Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

Berita Kawasan

Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

Ada yang berbeda dalam sensus penduduk pada tahun 2020 sekarang. Bila biasanya setiap 10 tahun sekali petugas sensus bertandang langsung ke rumah setiap warga, kini sensus dapat dilakukan secara daring atau online.

Adanya sensus penduduk secara online ini dirasa sangat membantu petugas dalam melakukan pendataan, khususnya kepada para penghuni apartemen. Untuk diketahui, selama ini pendataan sensus di apartemen menjadi tantangan sendiri bagi petugas karena adanya alasan keamanan dan privasi. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Buyung Airlangga.

Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

“Kami menyadari bahwa mereka yang tinggal di apartemen memiliki privasi berbeda dengan rumah tapak, sehingga kami memiliki kesulitan dalam melakukan sensus penduduk,” katanya, dilansir dari pusat.jakarta.go.id,(28/2/2020).

Dia mengatakan, pendataan sensus penduduk ini menjadi penting untuk dapat membantu pemerintah dalam melakukan pembangunan bangsa. Sekaligus juga amanat dari undang-undang dan imbauan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

[Baca Juga: Carik Jakarta, Aplikasi Pendataan Keluarga Milik Pemprov DKI Jakarta]

“Pada prinsipnya seluruh penduduk harus terdata dengan baik agar bisa kita dapatkan berapa jumlah penduduk itu. Dan secara nasional ini adalah proyek prioritas yang harus diselesaikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta Suryana mengatakan bahwa pihaknya ingin bekerja sama dengan pengelola apartemen untuk melakukan sensus penduduk. Diakuinya, selama ini pendataan penghuni apartemen sulit dilakukan. Pada tahun 2010 saja, hanya sepertiga dari penghuni apartemen yang bisa didata.

[Baca Juga: Dinsos Depok Lakukan Pendataan Warga Prasejahtera]

Oleh karenanya, adanya inovasi sensus secara online ini memudahkan para penghuni untuk mendata diri mereka tanpa merasa terganggu privasinya. Dia mengatakan pihaknya siap membantu para penghuni yang mengalami kesulitan dalam melakukan sensus penduduk secara online.

"Mudah mudahan bapak ibu sebagai pengelola bisa menyampaikan kepada para penghuni apartemen bahwa ini adalah program nasional, semua orang harus tercatat, pengisiannya mudah tidak sampai lima menit dan dapat dilakukan kapanpun dan di mana pun,” jelas Suryana.

Sebelumnya, BPS Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) dengan 28 pengelola apartemen Jakarta Pusat di Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat (27/2/2020). Acara tersebut digelar dalam rangka meningkatkan respon rate Sensus Penduduk 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.