MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-02.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil

Umumnya masyarakat Indonesia cenderung takut atau memiliki rasa jijik ketika melihat hewan berjenis reptil. Acap kali hal ini berakhir dengan respons negatif terhadap hewan tersebut seperti dilukai hingga dibunuh. Karena itulah terdapat komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur yang berusaha melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai hewan reptil. Nama komunitas tersebut adalah ‘Debar’.

Debar sebenarnya memiliki singkatan Dekat Bareng Reptile dan komunitas ini tidak pernah lelah melakukan sosialisasi mengenai reptil yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dari mulai berbagai kampus-kampus sampai car free day, anggota komunitas ini kerap datang dan membawa hewan kesayangan mereka sembari mengenalkannya kepada publik.

Sebelum resmi bernama Debar, komunitas ini sebenarnya memiliki nama lain yang sesuai dengan base camp mereka yakni Reptil Gang Subuh. Nama ini menggambarkan para anggota komunitasnya yang terdiri dari para warga Gang Subuh yang berlokasi di Cipinang Jakarta Timur.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-03.jpg

Lambat laun, para anggota komunitas ini pun semakin bertambah dan berasal dari kawasan Jabodetabek. Karena itulah, nama Reptil Gang Subuh tampak sudah tidak cocok lagi dan pada 2013, komunitas Debar pun resmi didirikan. Selain menjadi tempat untuk saling sharing masalah hewan peliharaan, waktu luang para anggota komunitas ini pun dimanfaatkan untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat mengenai seluk-beluk reptil.

“Selama ini anggapan orang kalau reptil itu jijik, kotor dan galak. Kami ingin mengubah paradigma itu kalau reptil juga bisa bersahabat dengan manusia seperti anjing atau kucing. Tapi di komunitas ini kami tidak menyebut reptil sebagai hewan jinak, hanya terbiasa untuk dipegang saja,” jelas Novandry Dwi Saputra selaku pendiri komunitas Debar, sebagaimana dikutip dari beritasatu.com.

MATRAMAN_KAWASAN_KOMUNITAS INI EDUKASI MASYARAKAT MENGENAI HEWAN REPTIL_EMIL_1100 X 600 px_-01.jpg

Semenjak 2014, komunitas yang memiliki base camp di Cipinang Jakarta Timur ini selalu terlihat di acara car free day. Dengan membawa ular, iguana, biawak dan lain-lain, para anggota komunitas ini mendekatkan hewan-hewan tersebut kepada masyarakat. Karena dengan cara ini setidaknya warga DKI Jakarta dan sekitarnya bisa melihat bahwa mereka dapat melakukan kontak dengan menyentuh hewan-hewan reptil tanpa perlu takut atau pun jijik.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.