MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-02.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil

Umumnya masyarakat Indonesia cenderung takut atau memiliki rasa jijik ketika melihat hewan berjenis reptil. Acap kali hal ini berakhir dengan respons negatif terhadap hewan tersebut seperti dilukai hingga dibunuh. Karena itulah terdapat komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur yang berusaha melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai hewan reptil. Nama komunitas tersebut adalah ‘Debar’.

Debar sebenarnya memiliki singkatan Dekat Bareng Reptile dan komunitas ini tidak pernah lelah melakukan sosialisasi mengenai reptil yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dari mulai berbagai kampus-kampus sampai car free day, anggota komunitas ini kerap datang dan membawa hewan kesayangan mereka sembari mengenalkannya kepada publik.

Sebelum resmi bernama Debar, komunitas ini sebenarnya memiliki nama lain yang sesuai dengan base camp mereka yakni Reptil Gang Subuh. Nama ini menggambarkan para anggota komunitasnya yang terdiri dari para warga Gang Subuh yang berlokasi di Cipinang Jakarta Timur.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-03.jpg

Lambat laun, para anggota komunitas ini pun semakin bertambah dan berasal dari kawasan Jabodetabek. Karena itulah, nama Reptil Gang Subuh tampak sudah tidak cocok lagi dan pada 2013, komunitas Debar pun resmi didirikan. Selain menjadi tempat untuk saling sharing masalah hewan peliharaan, waktu luang para anggota komunitas ini pun dimanfaatkan untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai seluk-beluk reptil.

“Selama ini anggapan orang kalau reptil itu jijik, kotor dan galak. Kami ingin mengubah paradigma itu kalau reptil juga bisa bersahabat dengan manusia seperti anjing atau kucing. Tapi di komunitas ini kami tidak menyebut reptil sebagai hewan jinak, hanya terbiasa untuk dipegang saja,” jelas Novandry Dwi Saputra selaku pendiri komunitas Debar, sebagaimana dikutip dari beritasatu.com.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-01.jpg

Semenjak 2014, komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur ini selalu terlihat di acara car free day. Dengan membawa ular, iguana, biawak dan lain-lain, para anggota komunitas ini mendekatkan hewan-hewan tersebut kepada masyarakat. Karena dengan cara ini setidaknya warga DKI Jakarta dan sekitarnya bisa melihat bahwa mereka dapat melakukan kontak dengan menyentuh hewan-hewan reptil tanpa perlu takut atau pun jijik.

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.