DUREN SAWIT_PENDIDIKAN_KINDERFIELD DUREN SAWIT DAN REKOMENDASI SEKOLAH BILINGUAL LAIN

Pendidikan

Kinderfield Duren Sawit dan Rekomendasi Sekolah Bilingual Lain

Bagi orangtua yang memiliki anak di generasi digital, bilingual (memakai dua bahasa) menjadi suatu keniscayaan. Tontonan, lagu, dan buku-buku anak yang didominasi Bahasa Inggris membuat anak, tanpa diajari, bisa berbahasa Inggris. Tidak heran kalau akhirnya orangtua berburu sekolah bilingual untuk anaknya. Selain Kinderfield Duren Sawit, ada tiga sekolah lagi yang bisa dipertimbangkan untuk memilih sekolah bilingual.

Bahasa asing, terutama bahasa Inggris, saat ini memang menjadi persyaratan di dunia kerja. Bahkan sering dibilang menjadi bahasa ibu kedua di Indonesia. Namun, apakah penting untuk menyekolahkan buah hati di sekolah bilingual sejak dini? Psikolog Dr Rosemini A.P., Mpsi, seperti dilansir tempo.co (31/7/2018) mengatakan, mahir menggunakan berbagai bahasa pada usia dini memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua.

Namun, yang perlu diingat oleh para orang tua adalah setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. "Kecerdasan bahasa memang membantu anak memahami informasi atau instruksi yang disampaikan," Rosemini menjelaskan. Namun, alasan tersebut tak lantas menjadi dalih kuat bagi para orang tua untuk berbondong-bondong memasukkan si kecil ke sekolah berstandar internasional, cuma demi alasan agar si anak bisa menguasai bahasa asing sejak dini.

Untuk memasukkan buah hati ke sekolah bilingual, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh para orang tua, seperti usia dan kemampuan anak. Pada dasarnya, anak akan lebih mudah menggunakan bilingual apabila si anak telah menguasai bahasa ibu.

Bahkan, menurut sebuah peneliti, otak berkembang mengikuti pola tertentu: pada usia 3-6 tahun perkembangan otak di bagian depan dan usia 6-13 tahun pada otak bagian belakang yang berkembang. "Usia 6-13 tahunlah yang paling efektif untuk belajar bahasa, terutama untuk second language," tambah Rosemini.

Selain usia dan kemampuan anak, persiapan orang tua dalam berbahasa asing menjadi syarat mutlak dalam membantu melancarkan perkembangan bahasa anak. "Kalau orang tua di rumah tidak pernah menggunakan bahasa asing, ya sama aja bohong. Anak pasti akan lupa juga," ujarnya.

[Baca Juga : Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Berikut lima manfaat kecerdasan bahasa bagi anak:

  1. Membantu anak memahami informasi atau instruksi yang disampaikan.
  2. Membantu anak berkomunikasi dengan lingkungan, baik lisan maupun tulisan.
  3. Menghindari terjadinya kesalahpahaman.
  4. Bisa menikmati karya bahasa (membaca buku cerita).
  5. Bisa mengikuti hiburan lisan (memahami dongeng, cerita, puisi, bahkan humor yang disampaikan orang lain).

Kinderfield Duren Sawit

Sekolah dasar ini menerapkan kurikulum internasional, kurikulum yang digunakan dari Kementerian Pendidikan hanya untuk Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam saja. Untuk mata pelajaran lain, kurikulum yang diterapkan dari Singapore dan Cambridge. Sejak kelas 1 SD, pengantar Bahasa Inggris penuh untuk seluruh kelas. Sehingga, tes masuknya juga ada tes kemampuan berbahasa Inggris dan calistung (baca tulis hitung). Sekolah ini beralamat di Jalan Rawa Domba No.88, RT.8/RW.16, Duren Sawit, RT.8/RW.16, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440.

Jakarta Islamic School

Sekolah ini menerapkan kurikulum gabungan dan modifikasi dari Kementerian Pendidikan, kurikulum Malaysia, Singapore, Sambridge, dan diperkaya muatan Islam. Terletak di Komplek Kodam, Jalan Manunggal I No.17, RT.1/RW.7, Cipinang Melayu, Makasar, Cipinang Melayu, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13620, sekolah ini memiliki pengajar native speaker untuk para peserta didik yang membutuhkan.

Bahasa pengantar yang digunakan bilingual Inggris dan Bahasa Indonesia. Ada pula Bahasa Arab. Pengantar Bahasa Inggris penuh dimulai di kelas 3. Sedangkan kelas 1 dan 2 masih menggunakan Bahasa Indonesia dan Inggris untuk beradaptasi. Sekolah ini terdiri dari dua kategori yaitu kelas reguler dan kelas tahfiz. Jam sekolah hingga 14.30 untuk regular dengan tambahan satu jam kelas tahfiz satu jam lebih lama.

Embun Pagi Islamic School

Sekolah ini berlokasi persis di depan jembatan layang Kalimalang ini menyediakan pengajar native speaker yang masuk seminggu sekali. Gedung beralamat di Jl. Raya Kapin No.8, Pondok Kelapa, Duren Sawit, RT.9/RW.8, Pd. Kelapa Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450 ini cukup terawat dan dilengkapi fasilitas kolam renang.

Sama seperti Jakarta Islamic School, untuk kelas 3 sudah menggunakan bahasa pengantar penuh Bahasa Inggris. Ada English corner dan Bahasa Indonesia corner bagi siswa yang ingin menggunakan Bahasa Indonesia untuk bertanya ke guru atau mengobrol dengan temannya di titik-titik tersebut. Tujuannya, agar anak anak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. Kurikulum yang digunakan adalah nasional plus yaitu Kurikulum Kementerian Pendidikan ditambah dengan math, science, english yang menggunakan kurikulum Cambridge bersertifikat. Selain itu ada juga materi pendalaman Alquran.

[Baca Juga : Universal School, Sekolah Pencetak Peraih Cambridge Learner Award]

SDIT Ibnu Sina

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) ini beralamat di Jl. Madrasah II No.10, RT.10/RW.10, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440. Sekolah ini menerapkan Bahasa Bilingual dengan basis pengajaran agama Islam yang kuat. SDIT ini dikelola Yayasan Ibnu Sina yang sudah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan sejak 2001.

Berdasarkan informasi dari situs resmi yayasan, hingga saat ini SDIT Ibnu Sina Jakarta sudah melulusakan siswa lebih dari 550 alumni yang tersebar di sekolah unggulan dan pesantren pilihan. SDIT ini memiliki program unggulan tahfidz dan tahsin untuk hafalan 6 juz selama 6 tahun, pembentukan karakter islami dan bilingual program.

Pilihan sekolah bilingual yang semakin banyak, membuat orangtua lebih mudah dalam menentukan sekolah untuk anak-anaknya. Bagi warga Jakarta Timur, bisa memilih Kinderfield Duren Sawit, Jakarta Islamic School, Embun Pagi Islamic School, dan SDIT Ibnu Sina. Bila memilih sekolah bilingual, jangan lupa untuk mengajak anak berbicara dalam Bahasa Inggis juga di rumah agar kemampuan mereka makin terasah.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  7 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  6 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  7 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  6 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.