis mutiara lebih menggiurkan. “Risiko untuk mendapat kerugian serta tenaga perawatan tidak akan Anda jumpai. Namun, yang perlu diingat ketika Anda menjalankan sebagai seorang reseller salah satunya adalah kejelian,” ujar pria yang menggeluti bisnis mutiara sejak tahun 2008 ini.

Musamma memaparkan, dibutuhkan kejujuran saat berdagang untuk membangun kepercayaan. Karena aspek kepercayaan menjadi modal yang utama. Bukan hanya pedagang saja, pembeli juga harus mengerti perbedaan antara mutiara laut dan mutiara air tawar. “Harga jual keduanya jauh berbeda, di mana mutiara laut jauh lebih mahal dibanding mutiara air tawar. Jadi jangan sampai salah menjual mutiara laut dengan harga mutiara air tawar, atau tertipu dengan membeli mutiara air tawar seharga mutiara laut. Cara membedakannya mudah, dengan membakar mutiara. Ketika dibakar, mutiara laut tidak bisa terbakar, sedangkan mutiara air tawar akan rusak,” ungkapnya.

[Baca Juga: Mengenal Mutiara Alam dan Mutiara Budidaya]

Atas dasar akan pemahaman tersebut, tahap selanjutnya adalah pemasaran. “Kepercayaan sebagai modal utama bagi pemula, bila Anda tidak punya modal uang. Anda bisa menjadi marketing mutiara yang mendapat komisi dari transaksi. Bagi Anda reseller untuk menembus pasar lokal tidaklah susah, karena banyak pameran-pameran mutiara dimana semua pebisnis mutiara terkoneksi. Dari ini saja Anda sudah bisa menjual mutiara dengan untung yang menggiurkan, apalagi ketika berhasil menjual atau memasarkan mutiara ke luar negeri, maka keuntungan berlipat jelas menanti,” jelasnya.

Bahkan, jika Anda memiliki keterampilan lain, bisa mengkreasikan mutiara dalam bentuk perhiasan siap pakai. Bisnis mutiara yang Anda jalani akan jauh lebih menguntungkan. “Karena sudah jelas, ketika mutiara sudah dijual dalam bentuk perhiasan siap pakai harganya akan naik berkali-kali lipat. Biasanya, menjalankan bisnis mutiara sekaligus sebagai pengrajin perhiasan, harus menggandeng mitra kerja yang memang ahli dalam mendesain serta membuat perhiasan. Sehingga perhiasan mutiara memiliki desain eksklusif yang mampu menaikkan harga jualnya,” tutupnya.

[Baca Juga: Rasakan Manfaat Menggunakan Masker Mutiara]

Berbisnis mutiara tidak hanya bisa dilakukan lewat menjual atau membuat perhiasan mutiara. Anda bisa memperjualbelikan mutiara asli kepada para pengrajin atau toko perhiasan, sekalipun Anda tidak memiliki peternakan mutiara sendiri. Caranya tentu adalah dengan bermitra dengan peternak mutiara. Kebanyakan pelaku bisnis ini, suka bekerjasama dengan perusahaan peternak mutiara di beberapa daerah seperti Lampung, Lombok, Kendari, dan Dobo. Hasil panen mutiara tersebut, biasanya diekspor ke luar negeri oleh para pebisnis mutiara.

Mutiara Indonesia sangat dihargai di pasar internasional, termasuk pasar Eropa seperti Ukraina, Rumania dan Spanyol, serta Asia seperti Jepang. Lagi pula, belum banyak pelaku bisnis mutiara, jika dibandingkan dengan emas dan perak. Sehingga membuat peluang usaha ini masih terbuka lebar. Anda tertarik berbisnis mutiara?


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.