Gencar Promosi Wisata, Kemenpar Berkolaborasi dengan Restoran Indonesia

Berita Kawasan

Kolaborasi Kemenpar & Restoran untuk Promosikan Kuliner Nusantara

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan jika kuliner Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga. Ketertinggalan tersebut terjadi karena adanya beberapa sebab, salah satunya adalah Indonesia tidak memiliki national food. Terlalu banyak makanan tradisional yang potensial. Selain itu, jumlah restoran Indonesia di luar negeri pun tak sebanyak restoran Tiongkok. Upaya untuk mendanai masyarakat yang ingin membuka restoran Indonesia pun tak berjalan karena Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat.

Gencar Promosi Wisata, Kemenpar Berkolaborasi dengan Restoran Indonesia

Tak habis akal, Kemenpar akhirnya menjalin kolaborasi dengan restoran Indonesia di luar negeri untuk mendukung mempromosikan kuliner Indonesia di mata internasional. Dari 500 restoran yang ada, terjaring 250 restoran yang telah dikurasi tim percepatan untuk dilakukan co-branding menjadi bagian dari restoran Wonderful Indonesia.

[Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar]

“Jika kita mengikuti pameran tourism, dari pada kita mendatangkan Chef dari Indonesia biaya-nya besar, lebih baik kita libatkan mereka. Langkah ini menguntungkan kedua belah pihak. Langkah tersebut juga bentuk penghargaan kita (Kemenpar) terhadap mereka yang sudah berjuang untuk membantu mempromosikan budaya Indonesia lewat makanan, kitanya (Kemenpar) juga menghemat biaya,” ujar Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar Vita Datau saat ditemui Pingpoint di acara konferensi Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019, Menteng, Jakarta Pusat (17/9/2019).

Menurut Vita, tahun 2019 ini Kemenpar sedang fokus untuk melakukan banyak aktivitas untuk mempromosikan restoran yang ada di luar negeri. “Januari 2020 nanti, akan ada ada pameran pariwisata terbesar di Utrecht, Belanda,. Di sana kita libatkan restoran Indonesia yang ada di wilayah sana untuk membantu mengenalkan kuliner Indonesia,” kata Vita.

[Baca Juga: Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Ke-4 Akan Digelar]

Kemenpar juga akhirnya menetapkan lima makanan lokal menjadi national food, penetapan makanan ini memiliki tujuan agar promosi kuliner Indonesia terfokus dan jadi daya tarik wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kemenpar juga mengimbau kepada seluruh restoran Indonesia yang ada di luar negeri untuk menjual kelima national food yang sudah dipilih. National food yang dipilih Kemenpar diantara lain adalah soto, sate, rendang, nasi goreng, dan gado-gado.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.