Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

Berita Kawasan

Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

Ada yang berbeda dalam sensus penduduk pada tahun 2020 sekarang. Bila biasanya setiap 10 tahun sekali petugas sensus bertandang langsung ke rumah setiap warga, kini sensus dapat dilakukan secara daring atau online.

Adanya sensus penduduk secara online ini dirasa sangat membantu petugas dalam melakukan pendataan, khususnya kepada para penghuni apartemen. Untuk diketahui, selama ini pendataan sensus di apartemen menjadi tantangan sendiri bagi petugas karena adanya alasan keamanan dan privasi. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Buyung Airlangga.

Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

“Kami menyadari bahwa mereka yang tinggal di apartemen memiliki privasi berbeda dengan rumah tapak, sehingga kami memiliki kesulitan dalam melakukan sensus penduduk,” katanya, dilansir dari pusat.jakarta.go.id,(28/2/2020).

Dia mengatakan, pendataan sensus penduduk ini menjadi penting untuk dapat membantu pemerintah dalam melakukan pembangunan bangsa. Sekaligus juga amanat dari undang-undang dan imbauan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

[Baca Juga: Carik Jakarta, Aplikasi Pendataan Keluarga Milik Pemprov DKI Jakarta]

“Pada prinsipnya seluruh penduduk harus terdata dengan baik agar bisa kita dapatkan berapa jumlah penduduk itu. Dan secara nasional ini adalah proyek prioritas yang harus diselesaikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta Suryana mengatakan bahwa pihaknya ingin bekerja sama dengan pengelola apartemen untuk melakukan sensus penduduk. Diakuinya, selama ini pendataan penghuni apartemen sulit dilakukan. Pada tahun 2010 saja, hanya sepertiga dari penghuni apartemen yang bisa didata.

[Baca Juga: Dinsos Depok Lakukan Pendataan Warga Prasejahtera]

Oleh karenanya, adanya inovasi sensus secara online ini memudahkan para penghuni untuk mendata diri mereka tanpa merasa terganggu privasinya. Dia mengatakan pihaknya siap membantu para penghuni yang mengalami kesulitan dalam melakukan sensus penduduk secara online.

"Mudah mudahan bapak ibu sebagai pengelola bisa menyampaikan kepada para penghuni apartemen bahwa ini adalah program nasional, semua orang harus tercatat, pengisiannya mudah tidak sampai lima menit dan dapat dilakukan kapanpun dan di mana pun,” jelas Suryana.

Sebelumnya, BPS Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) dengan 28 pengelola apartemen Jakarta Pusat di Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat (27/2/2020). Acara tersebut digelar dalam rangka meningkatkan respon rate Sensus Penduduk 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.