Komunitas Film Pendek Jakarta Berawal dari Bee Talk

Hobi dan Hiburan

Komunitas Film Pendek Jakarta Berawal dari Bee Talk

Sinematografi merupakan hal-hal yang berkenaan dengan pembuatan film. Dari mulai proses syuting, pengambilan gambar, pengarahan akting, hingga penyuntingan agar bisa menghasilkan sebuah karya film. Dari rasa cinta dengan sinematografi inilah yang memicu beberapa orang di Jakarta untuk sepakat mendirikan sebuah komunitas. Dengan nama Komunitas Film Pendek Jakarta, para anggotanya pun berkumpul untuk menuangkan kreativitas mereka di dunia sinematografi.

Berdirinya Komunitas Film Pendek Jakarta tidak bisa dilepaskan oleh peran aplikasi BeeTalk yang membuat para founder-nya dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya sekira empat tahun yang lalu. Dengan BeeTalk, para founder komunitas ini pun bersepakat untuk menggelar kopi darat atau kopdar.

Komunitas Film Pendek Jakarta Berawal dari Bee Talk

“Di sana ada grup yang namanya Sinematografi Jakarta, kemudian orang-orangnya sudah tidak ada yang aktif dan saya coba mengusulkan ke beberapa anggotanya untuk kita berkumpul dan membuat satu komunitas lagi,” ucap salah satu founder Komunitas Film Pendek Jakarta Muchamad Rizki Adam kepada pingpoint.co.id di Kebon Sirih, Menteng Jakarta Pusat (19/6/2019).

[Baca Juga: Sekilas Perjalanan Karir Sutradara Film Anggy Umbara]

Kala itu pria yang akrab disapa Chocho tersebut bertemu dengan Kemal Fuadi, Alfarozi, dan Miko. Mereka pun bersepakat untuk mendirikan komunitas yang kelak menjadi cikal bakal Komunitas Film Pendek Jakarta, yakni Red Dot Cinema. Saat itu pada 3 Maret 2015, fokus dari komunitas ini adalah metode sinematografi. Namun muncul usulan agar komunitas ini meluaskan cakupan fokusnya.

“Kenapa kita enggak sekalian film (fokusnya-red) saja, film kan mencakup semua dari seni visual, seni artistik, dan lainnya. Kita akhirnya sepakat membuat Komunitas Film Pendek Jakarta tapi bukan berarti komunitas ini terbatas punya Jakarta. Hanya saja, komunitas ini memang berdomisili di Jakarta,” tutur Muchamad.

Komunitas Film Pendek Jakarta Berawal dari Bee Talk

[Baca Juga: Cerita Joko Anwar dan Pemain Saat Bergabung di Film Gundala]

Komunitas Film Pendek Jakarta saat ini memiliki sekira 22 anggota yang aktif dalam kegiatan di komunitas tersebut. Kegiatan di dalam komunitas ini dibagi menjadi dua yang mencakup antara edukasi serta kreativitas para anggotanya dalam pembuatan film pendek. Edukasi biasanya dilakukan melalui workshop yang di mana komunitas ini mengundang orang-orang yang menggeluti dunia sinematografi atau sekadar saling berbagi pengetahuan antar anggota komunitas. Sedangkan kreativitas dieksekusi dengan kegiatan pembuatan karya bersama-sama.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.