Komunitas Folkamom Gelar Kegiatan Workshop dan Bazaar

Berita Kawasan

Komunitas Folkamom Gelar Kegiatan Workshop dan Bazaar

Ketika perempuan mengemban status sebagai ibu, pada awalnya mereka tidak selalu siap untuk menghadapi tantangan yang ada di depan matanya. Dari mulai mengurus rumah, suami, hingga buah hati dan tantangan ini semakin berat bila si ibu muda tersebut di sisi lain juga bekerja di kantor. Dengan tujuan menggandeng para ibu muda ini, komunitas Folkamom pun menggelar kegiatan Pesta Folkamom Episode 1 yang berisi acara bazar serta workshop.

Kegiatan ini merupakan kali pertamanya digelar oleh komunitas Folkamom dengan target pesertanya merupakan ibu-ibu muda. Sekadar informasi, Folkamom merupakan komunitas yang dibentuk pada Maret 2019 oleh Sara Tobing, Ariyani Sukma, dan Pipit.

Komunitas Folkamom Gelar Kegiatan Workshop dan Bazaar

“Folkamom ini adalah wadah yang basic-nya berdiri dari Folkaland dengan bazaar yang isinya itu home décor, art, dan crafty yang ditujukan untuk dukung brand lokal, para kreator lokal. Kenapa kita membuat Folkamom, karena kita menyadari bahwa awalnya kalau kita membicarakan home décor, art, sebenarnya kan mayoritas perempuan (konsumennya),” jelas co-founder Folkamom Ariyani Sukma kepada PingPoint.co.id pada Pesta Folkamom Episode 1 di Kembang Kencur, Jalan Pejaten Barat No.16A, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (4/8/2019).

[Baca Juga: V Radio Ajak Ibu-ibu Masak Bareng Ferry Farhati di Taman Suropati]

Setelah menyelaraskan konsep antara Folkaland dan Folkamom, para co-founder dari komunitas ini pun mulai memfokuskan visi dan misinya untuk para ibu muda yang tergabung dalam Folkamom. Di mana semenjak berdiri, Folkamom sudah memiliki anggota berjumlah sekitar 150-an orang.

“Kita melihat sebenarnya menjadi ibu itu kebutuhannya sangat besar, termasuk kebutuhan dimengerti, didengar, oleh karena itu kita membuat wadah Folkamom ini. Misinya, kita ingin menemani setiap langkah ibu-ibu dalam perjalanan hidupnya sebagai ibu, kita ingin menjadi teman mereka yang memberikan informasi mengenai parenting dan diri sendiri,” ucap perempuan yang akrab disapa Arin itu.

Komunitas Folkamom Gelar Kegiatan Workshop dan Bazaar

Walaupun sebelumnya, komunitas Folkamom sudah menggelar seminar dan workshop, Pesta Folkamom Episode 1 merupakan yang kegiatan yang perdana dalam skala yang lebih besar dari segi peserta bazaar dan pengunjungnya. “Kita target pengunjungnya untuk event ini adalah ibu-ibu muda, mungkin dari umur 25 tahun sampai 35 tahun,” tutur Ariyani Sukma.

Dalam Pesta Folkamom Episode 1, komunitas Folkamom mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk para ibu-ibu muda. Ada kelas yoga yang dimulai pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjutkan workshop Montessori hingga pukul 12.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan kelas mengenai perencanaan keuangan keluarga yang dimulai pukul 13.00 WIB, dan terakhir ada kelas DIY yang diadakan hingga pukul 18.00 WIB.

[Baca Juga: Living Loving Studio Craft Center Acuan Ibu-ibu di Jakarta]

Menariknya, karena memang digelar pada akhir pekan, mayoritas ibu-ibu muda yang mengunjungi acara ini turut membawa suami serta buah hati mereka. Oleh karena itulah komunitas Folkamom sudah menyediakan lokasi bermain untuk anak-anak dan si ayah dapat menikmati waktu berkualitas ketika para ibu sedang mengikuti workshop atau untuk menjalani me time.

“Area luarnya memang tersedia area piknik serta area bermain untuk anak dan keluarga. Jadi dari pukul 09.00-18.00 (WIB) itu acaranya untuk keluarga, sedangkan khusus untuk ibunya agar bisa me time. Jadi mereka bisa terus mengedukasi diri dan memberi value kepada dirinya melalui kelas-kelas di sini,” pungkas co-founder komunitas Folkamom tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.