Kini, Karang Tengah Kota Tangerang Punya Rumah Budaya

Berita Kawasan

Kini, Karang Tengah Kota Tangerang Punya Rumah Budaya

Rumah Budaya yang berada di Jalan Raden Saleh, Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang telah resmi dibuka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang. Pembukaan tersebut diresmikan langsung Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rina Hernaningsih. Ia mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran rumah budaya yang dibangun warga Karang Tengah. Rumah Budaya hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka melestarikan kebudayaan Kota Tangerang.

Kini, Karang Tengah Kota Tangerang Punya Rumah Budaya

Melansir laman tangerangkota.go.id (08/08/2019), Rina mengaku senang dengan hadirnya rumah budaya di Kecamatan Karang Tengah. Rumah budaya yang telah diresmikan tersebut terdapat segala yang terkait budaya Betawi dan ada pabrik pengolahan kopi. Para pengunjung dapat mempelajari kesenian Betawi berupa beksi dan belajar membuat kopi khas Kota Tangerang secara langsung. "Pembinaan nanti ada dari kami. Bahkan kalau ada kegiatan festival budaya nanti akan kami ajak," ujarnya.

[Baca Juga: Tandon Ciater, Wisata Murah di Tangerang Selatan]

Rina mengapresiasi masyarakat yang peduli akan kelestarian budaya di Kota Tangerang. Ke depannya, Rina pun berharap setiap kecamatan memiliki rumah budaya yang dapat menampung berbagai kearifan lokal kota multietnis ini. "Disini saya melihat ada ketertarikan masyarakat melestarikan budaya. Ini sangat positif dan dapat menjadi destinasi wisata di Kota Tangerang," tambahnya.

Sementara itu, Camat Karang Tengah Matrobin lebih dulu meresmikan Kedai Kopi Harum Manis yang berada di Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Ia mengatakan rumah budaya akan dijadikan sebagai destinasi wisata warga dan berharap hal itu dapat dicontoh wilayah lain di Kecamatan Karang Tengah.

[Baca Juga: Dinkes Tangerang Selatan Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia]

Pihaknya berencana memasang papan nama dan papan petunjuk arah, mengingat lokasinya yang sulit untuk diakses. "Kita upayakan semaksimal mungkin agar lokasi ini dapat menjadi destinasi wisata. Bahkan tiap event kami akan tampilkan produk kopi andalan kami agar cepat dikenal," pungkasnya. Ia menambahkan, bahwa pihaknya siap mendukung program Komunitas Sedni Budaya Betawi (KSBB) agar rumah budaya yang baru dibuka bisa terkenal di Kota Tangerang atau pun luar Kota.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.