Kini Giliran Kemdikbud Larang Pegawainya Gunakan Plastik Sekali Pakai

Pendidikan

Kini Giliran Kemdikbud Larang Pegawainya Gunakan Plastik Sekali Pakai

Dalam mengurangi penggunaan plastik sekali sekali pakai, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makariem mengimbau kepada pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk membawa peralatan makan pribadi.

Bahkan imbauan tersebut telah tertuang dalam surat edaran Nomor 12 Tahun 2019 tanggal 26 November 2019 tentang Larang Penggunaan Kemasan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai dan/atau Kantong Plastik di Lingkungan Kemendikbud.

[Baca Juga: Yuk Dicoba! Tips Diet Kantong Plastik ala Tiza Mafira]

Nadiem berharap tidak ada lagi gelas maupun piring plastik di setiap kegiatan seperti rapat, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan sejenis yang dilaksanakan di kantor Kemdikbud. Untuk mengubah kebiasaan itu, Ia pun meminta para petugas pemerintahannya untuk menyediakan dispenser dan atau teko air minum, dan gelas minum di setiap ruang kerja, ruang pertemuan, ruang rapat dan aula.

"Saya harapkan pegawai membiasakan diri dengan penggunaan botol minum atau tumbler sebagai alat minum, dan membawa alat makan pribadi. Aktivitas jual beli di area kantin Kemendikbud juga harus bisa meningkatkan penggunaan kantong yang dapat digunakan kembali (reusable bag)," ucap Nadiem.

5 Perubahan Saran dari Nadiem Makarim di Hari Guru 25 November 2019

Selain itu, Nadiem juga ingin agar penggunaan spanduk, backdrop, baliho, dan media iklan lainnya yang berbahan plastik bisa dikurangi di lingkungan Kemdikbud.

Seperti yang kita tahu saat ini, Pemerintah Provinsi DKIJakarta sedang gencar-gencarnya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Bahkan Pemprov DKI telah melarang penggunaan kantung plastik di wilayah Ibu Kota. Pelarangan itu pun telah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 142/2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

[Baca Juga: Perjuangan Tiza Mafira dalam Menggalakan Diet Kantong Plastik]

Banyaknya sampah plastik menjadi alasan diterbitkannya Pergub tersebut. Apalagi, plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai. Meski masih dalam tahap sosialisasi, rencananya Pergub tentang pelarangan penggunaan kantung plastik mulai diberlakukan pada 1 Juli 2020.

Read More

Artikel Lainnya

Tingginya Risiko Bunuh Diri pada Pria yang Percaya Laki-laki Tak Menangis

Kesehatan

Risiko Bunuh Diri Tinggi Bila Percaya "Pria Sejati Tidak Menangis"

16 February 2020, 17:00

Sebuah studi baru menunjukkan, laki-laki yang percaya bahwa "pria sejati tidak menangis" kemungkinan lebih rentan terhadap bunuh diri.

Sebelum Mencoba Tren Sweater Besar, Kenali 5 Jenisnya Dulu

Kecantikan dan Fashion

Sebelum Mencoba Tren Sweater Besar, Kenali 6 Jenisnya Dulu!

16 February 2020, 16:00

Hingga 2020 pun sweater besar jadi pilihan busana nyaman dan serbaguna. Pilihan busana ini bisa menjadi fashion statement Anda.

Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Tanpa Susu di Starbucks

Kuliner

Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Susu Nabati Baru di Starbucks?

16 February 2020, 15:00

Starbucks memiliki tiga minuman kopi susu nabati baru yaitu kopi dengan almond, kelapa, dan susu oat. Apakah ketiga minuman itu sehat?

Semua Orang Harus Punya Ini Sandal Rumah Merangkap Sapu dan Pel

Properti dan Solusi

Semua Orang Harus Punya Ini: Sandal Rumah Merangkap Sapu (dan Pel)

16 February 2020, 14:00

Hanya seorang jenius yang berhasil menemukan fuzzy sandal yang bisa juga digunakan untuk membersihkan lantai ketika digunakan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.