TEBET_KAWASAN_KOMUNITAS B2W AJAK WARGA INDONESIA OLAH RAGA SEBELUM BERKERJA_EMIL_1100 X 600 px 01.jpg

Berita Kawasan

Komunitas B2W, Ajak Warga Jakarta Olahraga Sebelum Bekerja

Kemacetan di DKI Jakarta kerap membuat para warganya yang harus melakukan commute (menyambung alat transportasi) menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kendaraan. Selain memicu stres, hal ini juga tidak baik untuk kesehatan. Karena itu ada komunitas Bike to Work Indonesia atau B2W yang memiliki sekretariat di Pancoran Jakarta. B2W sudah bertahun-tahun mengajak warga Ibu Kota untuk gowes sepeda menuju tempat kerja. Hal ini dipandang bermanfaat untuk kesehatan serta ramah untuk lingkungan.

Berdirinya komunitas ini sebenarnya tidak bisa lepas dengan kondisi DKI jakarta beberapa tahun silam. Di mana kemacetan menghiasi sejumlah titik di Ibu Kota dan hal itu semakin meningkatkan polusi yang memicu menurunnya kualitas udara serta kesehatan masyarakatnya.

Dari kondisi tersebutlah Komunitas Jalur Pipa Gas memiliki semangat serta harapan untuk mewujudkan perkotaan, khususnya DKI Jakarta, dengan udara yang bersih. Lambat laun, mereka pun mengadakan kampanye agar para pekerja untuk menggunakan sepeda menuju kantor. Ternyata tidak sedikit yang akhirnya tertarik untuk bergabung dengan kampanye tersebut dan dengan semakin banyaknya anggota, maka perlu komunitas baru yang dapat menjadi wadah gerakan ini.

Sebagaimana dilansir dari b2w-indonesia.or.id, gerakan ini lalu mengajak berbagai elemen masyarakat serta para anggotanya guna mendeklarasikan diri di Balaikota DKI Jakarta pada Agustus 2005. Saat itulah Komunitas Pekerja Bersepeda atau Bike to Work Community resmi berdiri dan komunitas ini dipandang dapat membantu menguraikan kemacetan serta membantu mengurangi polusi udara.

TEBET_KAWASAN_KOMUNITAS B2W AJAK WARGA INDONESIA OLAH RAGA SEBELUM BERKERJA_EMIL_1100 X 600 px x-02.jpg

Salah satu penggagas komunitas yang memiliki sekretariat di kawasan Pancoran Jakarta Selatan ini, Toto Sugito, pernah mengklaim saat ia mengampanyekan B2W banyak muncul cibiran dari orang-orang. Namun berkat usaha gigihnya dan rekan-rekan pendiri Bike to Work Indonesia, komunitas ini telah menyebar dan memiliki perwakilan di setidaknya 18 wilayah Nusantara.

“Mimpi saya adalah mengubah mindset masyarakat untuk memakai sepeda demi lingkungan,” ucap Toto terkait usahanya di komunitas B2W, sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Jadi bila Anda tertarik untuk ikut membantu meningkatkan kualitas udara DKI Jakarta sekaligus untuk menyehatkan diri maka komunitas ini dapat menjadi pilihan Anda untuk bergabung. Bila penasaran dengan berbagai kegiatan atau membutuhkan informasi lengkap dengan Komunitas B2W, Anda bisa datang ke sekretariatnya yang berlokasi di Jalan Raya Kalibata No.9, Pancoran Jakarta Selatan.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.