Gambir-Kawasan-Komunitas-Beauty-Line-Dance-Berkumpul-untuk-Kesehatan-Emil.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Beauty Line Dance, Menari demi Kebugaran

Komunitas biasanya terbentuk dari orang-orang yang memiliki hobi atau minat yang sama. Baik itu dalam perihal hewan peliharaan, makanan, fotografi sampai olahraga. Menariknya terdapat satu komunitas yang mengombinasikan menari sekaligus olahraga untuk berkumpul dan saling bersosialisasi. Nama komunitas yang kerap berkumpul di dekat kawasan Gajah Mada Jakarta Pusat tersebut adalah Beauty Line Dance.

Komunitas Beauty Line Dance

Sekadar informasi, line dance merupakan tarian yang terkoreografi dengan urutan langkah yang berulang. Biasanya tarian ini terdiri dari sekelompok orang yang berada berada dalam satu baris atau lebih, di mana mereka berhadapan di arah yang sama dan melakukan gerakan yang sama sesuai dengan irama lagu. Line dance dipopulerkan di Amerika Serikat dan terinspirasi dari beragam tarian yang berkembang di Negeri Paman Sam pada tahun 1800-an.

[Baca Juga: Les Tari Balet untuk Latih Disiplin pada Anak]

Hitungan langkah dalam bahasa Inggris mengantarkan para anggota komunitas Beauty Line Dance untuk mengikuti irama serta mengingat gerakan. Di barisan terdepan komunitas ada seorang perempuan bernama Meimei yang menjadi “motor” sekaligus instruktur koreografi. Tanpa lelah ia memberikan instruksi untuk langkah selanjutnya dalam menari sembari sesekali bercanda dengan para anggotanya. Hal ini menjadi pengingat bahwa komunitas ini merupakan kumpulan orang-orang yang memang menyukai dunia line dance.

“Line dance adalah olahraga berdansa, di mana kita menari dan berolahraga bersama-sama dengan diiringi musik dan live music. Pembelajarannya bertahap, step by step,” jelas ketua komunitas Beauty Line Dance Meimei kepada PingPoint di restoran Eka Ria. Membahas tahapannya, di komunitas ini ada beberapa tingkatan yang bisa dipilih para anggotanya yaitu beginner, improver serta intermediate.

Komunitas Beauty Line Dance

Walau di Amerika Serikat, line dance biasanya diiringi dengan lagu country, komunitas Beauty Line Dance menggunakan beragam lagu untuk mengiringi tarian serta ritme dalam koreografinya. “Musiknya itu banyak, ada waltz, cha-cha, jive, pop, hip-hop. Untuk iramanya sendiri tergantung jenis lagunya, tentunya line dance sendiri juga gerakannya berbeda-beda untuk setiap tarian,” ucap Meimei.

[Baca Juga: Melawan Alzheimer dengan Line Dance]

Beauty Line Dance belum berdiri lama, tapi komunitas yang menjadikan restoran Eka Ria sebagai markasnya tersebut sudah memiliki anggota sekitar 80 orang yang berasal dari beragam usia. “Untuk line dance dari anak kecil usia tiga tahun, empat tahun, lima tahun sampai nenek-kakek umur 70-an lebih bisa bergabung selama gerakannya bisa diikuti,” kata Meimei.

Terkait usia, ketua komunitas ini menuturkan bahwa salah satu anggotanya yang berusia 78 tahun masih terbilang enerjik dalam menggerakan tubuhnya untuk mengikuti irama. Namun musik yang dipilih berjenis slow dengan gerakan yang tidak terlalu banyak dan rumit.

Komunitas Beauty Line Dance

Selain menggunakan musik yang diputar dengan ponsel dan pengeras suara, komunitas ini juga memanfaatkan live music yang didendangkan Bahana Band saat di restoran Eka Ria untuk menari line dance. “Bahana Band sudah puluhan tahun mengiringi dunia line dance,” pungkas Meimei


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.