Komunitas Ini Ajak Masyarakat Lebih Peduli dengan Alzheimer

Kesehatan

Komunitas Ini Ajak Masyarakat Lebih Peduli dengan Alzheimer

Bulan September lalu dirayakan sebagai bulan Alzheimer Sedunia (World Alzheimer's Month). Tiap tahunnya, penyelenggaraan ini dirayakan tiap tahunnya. Dalam perayaan tersebut, Alzheimer Indonesia (ALZI) Chapter Bogor mengajak masyarakat lintas generasi untuk lebih peduli terhadap para penderita. Alzherimer sendiri adalah penyakit otak yang diakibatkan oleh penurunan daya ingat kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang dengan umur di atas 65 tahun.

ALZI Chapter Bogor menggelar acara Intergenerational Fun Walk, Talkshow, dan Gembira Ria bersama orang dengan penderita Alzheimer yang diikuti sekitar 400 peserta di Kebun Raya Bogor, pada 29 September lalu.

Komunitas Ini Ajak Masyarakat Lebih Peduli dengan Alzheimer

Acara fun walk dibuka artis yang juga anggota DPR RI Farhan. Kemudian acara dilanjutkan dengan senam poco-poco serta sesi talk show mengenai Alzheimer yang diisi beberapa narasumber, mulai dari dr.Yuniar dari RS Marzuki Mahdi dengan tema pembicaraan Perubahan Perilaku Yang Diidap Penderita Demensia Alzheimer. Lalu ada perbincangan dengan dr.Paulin dari RS Bogor Senior Hospital dengan topik Jangan Anggap Sepele Pikun.

Melansir dari kotabogor.go.id (2/10/2019) Ketua Panitia Bulan Alzheimer Sedunia Reka mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dengan bertujuan untuk mengkampanyekan penyakit Demensia atau Alzheimer. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai penyakit otak ini.

[Baca Juga: Inilah 11 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak]

"Ada yang tahu mengenai Alzheimer, tapi mereka masih enggan untuk menceritakan ataupun melaporkan tentang penyakitnya. Karena memang kebanyakan orang, khususnya anak yang mempunyai orangtua dengan Alzheimer menganggap, penyakit adalah hal yang tabu atau memalukan," ujar Reka.

Reka melanjutkan, ciri-ciri orang yang mengidap Alzheimer biasanya memiliki perubahan perilaku atau mood yang tidak stabil. Bahkan, masih banyak yang menganggap penderita Alzheimer terlihat seperti orang stres. Menurut Reka, itulah anggapan dari masyarakat luas mengenai penderita Alzheimer.

Oleh karena itu, sangat penting memberikan edukasi mengenai penyakit yang satu ini kepada masyarakat. Agar masyarakat paham betul dan tau cara mendampingi serta melayani para penderita Demensia Alzheimer.

[Baca Juga: Sering Lupa? Coba Ikut Kursus Merajut di Jakarta]

"Kita juga sering mengundang pihak keluarga dari penderita Alzheimer, seperti anaknya untuk mengikuti kelas sharing pengalaman dia menjadi seorang caregiver (orang yang merawat penderita Alzheimer). Selain itu, kita juga sering mengundang dokter dan ahli untuk sesi konsultasi," kata Reka.

Dia berharap masyarakat Bogor lebih mengetahui dan peduli tentang penyakit ini, walaupun tidak memiliki keluarga yang mengidap Alzheimer. Kepedulian dibutuhkan untuk para penderita Alzheimer. Ia juga berharap komunitas Alzheimernya dapat terus berkampanye, mengubah presepsi masyarakat, dan mendapatkan dukungan dari pemerintah.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.