Kolaborasi Pintek dan Pintaria Wujudkan Pendidikan 4.0

Pendidikan

Kolaborasi Pintek & Pintaria Wujudkan Pendidikan 4.0

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, pada Statistik Telekomunikasi Indonesia 2018, mengatakan bahwa persentase rumah tangga yang memiliki/menguasai komputer pada 2018 sebanyak 20,5% meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 19,11% dan dapat mengakses internet sebanyak 66,22%, lebih tinggi dari tahun 2017 yang hanya mencapai 57,33%. Angka ini menunjukkan adanya potensi bagi masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dan internet untuk pendidikan.

Hal tersebut yang mendorong perusahaan teknologi finansial, Pintek berkolaborasi dengan Pintaria, pionir platform life-long learning di Indonesia, untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan pendidikan dan kualitas diri demi kehidupan yang lebih baik. Keduanya pun berkomitmen untuk mendukung penuh implementasi dari pemanfaatan teknologi secara maksimal melalui pembelajaran online sebagai bagian perjalanan dari terciptanya pendidikan 4.0 di Indonesia dengan mengedukasi generasi muda untuk memahami efektivitas pembelajaran online.

Kolaborasi Pintek dan Pintaria Wujudkan Pendidikan 4.0

Jumat (29/5/2020) kemarin, keduanya menggelar acara diskusi virtual dengan tajuk Pintek Edutalk with Pintaria: Program Kuliah Online Untuk Tetap Efektif dan Produktif Belajar dari Rumah. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk menyediakan wadah bertukar informasi mengenai pembelajaran online, tantangan yang dihadapinya, dan pengenalan program yang dimiliki Pintaria. Selain itu, acara ini juga akan membahas mengenai inovasi yang dimiliki Pintaria yang tujuannya adalah untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas, fleksibel dan mandiri.

Head of Commercial Pintek Yasser Saiful menuturkan, kontribusi yang akan diberikannya dalam kerja sama ini adalah persoalan pendanaan biaya pendidikan. Dia pun menyatakan kesiapan menyediakan dana segar sebanyak mungkin bagi pelajar yang berminat mengikuti kelas online.

[Baca Juga: Survei LIPI: Hanya 3,5 Persen Bisnis Tidak Terdampak Pandemi]

“Kami percaya bahwa pembelajaran online juga memiliki sisi positif bagi pelajar di Indonesia, di mana untuk menuju pendidikan 4.0, pelajar perlu memaksimalkan penggunaan teknologi pada proses belajar tujuannya agar mampu bersaing dan meningkatkan kompetensi dalam menghadapi dunia kerja pada masa mendatang, salah satunya adalah implementasi pembelajaran online,” ujarnya.

Menyinggung kondisi Indonesia yang tengah dilanda pandemi COVID-19, Head of Marketing & Communication Pintaria Zaneti Sugiharti menyerukan, masyarakat, utamanya kalangan pelajar, untuk memanfaatkan situasi seperti ini dengan kegiatan bermanfaat. Satu diantaranya adalah mengikuti kelas perkuliahan online.

Kolaborasi Pintek dan Pintaria Wujudkan Pendidikan 4.0

“Pada masa seperti ini, kami berharap Pintaria dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pelajar di Indonesia melalui program kuliah online maupun pelatihan yang kami tawarkan. Melalui teknologi, kami ingin menciptakan kesempatan untuk seluruh masyarakat Indonesia sekaligus mendukung tercapainya program pemerintah yaitu Merdeka Belajar. Kami juga berharap, kondisi saat ini dapat memberikan motivasi kita untuk menjadi generasi yang tidak pernah berhenti belajar, atau yang kita kenal dengan lifelong learning melalui pembelajaran secara online,” serunya mengajak.

[Baca Juga: Sekolah Kala Pandemi Ancam Siswa, FSGI Minta Perpanjangan PJJ]

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa pandangannya sesuai dengan apa yang pernah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang menyerukan agar di situasi saat ini memberikan potensi akselerasi kebijakan Merdeka Belajar.

Kebijakan Merdeka Belajar memberikan kemerdekaan setiap unit pendidikan untuk melakukan inovasi, dan Nadime juga menekankan, Merdeka Belajar tidak akan mungkin bisa berhasil tanpa teknologi karena teknologi memiliki potensi pemerataan akses atau kesempatan mendapat akses yang setara terhadap materi dan pembelajaran yang sama.

Read More

Artikel Lainnya

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

09 July 2020, 11:45

Anak berkebutuhan khusus akan sangat membutuhkan bimbingan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Bimbingan ini juga berbeda dengan yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar.

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.


Comments


Please Login to leave a comment.