TEBET_KAWASAN_KOMUNITAS B2W AJAK WARGA INDONESIA OLAH RAGA SEBELUM BERKERJA_EMIL_1100 X 600 px 01.jpg

Berita Kawasan

Komunitas B2W, Ajak Warga Jakarta Olahraga Sebelum Bekerja

Kemacetan di DKI Jakarta kerap membuat para warganya yang harus melakukan commute (menyambung alat transportasi) menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kendaraan. Selain memicu stres, hal ini juga tidak baik untuk kesehatan. Karena itu ada komunitas Bike to Work Indonesia atau B2W yang memiliki sekretariat di Pancoran Jakarta. B2W sudah bertahun-tahun mengajak warga Ibu Kota untuk gowes sepeda menuju tempat kerja. Hal ini dipandang bermanfaat untuk kesehatan serta ramah untuk lingkungan.

Berdirinya komunitas ini sebenarnya tidak bisa lepas dengan kondisi DKI jakarta beberapa tahun silam. Di mana kemacetan menghiasi sejumlah titik di Ibu Kota dan hal itu semakin meningkatkan polusi yang memicu menurunnya kualitas udara serta kesehatan masyarakatnya.

Dari kondisi tersebutlah Komunitas Jalur Pipa Gas memiliki semangat serta harapan untuk mewujudkan perkotaan, khususnya DKI Jakarta, dengan udara yang bersih. Lambat laun, mereka pun mengadakan kampanye agar para pekerja untuk menggunakan sepeda menuju kantor. Ternyata tidak sedikit yang akhirnya tertarik untuk bergabung dengan kampanye tersebut dan dengan semakin banyaknya anggota, maka perlu komunitas baru yang dapat menjadi wadah gerakan ini.

Sebagaimana dilansir dari b2w-indonesia.or.id, gerakan ini lalu mengajak berbagai elemen masyarakat serta para anggotanya guna mendeklarasikan diri di Balaikota DKI Jakarta pada Agustus 2005. Saat itulah Komunitas Pekerja Bersepeda atau Bike to Work Community resmi berdiri dan komunitas ini dipandang dapat membantu menguraikan kemacetan serta membantu mengurangi polusi udara.

TEBET_KAWASAN_KOMUNITAS B2W AJAK WARGA INDONESIA OLAH RAGA SEBELUM BERKERJA_EMIL_1100 X 600 px x-02.jpg

Salah satu penggagas komunitas yang memiliki sekretariat di kawasan Pancoran Jakarta Selatan ini, Toto Sugito, pernah mengklaim saat ia mengampanyekan B2W banyak muncul cibiran dari orang-orang. Namun berkat usaha gigihnya dan rekan-rekan pendiri Bike to Work Indonesia, komunitas ini telah menyebar dan memiliki perwakilan di setidaknya 18 wilayah Nusantara.

“Mimpi saya adalah mengubah mindset masyarakat untuk memakai sepeda demi lingkungan,” ucap Toto terkait usahanya di komunitas B2W, sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Jadi bila Anda tertarik untuk ikut membantu meningkatkan kualitas udara DKI Jakarta sekaligus untuk menyehatkan diri maka komunitas ini dapat menjadi pilihan Anda untuk bergabung. Bila penasaran dengan berbagai kegiatan atau membutuhkan informasi lengkap dengan Komunitas B2W, Anda bisa datang ke sekretariatnya yang berlokasi di Jalan Raya Kalibata No.9, Pancoran Jakarta Selatan.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.