MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-02.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil

Umumnya masyarakat Indonesia cenderung takut atau memiliki rasa jijik ketika melihat hewan berjenis reptil. Acap kali hal ini berakhir dengan respons negatif terhadap hewan tersebut seperti dilukai hingga dibunuh. Karena itulah terdapat komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur yang berusaha melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai hewan reptil. Nama komunitas tersebut adalah ‘Debar’.

Debar sebenarnya memiliki singkatan Dekat Bareng Reptile dan komunitas ini tidak pernah lelah melakukan sosialisasi mengenai reptil yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dari mulai berbagai kampus-kampus sampai car free day, anggota komunitas ini kerap datang dan membawa hewan kesayangan mereka sembari mengenalkannya kepada publik.

Sebelum resmi bernama Debar, komunitas ini sebenarnya memiliki nama lain yang sesuai dengan base camp mereka yakni Reptil Gang Subuh. Nama ini menggambarkan para anggota komunitasnya yang terdiri dari para warga Gang Subuh yang berlokasi di Cipinang Jakarta Timur.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-03.jpg

Lambat laun, para anggota komunitas ini pun semakin bertambah dan berasal dari kawasan Jabodetabek. Karena itulah, nama Reptil Gang Subuh tampak sudah tidak cocok lagi dan pada 2013, komunitas Debar pun resmi didirikan. Selain menjadi tempat untuk saling sharing masalah hewan peliharaan, waktu luang para anggota komunitas ini pun dimanfaatkan untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai seluk-beluk reptil.

“Selama ini anggapan orang kalau reptil itu jijik, kotor dan galak. Kami ingin mengubah paradigma itu kalau reptil juga bisa bersahabat dengan manusia seperti anjing atau kucing. Tapi di komunitas ini kami tidak menyebut reptil sebagai hewan jinak, hanya terbiasa untuk dipegang saja,” jelas Novandry Dwi Saputra selaku pendiri komunitas Debar, sebagaimana dikutip dari beritasatu.com.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-01.jpg

Semenjak 2014, komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur ini selalu terlihat di acara car free day. Dengan membawa ular, iguana, biawak dan lain-lain, para anggota komunitas ini mendekatkan hewan-hewan tersebut kepada masyarakat. Karena dengan cara ini setidaknya warga DKI Jakarta dan sekitarnya bisa melihat bahwa mereka dapat melakukan kontak dengan menyentuh hewan-hewan reptil tanpa perlu takut atau pun jijik.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM.jpg

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.