Kominfo Tingkatkan Kemampuan Guru TIK Lewat DTS 2019

Pendidikan

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Guru TIK Lewat DTS 2019

Dalam rangka meningkatkan kemampuan di bidang pemograman, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan Coding Teacher Academy (CTA) sebagai bagian dari Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan, program CTA ini memberikan kesempatan bagi 2.000 guru TK, SMK, SMA, SMALB atau Madrasah Aliyah guna tingkatkan kemampuan pemograman.

“Setelah mengikuti program ini, para guru dapat meneruskan ilmu pengetahuan yang didapat kepada siswa siswi di sekolah tempat mengajar,” katanya dalam pembukaan Batch I CTA di Pusat TIK Nasional, Tangerang Selatan seperti dikutip dari kominfo.go.id (1/7/2019).

[Baca Juga: Markoding Melatih Coding 87 Siswa Tak Mampu di Jakarta Timur]

Basuki juga mengharapakan, program yang diikuti sebanyak 1817 guru TIK dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam menyiapkan tenaga terampil agar Indonesia bisa menerapkan revolusi industri 4.0.

Pelatihan CTA ini sendiri berlangsung di enam lokasi, yaitu

  1. Balai Pelatihan dan Pengembangan TIK, Cikarang, Bekasi.
  2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Kominfo, Jakarta Barat.
  3. Pusat TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan.
  4. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta.
  5. Wisma MM Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan
  6. University Club, Yogyakarta.

CTA ini dikhususkan untuk para guru bidang TIK pada SMK, SMA, SMALB, dan Madrasah Aliyah serta terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS. CTA berlangsung dengan model pembelajaran kombinasi tatap muka dan daring selama 70 jam pelajaran.

[Baca Juga: Ikuti Program Digital Talent Scholarship 2019 Kementerian Kominfo]

Sekadar informasi, program DTS 2019 merupakan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informastika sebagai bagian dari prioritas pembangunan prioritas nasional.

Beasiswa pelatihan kompetensi DTS 2019 ditunjukan untuk meningkatkan keterampilan (up-skilling) SDM bidang Komunikasi dan Informatika sehingga dapat meningkatkan produktivitas daya saing bangsa.

Melalui program DTS 2019, Kominfo memberikan beasiswa pelatihan bidang paling mutakhir seperti Artificial Intellegence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning guna menyambut revolusi industri 4.0.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.