Kominfo Gendeng XL Axiata Jalankan Program Pojok Pintar.jpg

Berita Kawasan

Kominfo Gendeng XL Axiata Jalankan Program Pojok Pintar

Dalam rangka meningkatkan literasi digital bagi perempuan Indonesia, Biro Hubungan Masyarat (Humas) Sekertariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kerja sama dengan XL Axiata untuk mengembangkan program Pojok Pintar.

Kerja sama antara Humas Kominfo dan Pojok Pintar Sisternet ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik guna meningkatkan kapasitas kaum perempuan, dan ini harus dioptimalkan. Hal ini seperti disampaikan Sekertaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti.

“Rasanya sangat spesial, Kominfo dan XL membuka Pojok Pintar khusus diperuntukan untuk perempuan. Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna internet untuk perempuan memang lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki,” katanya seperti dikutip dari kominfo.go.id (4/3/2019).

Berdasarkan data yang ada bahwa 48 persen pengguna internet atau menggunakan teknologi digital di Indonesia adalah perempuan. Salah satu yang diharapkan adalah peran ibu dan anak perempuan agar bisa mengoptimalkan era digital yang tengah berkembang di Indonesia saat ini.

Akses Teknologi Komunikasi

Peluang dari Pojok Pintar dan Sister Net ini, Niken menambahkan, bisa memberikan asupan informasi dunia perempuan sesuai yang dibutuhkan. Mengingat, ada tiga bidang yang sangat diminati dan selalu di cari oleh perempuan Indonesia.

“Dari semua informasi kebutuhan perempuan, rata-rata informasi mengenai tiga bidang yaitu soal fashion, beauty, dan kesehatan yang serign dicari selain informasi tentang keluarga dan lebutuhan lainnya. Semoga dengan adanya Sister Net dan Pojok Pintar ini dapat memberikan informasi seputar perempuan,” katanya.

[Baca Juga: Rayakan Hari Perempuan Internasional, LIPI Apresiasi Peneliti Wanita]

Kunci dari era digital saat ini, menurut Niket, adalah berkembanganya industry 4.0 yang merupakan pagar kreativitas, agar bagaimana kaum perempuan dapat berkreasi serta menciptakan peluang dengan adanya kebudahan mengakses teknologi komunikasi.

Dengan begitu, Sister Net dan Pojok Pintar diharapkan pihaknya bisa memberikan apa yang diinginkan kaum perempuan dan dibutuhkan, salah satunya adalah edukasi menggunakan internet untuk meningkatkan kepasitas dan kompetensi bagi kaum perempuan.

Niken melanjutkan, gadget tidak sekadar digunakan untuk internet atau hanya untuk chating semata, karena banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan. Misalnya bisa untuk membantu kepasitas produksi dan memberdayakan kaum perempuan.

[Baca Juga: Bijak Menyikapi Era Digitalisasi pada Bisnis Ritel]

Sementara itu, Chief Technology Officer XL Axiata Yessie Yosetya mengatakan, Pojok Pintar ini bertujuan memberikan dukungan bagi kaum perempuan dalam memanfaatkan era digital saat ini untuk mengakses informasi maupun edukasi yang jauh lebih produktif.

Hal tersebut disebabkan jaringan XL Axiata yang sudah jauh lebih merata dan akses di pelosok-plosok pun juga bisa mendapat internet. Selain Yessie, peresmian Pojok Pintar juga menghadirkan artis sekaligus Inspiring Women dan Founder Seasoldier Nadine Chandrawinata.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.