Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

Kesehatan

Kombinasi Makanan yang Berbahaya untuk Anak-anak

Anak-anak memiliki sistem pencernaan lebih lemah dari orang dewasa. Sehingga, penting bagi orangtua untuk tidak sembarang memberikan makanan kepada sang buah hati. Apalagi memberikan makanan kombinasi yang sebenarnya tidak semua makanan layak dikonsumsi bersama makanan lainnya. Karena, bisa berbahaya untuk anak-anak.

[Baca Juga: Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat]

Untuk itu, para orangtua harus mengetahui kombinasi makanan apa saja yang tidak layak dikonsumsi anak-anak. Berikut kombinasi makanan yang berbahaya untuk anak-anak melansir dari boldsky.com (18/7/2018).

Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

1) Sereal dan Jus

Setiap orangtua tentu menginginkan sang anak menjadi segar dan energik sepanjang hari. Sehingga, tak sedikit orangtua yang menyajikan sarapan berupa sereal dan jus dengan tujuan mencoba memasukkan semua nutrisi dalam makanan. Namun, ternyata kombinasi kedua makanan ini merupakan ide yang buruk, terutama bila memilih jus jeruk. Karena jus jeruk justru menurunkan aktivitas enzim yang diperlukan untuk memecah karbohidrat yang ada dalam sereal. Bila Anda memberikan kombinasi makanan ini, sang buah hati tidak hanya akan kehilangan nilai gizi dari apapun yang dikonsumsi, tetapi juga mengakumulasi karbohidrat yang tidak terputus dalam jangka panjang sehingga akan berbahaya baginya.

Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

2) Burger dan Kentang Goreng

Kombinasi makanan yang satu ini adalah salah satu yang paling favorit bagi kebanyakan anak-anak. Namun, sebaiknya jangan memberikan anak Anda kedua makanan ini secara bersamaan. Karena, patty pada burger dan kentang goreng yang digoreng bisa menurunkan kadar gula darah seseorang. Bila orang dewasa yang sehat mengonsumsi kombinasi makanan ini mungkin bisa mengatasinya, tapi tidak pada anak-anak. Oleh karena itu, disarankan agar orangtua tidak memberikan kombinasi makanan ini kepada si kecil.

Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

3) Pizza dan Soda

Selain burger dan kentang goreng, kombinasi makanan lezat lain seperti pizza dan soda juga disukai anak-anak. Namun, ternyata sama-sama berbahaya bagi si kecil. Karena, pizza sarat dengan karbohidrat dan efek gabungan dari semua pati dan protein adalah sebagian besar energi tubuh dikonsumsi dalam proses mencerna yang sama. Konsumsi minuman bersoda pada saat-saat seperti itu hanya akan memperburuk keadaan. Ini akan membuat sang anak kembung dan sangat berbahaya baginya.

Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

4) Pisang dan Susu

Pisang dan susu mengandung nutrisi dan sangat sehat untuk anak-anak. Namun, harus dipastikan bahwa anak Anda tidak mengonsumsinya secara bersamaan. Karena kombinasi yang satu ini sangat berat dan akan membuatnya mengantuk. Dalam beberapa kasus ekstrem, bahkan dapat menyebabkan melemahnya kemampuan mental anak. Dengan demikian, untuk pertumbuhan dan perkembangan aktif anak Anda, yang terbaik adalah menjauhkan mereka dari kombinasi berbahaya ini.

Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

5) Buah dan Yoghurt

Buah dan yoghurt memang tergolong makanan sehat. Namun, bila dikonsumsi secara bersamaan, akan berdampak buruk pada anak-anak. Karena, kombinasi makanan ini akan menghasilkan racun yang mampu mengubah keseluruhan flora usus pada anak di bawah 10 tahun. Dampaknya bisa menyebabkan hidung tersumbat, batuk dan pilek dan bahkan dapat menyebabkan alergi pada beberapa kasus yang jarang terjadi. Dengan demikian, Anda disarankan untuk tidak memberikan kombinasi makanan ini pada buah hati. Atau, jika ingin memberikan kedua makanan ini, Anda bisa memberikannya satu per satu dengan jeda waktu sekitar satu jam.

[Baca Juga: Hati-Hati! Tas Punggung Berat Dapat Picu Gangguan Kesehatan Anak]

Itulah lima kombinasi makanan yang mungkin sebenarnya menjadi makanan favorit anak Anda. Tapi, sebaiknya jangan berikan kelima kombinasi makanan ini untuk dikonsumsi sang buah hati.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.