Komunitas Bonsai Kelapa dari Hobi jadi Bisnis

Berita Kawasan

Komunitas Bonsai Kelapa dari Hobi jadi Bisnis

Ada banyak jenis tanaman hias. Salah satu yang digemari para pehobi tanaman adalah jenis bonsai. Hampir semua tanaman bisa dibonsai, alias ditahan pertubuhannya sehingga tetap kecil. Salah satu bonsai yang unik adalah bonsai kelapa.

Seperti yang dikatakan salah satu penggagas BKTR, Irsan Singo Mataram, jenis tumbuhan seperti bonsai kelapa ini bisa jadi pajangan di meja dan menjadi komoditas yang bagus. Komunitas Bonsai Kelapa Tangerang Raya (BKTR) adalah komunitas yang terdapat di dalamnya orang-orang yang menyukai hobi yang sama, yaitu para pecinta bonsai kelapa. Saat ini di wilayah Tangerang Raya, sudah ada 49 anggota pecinta bonsai kelapa.

Komunitas Bonsai Kelapa dari Hobi jadi Bisnis

Biasanya komunitas tersebut seringkali mengadakan pertemuan untuk sekadar saling menukar informasi, pengalaman dan bersilaturahmi, demikian seperti dilansir dari tangerangkota.go.id (20/06/2019),

Penggagas BKTR Soni Priyadie, mengatakan, kehadiran komunitas ini mewarnai kemajemukan Tangerang yang terus berupaya membangun ekonomi masyarakat. Di BKTR, para pecinta bonsai kelapa ini, kerap mengadakan pertemuan untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan menyambung silaturahmi.

[Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Bantu Ademkan Rumah]

"Kita dipertemukan dan disatukan dalam satu hobi yang tergabung dalam komunitas BKTR. Kami akan terus perluas komunitas ini ke tengah masyarakat. Kami yakin, ini adalah hobi yang unik namun mudah. Bonsai kelapa ini penuh estetika," jelas Soni Piyadie.

Sementara Irsan Singo Mataram, mengatakan, selain unik, Bonsai Kelapa mudah untuk dirawat. Hanya saja, bonsai kelapa rentan terhadap pupuk kimia, sehingga Irsan hanya menggunakan pupuk kompos. Mengingat Bonsai Kelapa memiliki nilai jual yang tinggi, pihaknya terus menyosialisasikan komunitas BKTR ke tengah masyarakat.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

"Pohon kelapa yang biasanya tinggi di kebun ternyata bisa jadi pajangan di meja. Harga jual bonsai kelapa ini lumayan memiliki nilai ekonomi. Satu pohon yang berusia dua tahun bisa mencapai harga Rp2 juta. Jadi ini adalah hobi yang bisa menghasilkan duit," jelas Irsan.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.