Kombinasi dengan Budaya, Pakar UNPAD Sosialiasikan Metode Buat Matematika Jadi Lebih Seru.jpg

Pendidikan

Kombinasi dengan Budaya, Pakar UNPAD Sosialiasikan Metode Buat Matematika Jadi Lebih Seru

Bagi para pelajar di Tanah Air, tak bisa dipungkiri ada sejumlah mata pelajaran yang mereka pandang sebagai momok dengan salah satunya adalah matematika. Pelajaran ini dipandang sebagai sesuatu yang sulit, apalagi bila harus menghapal bagaimana cara menghitungnya dengan cara yang kompleks. Tentu saja bagi yang menyukai matematika, hal ini bukan sesuatu yang berat tapi bagi mereka yang tak menyukainya, pelajaran ini menjadi momen yang bisa saja dirasa membosankan. Untuk mengatasi hal ini, pakar di Universitas Padjadjaran (Unpad) memberikan sosialisasi mengenai etnomatematika.

Mungkin Anda terasa asing dengan istilah etnomatematika yang disinyalir memang belum populer di Tanah Air. Berdasarkan keterangan Guru Besar Fakultas MIPA Unpad Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, M.S., ini merupakan kajian yang mengubungkan matematika serta budaya. Dengan etnomatematika, para siswa bisa mendapatkan pelajaran matematika yang telah dikombinasikan dengan kearifan lokal setempat.

Kombinasi dengan Budaya, Pakar UNPAD Sosialiasikan Metode Buat Matematika Jadi Lebih Ser u.jpg

Menurut Prof. Budi dalam Keurseus Budaya Sunda bertajuk Etnomatematika dina Budaya Sunda yang digelar secara daring pada 8 Juni 2022, konsep pendekatan budaya bisa mempermudah dalam penyampaian materi. Ia mencontohkan, konsep etnomatematika dimanfaatkan untuk pembelajaran sifat bangunan datar, pengukuran waktu, faktor, sampai operasi angka dengan cara permainan tradisional. Ia mencontohkannya, pembahasan bidang simetris bisa dilakukan dengan tari tradisional.

Sebagaimana dilansir dari Unpad.ac.id (13/6/2022) konsep etnomatematika di Indonesia bukan sesuatu yang baru dan sudah ada banyak penelitiannya. Manfaat dari etnomatematika adalah melihat bagaimana pengenalan matematika kepada mastarakat sebenarnya ada kaitannya erat dengan budaya mereka sendiri, bahkan ini bisa dilihat dari budaya Sunda di Jawa Barat.

[Baca Juga: Motivasi Anak Belajar Matematika, ITB Hadirkan Game Mobile]

Prof. Budi menyebut, masyarakat Sunda memiliki istilah dalam pengukuran panjang, lebar, tinggi, luas, dan volume sehingga ini sejalan dengan penerapan etnomatematika. Ia memberikan contoh untuk mengukur panjang satu meter, orang Sunda memiliki istilah sasiku. Sedangkan untuk mengukur lebar 5 cm, ada istilah tampah. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa dalam penghitungan tanggal nikah hingga pertanian sebenarnya berhubungan dengan rumus yang bisa dijabarkan secara ilmiah sehingga berhubungan erat dengan etnomatematika. Oleh karena itulah, Prof. Budi, ingin konsep ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari untuk mempermudah pembelajaran matematika.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.