Komunitas Historia Indonesia Ajak Peserta Mengenali Sejarah Kota Tangerang

Berita Kawasan

Komunitas Historia Indonesia Ajak Peserta Mengenali Sejarah Tangerang

Tangerang memiliki ceritanya sendiri, bersama Komunitas Historian Indonesia, Pingpoint.co.id mengikuti jejak-jejak sejarah yang berkembang di Tangerang satu demi satu ditelusuri bersama dengan seorang pemandu dari Komunitas Historia Indonesia bernama, Reyhan Biadillah. Dimulai dari Stasiun Tangerang, Reyhan menjelaskan tentang komoditas Tangerang terbesar ialah genteng dan bata. Saat pemerintahan Belanda, bata yang berasal dari Tangerang dikenal dengan kualitas paling bagus seantero Batavia.

Lalu yang menjadi tujuan berikutnya Masjid Agung Al-Ittihad Kota Tangerang, walaupun namanya Masjid Agung, tapi masjid ini bukanlah Masjid Agung pada umumnya karena dibangun hanya sebagai sebuah simbol kota Tangerang. “Persamaan Kota Tangerang dengan Jakarta adalah tidak pernah memiliki masjid Agung, karena memang dibangun bukan untuk pemukiman orang muslim tapi untuk orang Belanda dan Tionghoa,” singgung Rehyan.

Kenapa Disebut dengan Cina Benteng Begini Mulanya

Masjid Agung Al-Ittihad ini baru dibangun pada tahun 2001. Selain masjid, Kota Tangerang juga memiliki Pendopo, dulunya kantor Asisten Residence Tangerang. Reyhan menjelaskan, Adminsitrasi keresidenan Batavia ada 3 kabupaten, pertama Kabupaten Batavia itu sendiri, yang kedua di Jatinegara, dan di Bogor.

[Baca Juga: Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta]

Lalu, Reyhan mengajak rombongan peserta Komunitas Historia Indonesia untuk melihat Klenteng di tengah-tengah pemukiman warga Tionghoa bernama, Boen Tek Bio yang terletak di Jalan BhaktiNo.14, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang. Seperti yang dijelaskan Reyhan, Warga Tionghoa datang dan membuka komunitas di Tangerang dan salah satu simbolnya adalah rumah ibadah ini yang berdiri sekitar Tahun 1684.

Dalam konsep sebelum abad ke 19, Kelenteng Boen Tek Bio yang dibuat di tengah pemukiman warga Tionghoa untuk menyerap hawa buruk. Tidak jauh dari Kelenteng, berdiri sebuah Masjid bersejarah di Kota Tangerang, Masjid Jami’ KaliPasir. Menurut sebuah riwayat, masjid ini sudah dibangun dari Tahun 1576. “Menurut catatan paling tua, Tangerang di tahun 1500an sudah ada komunitas yang tinggal di sini,” ucap Reyhan.

[Baca Juga: Ratusan Pelajar Forum Anak Kota Tangerang Lakukan WCD 2019]

Tidak lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke sungai Cisadane. Sungai Cisadane saat direvitalisasi pada Tahun 2010, saat penggalian ditemukan bukti prasasti bahwa dulu terdapat pelabuhan atau penyeberangan sungai. Dan, prasasti tersebut bisa dilihat di Museum Benteng Heritage.

Dalam mengakhiri perjalanan, founder KHI Asep Kambali mengatakan, “Mulai sekarang, belajar sejarah, budaya, dan belajar bahasa daerahnya masing-masing supaya tidak lupa dan tidak hilang dari akar sejarahnya,” ucap Asep.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Natasya88 2 years, 4 months lalu
    Natasya88

    Banyak orang yang telah ambil Hadiah Angpao 5% Hingga meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga

  • Natasya88 2 years, 4 months lalu
    Natasya88

    Ada yang mau Kenalan sama temenku cewek ga ? Lg cari om2 katanya guys. kalu ada yang mau lsg saja ( <a href="https://dupa88.co/promotion" rel="nofollow noopener" title="Dewi Karlina">Click Disini</a> ) ya :)