MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-02.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil

Umumnya masyarakat Indonesia cenderung takut atau memiliki rasa jijik ketika melihat hewan berjenis reptil. Acap kali hal ini berakhir dengan respons negatif terhadap hewan tersebut seperti dilukai hingga dibunuh. Karena itulah terdapat komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur yang berusaha melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai hewan reptil. Nama komunitas tersebut adalah ‘Debar’.

Debar sebenarnya memiliki singkatan Dekat Bareng Reptile dan komunitas ini tidak pernah lelah melakukan sosialisasi mengenai reptil yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dari mulai berbagai kampus-kampus sampai car free day, anggota komunitas ini kerap datang dan membawa hewan kesayangan mereka sembari mengenalkannya kepada publik.

Sebelum resmi bernama Debar, komunitas ini sebenarnya memiliki nama lain yang sesuai dengan base camp mereka yakni Reptil Gang Subuh. Nama ini menggambarkan para anggota komunitasnya yang terdiri dari para warga Gang Subuh yang berlokasi di Cipinang Jakarta Timur.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-03.jpg

Lambat laun, para anggota komunitas ini pun semakin bertambah dan berasal dari kawasan Jabodetabek. Karena itulah, nama Reptil Gang Subuh tampak sudah tidak cocok lagi dan pada 2013, komunitas Debar pun resmi didirikan. Selain menjadi tempat untuk saling sharing masalah hewan peliharaan, waktu luang para anggota komunitas ini pun dimanfaatkan untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai seluk-beluk reptil.

“Selama ini anggapan orang kalau reptil itu jijik, kotor dan galak. Kami ingin mengubah paradigma itu kalau reptil juga bisa bersahabat dengan manusia seperti anjing atau kucing. Tapi di komunitas ini kami tidak menyebut reptil sebagai hewan jinak, hanya terbiasa untuk dipegang saja,” jelas Novandry Dwi Saputra selaku pendiri komunitas Debar, sebagaimana dikutip dari beritasatu.com.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-01.jpg

Semenjak 2014, komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur ini selalu terlihat di acara car free day. Dengan membawa ular, iguana, biawak dan lain-lain, para anggota komunitas ini mendekatkan hewan-hewan tersebut kepada masyarakat. Karena dengan cara ini setidaknya warga DKI Jakarta dan sekitarnya bisa melihat bahwa mereka dapat melakukan kontak dengan menyentuh hewan-hewan reptil tanpa perlu takut atau pun jijik.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.