Slide3.JPG

Hobi dan Hiburan

Komunitas Cupang Bersatu Gelar Pameran dan Kontes di MATOS

Beberapa waktu belakangan, tren memelihara ikan cupang menjadi salah satu hal yang digandrungi masyarakat, terlebih saat pandemi COVID-19. Memelihara ikan cupang menjadi salah satu solusi yang dimiliki masyarakat untuk mengusir rasa jenuh di tengah pandemi. Hingga saat ini sudah ada berbagai event terkait ikan cupang, yang terbaru diadakan di Malang Town Square (MATOS) pada 3 April 2021 hingga 11 April 2021.

Event yang diselenggarakan dari Kerja sama antara MATOS dan Komunitas Cupang Bersatu Malang ini diadakan di Lower Ground MATOS. Diberitakan, ketua penyelenggara event kontes ikan cupang, Robi Aot mengatakan, pemilihan mall untuk menjadi tempat dari event yang diselenggarakan disebabkan pengalaman dari banyak pihak yang sukses menyelenggaraan kontes serta perlombaan ikan cupang di mal.

Dirinya pun merasa terinspirasi dan mencoba untuk melakukannya juga. Selain itu, event ini diharapkan juga dapat menarik masyarakat. Dalam event ini, selain menunjukkan pameran ikan cupang, diadakan juga kontes ikan cupang. Selain itu, para penghobi ikan cupang juga bisa menjual koleksi ikan cupang yang mereka miliki di acara ini.

Slide4.JPG

Saat PingPoint berkunjung ke MATOS (4/4/2021) untuk melihat event ini, terlihat ada ratusan ikan cupang dengan berbagai jenis, corak, dan warna yang dipamerkan. Salah satu peserta pameran yang memamerkan koleksi ikan cupangnya bercerita kepada PingPoint.

“Selain nunjukin koleksi ikan cupang saya kepada pengunjung yang datang, saya juga ingin mengenalkan ikan cupang ke banyak orang, soalnya meskipun sekarang lagi booming, ya masih banyak orang yang belum tahu juga. Saya juga masih belajar, jadi kalau ada orang yang bilang nggak ngerti soal ikan cupang, ya kita bisa sama-sama belajar”, ujarnya sambil menunjukkan ikan cupang koleksinya yang berjenis Avatar.

[Baca Juga: Bisnis Ikan Cupang di Kota Medan Ternyata Cuan Saat Pandemi]

Selain menjadi pameran, beragam ikan cupang di event ini juga dijual dengan harga beraneka ragam. Menurut pantauan PingPoint, ikan cupang termurah yang dijual berkisar di harga Rp25.000 dan yang termahal bisa mencapai harga jutaan. Menurut salah satu peserta pameran, mahalnya harga ikan cupang tersebut karena warnanya yang indah, rasnya, dan kelangkaannya. Salah satu yang disebut peserta tersebut langka adalah ikan cupang berjenis bonsai yang jika dijual bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Slide1.JPG

Meskipun ikan cupang memiliki jenis yang langka, perlu diikuti juga oleh proses perawatan dan ternak yang tepat, agar ikan tersebut bisa semakin cantik. Salah satu kesulitan yang muncul saat proses ternak adalah memadukan antar ras ikan cupang untuk mendapatkan ikan cupang yang cantik dan berkualitas baik. “Untuk bisa mendapatkan ikan yang bagus, kita harus pelajari dulu gennya, rasnya, kira-kira cocok apa nggak kalau dipadukan. Kalau masih dalam satu ras, masih bisa dipadukan, misalnya kayak jenis koi sama jenis koi juga, itu bisa. Kalau beda ras, hasilnya nanti malah nggak karuan”, ujar peserta tersebut.

Slide2.JPG

Selanjutnya, dalam event ini kontes ikan cupang akan menjadi puncak sekaligus penutup dari acara pameran ikan cupang yang diselenggarakan. Untuk kontes ikan cupang di event ini, dibagi menjadi dua kategori, yaitu IBC dan SNI. Untuk kategori IBC, ikan cupang dinilai dari orisinalitas keindahannya, sedangkan untuk SNI, penilaiannya tergantung pada keindahan ikan cupang secara keseluruhan dan diperbolehkan melakukan cutting terhadap ikan. Pada tanggal 10 April kategori IBC akan diselenggarakan dan sudah ada 1.200 ikan yang siap berpartisipasi sedangkan pada 11 April kategori SNI diadakan dan akan diikuti oleh kurang lebih 500 ikan.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.