Kini, Pelayanan Tuberculosis RO Tersedia di Klinik Matahari

Kesehatan

Kini Pelayanan Tuberculosis RO Tersedia di Klinik Matahari

Kabar gembira bagi warga Pasar Rebo akan mendapatkan fasilitas terbaru yang disediakan di Klinik Matahari. Pasalnya, baru-baru ini pada 17 Oktober 2019 telah diresmikan Layanan Tuberculosis (TB) Resisten Obat (RO), di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kegiatan tersebut diresmikan langsung pengguntingan pita oleh Wali Kota Anwar yang didampingi Direktur RSUD Pasar Rebo Isnidyarti dan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Wiendra Waworuntu.

Kini, Pelayanan Tuberculosis RO Tersedia di Klinik Matahari

Melansir laman timur.jakarta.go.id (18/10/2019). Anwar mengatakan, keberadaan Klinik Matahari menjadi aset Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, serta komitmen Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam melaksanakan amanat Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor.28 Tahun 2018 untuk penanggulangan TB. "Dengan adanya Klinik Matahari sebagai layanan TB Resisten Obat RSUD Pasar Rebo diharapkan dapat memudahkan dan mendekatkan pasien TB Resisten Obat untuk berobat selain di RSUP Persahabatan dan RSUD Matraman di wilayah Jakarta Timur," ujarnya.

[Baca Juga: RSUD Matraman Luncurkan Layanan Khusus Penderita Tuberkulosis]

Anwar juga berharap, peran serta para Lurah dan para Camat dalam mensosialisasikan warga masyarakat untuk terus melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selain itu juga kader jumantik bukan hanya mensosialisasikan penyakit DBD tetapi juga mengingatkan bahaya penyakit TB menjadi perhatian lebih, agar Jakarta Timur terbebas dari penyakit TBC.

Seperti diketahui pengobatan Tuberculosis adalah pemakaian obat dalam jangka panjang, sehingga pasien kadang alpa memakai obatnya secara rutinitas, sehingga resistensi pada yang bersangkutan akan muncul. Bisa juga pasien tertentu mempunyai resistensi dengan jenis obat tertentu. Sehingga penanganannya lebih khusus.

[Baca Juga: Labkesda Tunjuk RSUD Tarakan Jakarta Pusat Sebagai LRI Tuberkulosis]

Dalam hal ini Direktur RSUD Pasar Rebo Isnidyarti mengatakan,"Ini memang program strategi daerah untuk mengeliminasi TB. Jadi targetnya tahun 2030 itu Jakarta sudah bebas dari TB. Sedangkan TB terus berkembang dan yang kita khawatirkan TB RO seperti ini. Jadi kita harus memberikan pelayanan baik sarana maupun prasarana".

Isnidyarti menambahkan, "Hingga 17 Oktober 2019 DKI Jakarta memiliki 11 rumah sakit yang mampu melakukan pelayanan TB RO salah satunya RSUD Pasar Rebo, untuk Jakarta Timur sendiri ada tiga, yakni RSUP Persahabatan, RSUD Matraman dan RSUD Pasar Rebo. Dengan diresmikannya Klinik Matahari ini dapat mengurangi penyakit penderita TB di Jakarta, khususnya Jakarta Timur," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.