Kominfo Akan Bangun Pusat Data Nasional di Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Kominfo Akan Bangun Pusat Data Nasional di Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi akan membangun Pusat Data Nasional atas kerjasama jangka panjang dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Rencana ini muncul usai pertemuan di Ruang Rapat Bupati, pada 16 September lalu. Pertemuan tersebut dihadiri Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, para Asisten Daerah, dan Kepala SKPD di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Rencana pembangunan Pusat Data Nasional merupakan salah satu bentuk perwujudan program strategis nasional untuk menguatkan infrastruktur e-Government oleh Kominfo. Eka dalam sambutannya menyebutkan, pemerintah daerah Kabupaten Bekasi siap untuk mendukung dan membantu dalam pembangunan Pusat Data, "Semoga dengan adanya pembangunan baru ini akan membawa manfaat untuk Kabupaten Bekasi."

Kominfo Akan Bangun Pusat Data Nasional di Kabupaten Bekasi

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi siap mendukung dengan adanya pembangunan Pusat Data Nasional. Tentu saja, harapannya Kabupaten Bekasi dapat menerima manfaat yang besar dalam pembangunan Pusat Data Center yang bersifat nasional ini,” ujar Eka sebagaimana dilansir dari humas.bekasikab.go.id (17/9/2019).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistika Kabupaten Bekasi menyebutkan Rohim Sutisna mengatakan, Indonesia selama ini diragukan telah berdaulat secara informasi, karena belum memiliki infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Pusat Data yang mumpuni. Maka dari itu, dengan adanya pusat data ini tentunya akan mewujudkan kedaulatan informasi baik untuk tingkat pusat maupun daerah.

Pusat Data Nasional yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Bekasi merupakan pusat data yang paling besar dan memiliki standar internasional sehingga dapat menyerap ASN (Aparatur Sipil Negara) sebanyak 20.000 orang. ASN yang dipilih pun harus yang bersertifikasi dengan berbagai macam kemampuan untuk membantu operasional pusat data. Pembangunan Pusat Data Nasional tersebut rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2020 mendatang.

[Baca Juga: Kominfo Tingkatkan Kemampuan Guru TIK Lewat DTS 2019]

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia Bambang Dwi Anggono mengungkapkan, ada tiga fungsi utama Pusat Data Nasional, yaitu

  1. Melayani seluruh pemerintah, mulai dari pusat hingga desa. Mulai dari kantor yang ada dalam negeri hingga luar negeri seperti KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia)
  2. Menyediakan jaringan intra pemerintah, untuk mengamankan seluruh jaringan seluruh Indonesia, dimana pusat kendalinya berada di data center.
  3. Menyediakan titik penghubung layanan, yang berfungsi mengintegrasikan sistem-sistem data yang ada di Indonesia menjadi satu data Indonesia, karena terdapat data-data yang berbeda di masing-masing instansi pemerintahan.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Raih Penghargaan Berkat Larang Iklan Rokok]

Bambang melanjutkan, Kabupaten Bekasi dinilai merupakan tempat yang paling siap serta memenuhi syarat untuk pembangunan Pusat Data Nasional yang meliputi, keamanan dan potensi bencana (alam, industri, dan sosial), ketersediaan energi, ketersediaan sistem telekomunikasi, pemerataan pembangunan, dan prospek kawasan.

Mengenai lahan yang akan digunakan, Pusat Data Nasional menggunakan skema hibah atau kerjasama jangka panjang antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Terdapat tiga lahan di Kabupaten Bekasi yang telah di survey untuk program pembangunan tersebut, yakni di wilayah Delta Silicon Lippo Cikarang, sekitar Komplek Pemda Kabupaten Bekasi, dan sekitar tol Deltamas. Bukan hanya di Bekasi, Pusat Data Nasional juga akan dibangun di Kota Batam, Kota Bitung, dan ibukota negara.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.