Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

Sejak tahun 2012, komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane atau yang disingkat Banksasuci terbentuk dalam rangka “menjawab panggilan” dari keadaan Sungai Cisadane yang dipenuhi sampah serta limbah. Setelah bertahun-tahun eksis memperjuangkan keadaan sungai tersebut agar publik menyadari tanggung jawab bersama untuk menjaganya dari tindakan buang sampah sembarang dan menggerakkan eduwisata Sungai Cisadane, komunitas yang memiliki nama lengkap Bansasuci Foundation ini juga memperluas jangkauan sosialisasi menjaga lingkungan. Salah satu caranya bisa dilihat dari kegiatan pada akhir pekan kemarin.

Pada 26 Juni 2022, puluhan relawan serta aktivis di komunitas Banksasuci Foundation terlihat menggelar kegiatan bersih-bersih di Alun-Alun Kota Tangerang dalam kampanye bertajuk #jagaalunalunkota. Aksi pada hari Minggu kemarin itu disebut tak terlepas dari upaya komunitas ini yang ingin mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang telah menghadirkan wajah alun-alun yang baru. Oleh karena itulah, Banksasuci Foundation itu ingin agar masyarakat terpanggil untuk membuang sampah pada tempatnya demi menjaga lingkungan di Alun-Alun Kota Tangerang.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tang erang.jpg

“Alhamdulillah Alun-Alun Kota Tangerang kan sudah rapih. Oleh karena itu, kita kampanyekan menjaga kebersihan Alun-alun Kota Tangerang adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya sekedar menggunakan fasilitasnya, tapi juga ikut menjaga dan merawatnya,” ucap Ketua Banksasuci Foundation Ade Yunus, sebagaimana dikutip dari Tangerangkota.go.id (26/6/2022).

Selama kegiatan bersih-bersih, para anggota komunitas terlihat berkeliling dengan karung kecil untuk memungut sampah yang berserakan di area Alun-Alun Kota Tangerang. Tak lupa mereka juga menemui masyarakat yang berkumpul di sini untuk memberikan sosialisasi mengenai aksi jaga lingkungan di alun-alun sembari berfoto dengan poster yang menyuarakan jargon-jargon unik untuk hindari buang sampah sembarangan.

[Baca Juga: Aksi Bersih-bersih & Komik Edukatif, Cara KCD Peringati Hari Ciliwung]

Menurut Ade, aksi bersih-bersih ini tak bersifat sekali digelar saja. Mengingat Banksasuci memiliki rencana menggelar kegiatan ini secara rutin demi terus mendorong kesadaran masyarakat yang datang ke Alun-Alun Kota Tangerang. “Sudah saatnya berbuat dengan aksi nyata, sudah bukan waktunya saling mengandalkan. Lakukan disaat yang lain baru berencana, karena sekecil apapun aksi kita, akan berdampak pada kesadaran masyarakat, minimal tidak lagi buang sampah sembarangan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.