Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik

Berita Kawasan

Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Rusun Tanah Tinggi (RPTRA Rustanti), RT 05/14, Johar Baru, Jakarta Pusat kini telah memiliki lahan pertanian dengan sistem hidroponik. Terdapat tiga set rak dengan masing-masing memiliki 140 lubang.

Pengelola RPTRA Rustanti Okraben Oematan mengatakan, awalnya pihak Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat memberikan pelatihan kepada masyarakat dan satu set media tanam tahun lalu. "Lalu secara swadaya kita buat dua rak lagi. Kami tanami sayuran jenis pakcoi," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (9/4/2019).

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik

Menurut Okraben, sejak tahun 2018 pengelola RPTRA dan warga setempat sudah memanfaatkan lahan RPTRA dengan menanam kangkung organik dan labu parang di dalam tanam RPTRA Rustanti. "Kami juga menanam beragam jenis tanaman toga seperti daun binahong dipagar RPTRA sepanjang 50 meter, daun jarak, lidah buaya hingga belimbing sayur atau wuluh," terangnya.

[Baca Juga: Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta]

Sementara, salah seorang warga rusun tanah tinggi Blok 3, Jaya mengatakan, untuk tanaman jenis sayuran memang belum terlalu bermanfaat bagi warga rusun. Sedangkan untuk jenis tanaman obat keluarga (Toga) diakuinya sudah banyak memberikan manfaat bagi warrga setempat untuk keperluan obat tradisional.

"Harapannya RPTRA Rustanti yang menjadi pusat aktifitas warga rusun ini bisa terus hijau dan asri berkat pertanian modern dan untuk penghijauan lainnya kami berharap bisa terus ditambahkan dan didukung," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

Kuliner

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

25 January 2021, 18:35

Para tamu dapat menikmati masakan Tionghoa autentik dan hidangan khas Indonesia sekaligus sebagai pengalaman kuliner yang unik di restoran NSNTR.

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

Kesehatan

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

25 January 2021, 17:39

Mohammad Idris mengatakan, pencanangan kampanye plasma konvalesen ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

Bisnis

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

25 January 2021, 16:38

Sebanyak 380 ekor burung berkicau asal Ende, Nusa Tenggara Timur, gagal diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya .jpg

Hobi dan Hiburan

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya

25 January 2021, 15:41

Penyanyi solo Aldiv secara resmi merilis single perdananya yang berisi curahan hati mengenai cinta yang bertepuk sebelah tangan.


Comments


Please Login to leave a comment.