Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Balai Lelang Christie, New York akan membuka penawaran koleksi 253 t-shirt Supreme dengan gambar logo kotak khas dengan beragam desain. Koleksi ini merupakan koleksi lengkap dari produk yang dirilis antara tahun 1994-2020 atau sepanjang sejarah merek tersebut.

Pada tahun 2014, James Bogart membeli t-shirt pertamanya dari merek streetwear AS, Supreme. Dalam enam tahun sejak itu, ia telah memperoleh setiap kaos yang dirilis secara eceran dengan label logo kotak ikonik. Koleksi itu sekarang diharapkan terjual sekitar 2 juta USD atau Rp28,32 miliar.

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya. Koleksi Bogart yang digambarkan rumah lelang sebagai "cawan suci" bagi penggemar dan kolektor Supreme.

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Koleksi Bogart, yang dianggap sebagai arsip lengkap kaus Supreme pertama yang pernah ada, berisi banyak barang yang tidak mungkin ditemukan, bahkan di pasar sekunder, kata Christie dalam siaran persnya.

"Pada saat 2015 bergulir, saya telah mengembangkan minat yang kuat pada merek tersebut, membeli t-shirt saya suka saat baru rilis. Saya masih mendapatkan banyak dari pembelian awal ," kata Bogart seperti diberitakan cnn.com (27/11/2020).

Merek Supreme dan ketenaran dibangun melalui sensasi dan kelangkaan dengan memanfaatkan media sosial. Pakaiannya hanya dapat dibeli secara online atau melalui jaringan toko di seluruh dunia yang hanya ada 12 saja. Berarti, barang-barang tersebut sangat didambakan, dapat dijual dengan harga selangit, dan seringkali menarik antrean panjang pelanggan yang menunggu semalaman untuk membelinya.

[Baca Juga: Fashion Designer Diana Putri Rilis Koleksi Eau De Couture]

"Sejak saat itu, minat saya tumbuh menjadi obsesi, dan mulai menambah koleksi saya sesering mungkin, selalu mencari contoh kondisi terbaik yang dapat saya temukan. Mungkin tidak ada orang yang memikirkan t-shirt berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun, seperti melakukan penelitian atau pekerjaan," dia menambahkan

T-shirt dalam koleksi Bogart menampilkan warna dan variasi desain dari apa yang bisa dibilang merupakan aset paling berharga dari merek ini: logonya yang sederhana, persegi panjang merah yang ditandai dengan kata "Supreme" sehingga platform mode Lyst menobatkan logo paling kuat di industri ini pada tahun 2018. Koleksi ini mencakup edisi awal, seperti empat T-shirt yang menampilkan desain Logo Kotak yang lebih kecil - dirilis pada tahun 1995.

[Baca Juga: Ini Pabrik Kain yang Memproduksi Koleksi Busana H&M dan GAP]

Barang berharga lainnya adalah kemeja hasil kolaborasi dengan merek streetwear Jepang WTAPS dan dirilis pada 1999. Dipercaya hanya sekitar 30 potong yang dicetak. Menurut Bogart, koleksi ini yang akan menjadikannya salah satu desain Supreme terlangka. Di Grailed, pasar mewah online, kemeja itu dijual seharga 12.800 USD atau Rp181,28 juta.

Supreme terkenal menyempurnakan taktik penjualan yang dikenal sebagai "drop", yaitu merilis pakaian baru dalam jumlah terbatas setiap minggunya, bukan seluruh koleksi baru setiap musim. Strategi tersebut, yang sekarang banyak ditiru oleh merek-merek fashion mainstream, memicu antrean panjang di toko-toko dan memicu pasar penjualan kembali secara online di mana harga meroket.

Selain menjual koleksi Bogart, Balai Lelang Christie juga menjual sejumlah item Supreme lain. Lelang Behind The Box: 1994-2020 ini akan dibuka kepada penawar pada 1 Desember 2020, termasuk benda-benda seperti sepeda Supreme.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.