Kolaborasi Masyarakat dalam Gebyar Budaya Betawi Duren Sawit

Berita Kawasan

Kolaborasi Masyarakat dalam Gebyar Budaya Betawi Duren Sawit

Dalam rangka mempertahankan dan menjaga kearifan budaya lokal, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menggelar kesenian budaya di Kecamatan Duren Sawit. Salah satunya perhelatan Gebyar Budaya Betawi Festival Duren Sawit Janur Kuning, yang mengedepankan pergelaran seni budaya dikawasan unggul Jakarta Timur.

Gebyar Budaya Betawi Duren Sawit yang diprakarsai Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Timur dengan mengusung tema Ekspresi Generasi Pelestari Budaya Betawi. Acara tersebut dikemas dengan berbagai penampilan pentas seni dan budaya, bazar serta lomba kreatifitas mewarnai untuk anak.

[Baca Juga: Kegawatdaruratan Psikiatri di Rumah Sakit Duren Sawit]

Dalam sambutanya Wakil Wali Kota mengingatkan, gelaran Gebyar Budaya Betawi Duren Sawit ini merupakan upaya Pemkot Jakarta Timur dalam mempertahankan dan melestarikan budaya Betawi yang berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat di kawasan unggulan kota Jakarta Timur.

“Adanya kolaborasi bersama masyarakat untuk membangun kota Jakarta, melalui kegiatan seni budaya dalam melestarikan dan menjaga budaya Betawi yang diharapkan bisa meningkatkan roda perekonomian di Jakarta Timur,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto dalam sambutannya di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Duren Sawit Bersatu Jalan Swadya Raya, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit pada 30 Maret 2019 lalu.

Sembutan Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto dalam Gebyar Budaya Betawi

Jadi Agenda Tahunan

Menurutnya, Gebyar Budaya Betawi Duren Sawit diyakini bisa mengangkat potensi wilayahnya. Pasalnya, baik seni budaya, kuliner hingga kegiatan yang kental dengan Betawi, ditampilkan dalam gebyar tersebut.

“Karena itu, kami berencana agar kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan dan menjadi agenda rutin tahunan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengangkat ekonomi kerakyatan,” paparnya seperti dilansir dari jakarta.timur.go.id (1/4/2019).

[Baca Juga: Walau Bau, Jengkol Jadi Makanan Favorit Orang Betawi]

Sementara itu, Staff Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Bidang Ekonomi Kreatif Joni Mardizal mengapresiasi langkah Pemkot Jakarta Timur yang menggelar seni budaya Betawi yang saat ini sudah mulai tergerus oleh modernisasi zaman.

“Ini patut diapresiasi. Kita dapat merasakan langsung betapa antusias masyarakat Duren Sawit adanya kegiatan festival seni budaya. Ini merupakan terobosan guna meningkatkan kecintaan masyarakat Betawi dalam menjaga kelesatarian budaya Betawi,” kata Joni.

[Baca Juga: Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019]

Selain itu Kepala Suku Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jakarta Timur, Iwan Henry Wardhana mengatakan, bahwa dalam meningkatkan keperdulian generasi modern terhadap keberlangsungan seni budaya Betawi dan memperkenalkan potensi seni budaya maupun kreasi seni tradisi Betawi khusunya kepada masyarakat di Jakarta Timur.

“Acara ini juga mendukung sember daya kreativitas masyarakat di Kecamatan Duren Sawit terhadap seni budaya dan kesenian Betawi diwilayah kota Jakarta Timur dapat semakin meningkat,” kata Iwan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.