Kini, Tenaga Medis COVID-19 di Kota Bandung Punya Rumah Singgah

Berita Kawasan

Kini, Tenaga Medis COVID-19 di Kota Bandung Punya Rumah Singgah

Penolakan warga terhadap tenaga medis yang menangani COVID-19 masih terjadi di beberapa daerah. Tak terkecuali di Kota Bandung. Bahkan baru-baru ini, sejumlah perawat yang bertugas di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung harus tinggal sementara di UPTD Pelatihan Kesehatan (Upelkes) Dinkes Jabar akibat adanya penolakan dari warga sekitar.

Melihat hal tersebut, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TKIPA) Bandung menyediakan rumah singgah sementara bagi tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di Kota Bandung.

[Baca Juga: Percepat Penanganan COVID-19, Kota Bandung Segera Resmikan Lab BSL-2]

Berlokasi di Gedung P4TKIPA di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, rumah singgah ini mampu menampung ratusan tenaga medis. Sekiranya ada sebanyak 88 kamar yang tersedia dengan jumlah tampung kurang lebih 176 petugas medis. Tiap kamar nantinya hanya akan diisi oleh dua orang tenaga medis. Tidak hanya itu, tim medis di rumah singgah P4TKIPA juga mendapat makanan dan antar jemput bus.

"Alhamdulillah sampai juga kita pada penggunaan rumah singgah untuk para tenaga kesehatan yang berada di P4TKIPA. Untuk para tenaga medis mereka di sini istirahat dari tempat kerja," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat hadir dalam peluncuran rumah singgah sementara bagi tanaga medis.

Kini, Tenaga Medis COVID-19 di Kota Bandung Punya Rumah Singgah

Oded mengatakan, selain untuk menampung tenaga medis yang ditolak masyarakat pulang ke kediamannya, rumah singgah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengisolasi diri agar tidak menularkan COVID-19 kepada anggota keluarganya yang lain.

Ia pun berharap para tenaga medis dapat memanfaatkan rumah singgah sementara P4TKIPA untuk beristirahat. Sehingga pada saat kembali bertugas bisa menangani pasien dengan maksimal. Oded juga meminta kepada tim medis untuk tetap memperhatikan keselamatan diri dengan menaati prosedur kesehatan.

"Karena para tenaga medis ini berada di garda terdepan berhadapan langsung dengan pasien yang terpapar, ini harus menjaga diri dengan baik. Harap menggunakan protokol kesehatan," terangnya.

[Baca Juga: Polisi Ungkap Peredaran Daging Babi Bertuliskan Daging Sapi di Bandung]

Sementara itu, Ketua P4TKIPA, Enang Achmadi mengatakan bahwa pihaknya mengalokasikan dana untuk percepatan penanganan COVID-19 sebesar Rp 1,7 miliar. Selain menyediakan rumah singgah sementara bagi petugas medis, P4TKIPA kata Enang juga telah membagikan 11.000 hand sanitizer dan disinfektan ke berbagai tempat strategis dan pemukiman warga khususnya Kecamatan Bandung Wetan.

“Kami juga buat masker sendiri. Untuk sekarang jika ada fasilitas di sini yang kurang silahkan menghubungi kami dan akan kita maksimalkan,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.