Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP dan B2W Indonesia Fasilitasi Transportasi Sepeda

Berita Kawasan

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP & B2W Fasilitasi Transportasi Sepeda

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan bekerja sama dengan dengan Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) dan Bike to Work Indonesia (B2W Indonesia) memfasilitasi sepeda sebagai penunjang transportasi warga melalui program Sepeda Berbagi.

Untuk tahap awal, saat ini telah disiapkan 35 unit sepeda bagi warga dan ditempatkan pada lima titik parkir sepeda dekat stasiun MRT yakni, Bundaran HI, Dukuh Atas, Taman Budaya Dukuh Atas, Setiabudi Astra, dan Blok M.

Masing-masing titik parkir akan diisi tiga sampai empat sepeda yang dilengkapi dengan stiker nomor sepeda, informasi hotline untuk peminjaman serta akun media sosial. Selama masa uji coba mulai 3-17 Juli 2020, sepeda-sepeda tersebut bisa digunakan secara gratis.

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP dan B2W Indonesia Fasilitasi Transportasi Sepeda

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, bersepeda adalah sarana transportasi sekaligus olahraga yang baik dan dapat mengurangi polusi udara. Terlebih, di Jakarta telah disediakan jalur khusus sepeda sepanjang kurang lebih 60 kilometer untuk menunjang kegiatan para pesepeda agar lebih aman dan nyaman berdampingan dengan pengguna transportasi lainnya.

"Penempatan sepeda di area parkir sepeda di sejumlah stasiun MRT diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas pengguna angkutan umum, terutama MRT. Pengguna MRT bisa langsung melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir dengan bersepeda," ujar Syafrin seperti diberitakan beritajakarta.id (10/7/2020).

[Baca Juga: Dengan Uji Emisi Hingga Sepeda, Pemkot Jakarta Utara Berusaha Jaga Kualitas Udara]

Syafrin menambahkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga bekerjasama dengan Gowes melakukan uji coba Layanan Bike Sharing mulai 3 Juli 2020 hingga satu bulan mendatang.

Saat ini sudah ada sembilan titik parkir sepeda Gowes yakni, di Stasiun MRT Bundaran HI, Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Timur, Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Barat, Depan Gedung Sinar Mas, Halte Bus Balaikota Sisi Selatan, Stasiun Tanah Abang, Walikota Jakarta Pusat/Museum Prasasti, Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, dan Gedung Dinas Teknis Jatibaru.

"Tersedia 200 unit sepeda dengan jam operasional pukul 06.00 sampai 18.00," Syafrin menerangkan.

[Baca Juga: Langkah Polygon Hadapi Meningkatnya Tren Penggunaan Sepeda]

Menurut Syafrin, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menerima sebanyak 270 unit traffic cone untuk mendukung program Pop Up Bike Lane dari tiga perusahaan.

"Semoga dengan kolaborasi aktif dan dukungan penambahan jumlah traffic cone di sepanjang Pop Bike Lane Jalan Sudirman-Thamrin, pengguna jalan baik sepeda dan kendaraan bermotor dapat bersama-sama berkendara dengan aman dan nyaman," ungkapnya.

Syafrin berharap, melalui penyediaan fasilitas ini dapat menjadi salah satu faktor untuk mendukung penggunaan sepeda sebagai alat transportasi.

"Kami imbau pesepeda semakin tertib dan disiplin menggunakan jalurnya atau kami sebut Jalan Tol Sepeda dan berkenan berbagi jalan dengan sesama pengguna jalan yang lain," pungkas Syafrin.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    QQHarian Situs Betting Online Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung beberapa Provider Ternama Dan Menyediakan Berbagai Games Online Seruu Serta Menyediakan Promo / Bonus Yang Wow. Info Lebih Lanjut Bisa Hub. Cs Kami Dengan <a href="https://qqharian.org/" title="QQHarian" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...

  • Emma 2 years, 2 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa. Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah hanya di bola165

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    QQHarian Agen Betting Online Terbaik ,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Didukung Oleh Berbagai Provider Ternama. Menang Berapapun di BAYAR lsg dgn proses maks. 2 menit. Modal Awal Kalah di GANTI 100% Full. WITHDRAW TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut Bisa Hub. Cs Kami Dengan <a href="https://qqharian.org/" title="QQHarian" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>