Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik

Berita Kawasan

Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Rusun Tanah Tinggi (RPTRA Rustanti), RT 05/14, Johar Baru, Jakarta Pusat kini telah memiliki lahan pertanian dengan sistem hidroponik. Terdapat tiga set rak dengan masing-masing memiliki 140 lubang.

Pengelola RPTRA Rustanti Okraben Oematan mengatakan, awalnya pihak Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat memberikan pelatihan kepada masyarakat dan satu set media tanam tahun lalu. "Lalu secara swadaya kita buat dua rak lagi. Kami tanami sayuran jenis pakcoi," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (9/4/2019).

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik

Menurut Okraben, sejak tahun 2018 pengelola RPTRA dan warga setempat sudah memanfaatkan lahan RPTRA dengan menanam kangkung organik dan labu parang di dalam tanam RPTRA Rustanti. "Kami juga menanam beragam jenis tanaman toga seperti daun binahong dipagar RPTRA sepanjang 50 meter, daun jarak, lidah buaya hingga belimbing sayur atau wuluh," terangnya.

[Baca Juga: Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta]

Sementara, salah seorang warga rusun tanah tinggi Blok 3, Jaya mengatakan, untuk tanaman jenis sayuran memang belum terlalu bermanfaat bagi warga rusun. Sedangkan untuk jenis tanaman obat keluarga (Toga) diakuinya sudah banyak memberikan manfaat bagi warrga setempat untuk keperluan obat tradisional.

"Harapannya RPTRA Rustanti yang menjadi pusat aktifitas warga rusun ini bisa terus hijau dan asri berkat pertanian modern dan untuk penghijauan lainnya kami berharap bisa terus ditambahkan dan didukung," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.