Kini Warga Depok yang Punya Mobil Wajib Miliki Garasi

Berita Kawasan

Kini Warga Depok yang Punya Mobil Wajib Miliki Garasi

Karena Pemeritah Kota (Pemkot) Depok kerap kali menerima keluhan warga mengenai fasilitas umum yang digunakan sebagai garasi mobil, pada minggu kedua tahun 2020 ini Rancangan Peraturan Daerah mengenai Penyelenggaraan Bidang Perhubungan disahkan. Salah satu isinya yaitu mengatur kewajiban kepemilikan garasi bagi pemilik kendaraan roda empat.

Kabar ini dikonfirmasi Wakil ketua DPRD Depok Yeti Wulandari seperti dikutip dari republika.co.ud (10/1/2019) yang mengatakan, pihaknya sudah mengesahkan empat Raperda dan Rancangan Peraturan DPRD Depok. Setelah disahkan, peraturan yang sudah dirancang akan masuk ke tahap pembahasan oleh panitia khusus yang telah dibentuk.

Kini Warga Depok yang Punya Mobil Wajib Miliki Garasi

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana juga turut mengonfirmasi mengenai Raperda yang baru disahkan. Menurut Dadang, Raperda yang disahkan tersebut merupakan bentuk revisi dari Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. “Raperda ini dibentuk bertujuan untuk menjaga keteraturan dan menjaga ruang publik agar sesuai peruntukannya,” jelas Dadang seperti dikutip dari detik.com.

[Baca Juga: Spanduk Parkir Gratis Dipasang di Kantor Wali Kota Jakarta Utara]

Yeti juga menyebutkan, sebelum Raperda ini berlaku, Dinas Perhubungan berkewajiban untuk menyediakan fasilitas transportasi yang layak kepada masyarakat Kota Depok. Menurut Yeti, mobilitas warga Depok cukup tinggi, sehingga banyak yang memiliki kendaraan pribadi. Maka dari itu, perlu ada evaluasi apakah pemerintah daerah sudah memberikan fasilitas transportasi umum yang layak dan aman untuk masyarakat.

Sedangkan menurut Dadang, Raperda baru ini masih harus disusun dan disosialisasikan. Targetnya, Raperda ini bisa diimplementasikan dalam dua tahun. Pihaknya juga akan menunggu hasil evaluasi dari provinsi. Menurutnya, waktu implementasi cukup panjang karena banyak warga yang belum memiliki garasi mobil, sanksi yang akan diberikan untuk yang melanggar pun belum dipastikan.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Sediakan Jalur dan Area Parkir Sepeda]

Menanggapi disahkannya Raperda Kota Depok ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menanggapi dengan baik, menurutnya dengan adanya peraturan ini, seseorang tak akan dengan mudahnya memiliki mobil pribadi mengingat pertumbuhan kendaraan pribadi meningkat dan menyebabkan volume kendaraan meningkat sehingga terjadi kemacetan. “Tidak masalah seseorang tak memiliki mobil pribadi, karena masih bisa naik transportasi umum, sewa kendaraan atau ride sharing seperti yang sedang tren belakangan ini,” ujar Budi.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.