Komunitas Depok Banget Resmikan Taman Baca Andalus

Pendidikan

Komunitas Depok Banget Resmikan Taman Baca Andalus

Akses mudah terhadap buku bacaan dipandang sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, khususnya dari semasa usia dini. Sehingga keberadaan taman baca di dekat permukiman warga terbilang penting. Selain itu, tempat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat anak-anak untuk belajar. Tampaknya inilah yang terbersit di benak Komunitas Depok Banget ketika mendorong ide didirikannya Taman Baca Andalus.

Taman baca ini berlokasi di RW 04 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Lokasinya pun sangat dekat dengan rumah para warga sehingga aksesnya mudah untuk anak-anak datang dan mengeksplorasi buku-buku yang menjadi koleksi Taman Baca Andalus.

Komunitas Depok Banget Resmikan Taman Baca Andalus

“Taman Baca Andalus bisa jadi pusat peradaban keilmuan melalui kepustakaan sederhana. Selain bisa menjadi tempat anak-anak belajar. Namun, masih diberi pendampingan secara akademis dengan mengadakan les mata pelajaran sekolah,” ujar Ketua Komunitas Depok Banget Alfian Tegar Prakasa, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (10/3/2020).

[Baca Juga: Bima Arya Resmikan Taman Baca Kenanga di Kelurahan Babakan Pasar]

Menariknya di taman bacaan ini, komunitas yang diresmikan pada pertengahan tahun 2019 ini juga berusaha memberdayakan masyarakat. Pasalnya, Komunitas Depok Banget akan juga menggelar program mengenai wirausaha. Dengan pesertanya akan diberikan bekal pendampingan ilmu mengenai bisnis sampai dibantu untuk mencari pendanaan jika memang memiliki dorongan dalam membangun usahanya sendiri.

Pada peresmian Taman Baca Andalus, turut hadir juga Bunda Literasi Kota Depok sekaligus istri dari Wali Kota Depok Elly Farida. Ia memberikan apresiasinya terhadap gagasan Komunitas Depok Banget yang akhirnya memicu berdirinya tempat ini. Menurutnya ini sangat tepat dalam meningkatkan minat baca anak-anak.

[Baca Juga: Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung]

Selain itu, senada dengan keinginan Komunitas Depok Banget, Elly juga berharap di sana nantinya akan digelar beragam kegiatan yang bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak. Sehingga tak heran bila Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok itu pun ingin agar konsep taman baca seperti ini bisa juga dilakukan di kawasan lain di Kota Belimbing.

Apresiasi juga turut disampaikan Lurah Pondok Jaya Mulyadi. “Kita menyambut baik para anak muda yang peduli dengan lingkungan. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu upaya peningkatan pengetahuan dan kesejahteraan warga,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.