Gencar Promosi Wisata, Kemenpar Berkolaborasi dengan Restoran Indonesia

Berita Kawasan

Kolaborasi Kemenpar & Restoran untuk Promosikan Kuliner Nusantara

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan jika kuliner Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga. Ketertinggalan tersebut terjadi karena adanya beberapa sebab, salah satunya adalah Indonesia tidak memiliki national food. Terlalu banyak makanan tradisional yang potensial. Selain itu, jumlah restoran Indonesia di luar negeri pun tak sebanyak restoran Tiongkok. Upaya untuk mendanai masyarakat yang ingin membuka restoran Indonesia pun tak berjalan karena Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat.

Gencar Promosi Wisata, Kemenpar Berkolaborasi dengan Restoran Indonesia

Tak habis akal, Kemenpar akhirnya menjalin kolaborasi dengan restoran Indonesia di luar negeri untuk mendukung mempromosikan kuliner Indonesia di mata internasional. Dari 500 restoran yang ada, terjaring 250 restoran yang telah dikurasi tim percepatan untuk dilakukan co-branding menjadi bagian dari restoran Wonderful Indonesia.

[Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar]

“Jika kita mengikuti pameran tourism, dari pada kita mendatangkan Chef dari Indonesia biaya-nya besar, lebih baik kita libatkan mereka. Langkah ini menguntungkan kedua belah pihak. Langkah tersebut juga bentuk penghargaan kita (Kemenpar) terhadap mereka yang sudah berjuang untuk membantu mempromosikan budaya Indonesia lewat makanan, kitanya (Kemenpar) juga menghemat biaya,” ujar Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar Vita Datau saat ditemui Pingpoint di acara konferensi Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019, Menteng, Jakarta Pusat (17/9/2019).

Menurut Vita, tahun 2019 ini Kemenpar sedang fokus untuk melakukan banyak aktivitas untuk mempromosikan restoran yang ada di luar negeri. “Januari 2020 nanti, akan ada ada pameran pariwisata terbesar di Utrecht, Belanda,. Di sana kita libatkan restoran Indonesia yang ada di wilayah sana untuk membantu mengenalkan kuliner Indonesia,” kata Vita.

[Baca Juga: Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Ke-4 Akan Digelar]

Kemenpar juga akhirnya menetapkan lima makanan lokal menjadi national food, penetapan makanan ini memiliki tujuan agar promosi kuliner Indonesia terfokus dan jadi daya tarik wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kemenpar juga mengimbau kepada seluruh restoran Indonesia yang ada di luar negeri untuk menjual kelima national food yang sudah dipilih. National food yang dipilih Kemenpar diantara lain adalah soto, sate, rendang, nasi goreng, dan gado-gado.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.