Kominfo Siapkan Chatbot Untuk Basmi Hoax Soal Corona

Berita Kawasan

Kominfo Siapkan Chatbot untuk Basmi Hoax Soal COVID-19

Banyaknya berita tentang COVID-19 akhir-akhir ini berbanding lurus dengan banyaknya kabar hoaks tentang virus asal Wuhan, Cina tersebut. Jika dibiarkan, kabar hoaks tersebut tentunya dapat membuat kepanikan di masyarakat.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI saat ini tengah mengembangkan layanan chatbot atau teknologi percakapan di aplikasi WhatsApp untuk menangkal hoaks terkait virus corona.

[Baca Juga: Seberapa Efektif Thermal Scan untuk Cegah Wabah COVID-19?]

Chatbot sendiri merupakan program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau banyak orang, baik melalui teks maupun audio. Layanan tersebut rencananya akan diluncurkan pada Rabu, 18 Maret 2020.

Kominfo Siapkan Chatbot untuk Basmi Hoax Soal COVID-19

Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, lewat chatbot, masyarakat akan mendapatkan informasi akurat soal pandemi COVID-19. Hal itu juga untuk menekan penyebaran berita hoaks yang terus meningkat sejak pengumuman kasus pertama virus COVID-19. Nantinya, informasi yang akan diberikan chatbot sendiri berasal dari berbagai sumber resmi terkait COVID-19.

"Rencana diluncurkan besok, Rabu (18/3). Chatbot akan mendistribusikan informasi valid dan resmi terkait penanganan COVID-19," kata Ferdinandus.

Kominfo Siapkan Chatbot Untuk Basmi Hoax Soal Corona

Sekedar informasi, pasca-pengumuman kasus pertama Virus Corona di Tanah Air, jumlah hoaks terkait pandemi itu terus melonjak. Terhitung sampai dengan Senin, 16 Maret 2020, Kementerian Kominfo mencatat sudah ada 242 kabar hoaks terkait COVID-19 di Tanah Air. Seluruh konten itu tersebar di platform media sosial maupun website dan platform pesan instan.

Salah satu kabar bohong yang ramai beredar baru-baru ini adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) positif terinfeksi COVID-19. Padahal, Presiden Jokowi terpantau dalam kondisi sehat dan masih bekerja.

[Baca Juga: Meminimalisir Penyebaran Corona, Ganti Pembayaran dengan Nontunai]

Kemudian, ada pula hoaks lainnya seperti mitra pengemudi Gojek yang melarikan diri setelah dinyatakan positif COVID-19 di Rumah Sakit Persahabatan. Selain itu, beredar kabar bohong tentang suspect COVID-19 yang ditemukan di Delta Spa dan hoaks tentang warga Klaten terpapar COVID-19.

Terkait hal tersebut, Menteri Kominfo Johnny G Plate pun mengimbau masyarakat untuk mengecek validitas informasi yang diterima dan tidak menyebarluaskan hoaks.

"Tujuannya, melindungi segenap bangsa dan masyarakat dari dampak negatif informasi yang tidak benar terkait dengan COVID-19. Ini bahaya, apabila masyarakat mengikuti informasi yang tidak benar itu," tandas Johnny.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 6 months lalu
    emma

    Hanya di qqharian,club website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di qqharian,club