Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Berita Kawasan

Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Kepulauan Seribu memiliki sebuah komunitas dan organisasi sosial non profit yang dibentuk untuk mendukung pendidikan, lingkungan, pariwisata dan sosial preneur di kawasan tersebut yang bernama Jejak Seribu. Komunitas ini sudah dibentuk pada tanggal 5 Maret 2016 dengan fokus pada program berkelanjutan dengan melibatkan pemuda dan masyarakat demi kehidupan yang lebih baik di Kepulauan Seribu sebagaimana tertulis pada laman jejakseribu.com (26/4/2019).

Komunitas Jejak Seribu memiliki program edukasi di lima pulau di Kepulauan Seribu, salah satunya yang berlangsung pada 27 April 2019 di Pulau Tidung yang dinamakan Festival Pulau Bercerita. Festival ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya pelajar melalui pendidikan literasi dan digital story telling, serta menjadi wadah bagi para pelajar untuk berekspresi dan mengembangkan prestasi di berbagai bidang.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Acara yang bisa meningkatkan minat baca dan menghidupkan kembali kampung literasi di Pulau tidung ini digelar di area Jembatan Cinta. Festival ini diisi dengan ragam kegiatan menarik, seperti lomba pelajar, penampilan seni dan budaya, talkshow dan pameran karya pelajar. Ada pun jenis lomba yang diadakan, antara lain lomba menggambar untuk tingkat SD/MI, lomba cerita inspiratif untuk tingkat SMP/MTs, dan lomba video edukatif untuk tingkat SMA/SMK/MA yang dikutip dari jejakseribu.com (26/4/2019).

Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Ketua Komunitas Jejak Seribu Andi Hakim menuturkan, Festival Pulau Bercerita ini diikuti 200 orang peserta mulai dari pelajar, remaja, perwakilan pemerintah, dan masyarakat umum. Dia melanjutkan, kegiatan ini juga digelar sebagai forum bersama masyarakat pulau untuk berbagi cerita secara langsung maupun via gambar, teks dan video dengan tujuan untuk mendorong visi Kepulauan Seribu. Selain itu, Acara ini juga sekaligus memberikan hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

“Diharapkan kedepan generasi muda Pulau Seribu terus berkembang dan membangun masyarakatnya sesuai bidang dan keahlian masing-masing," ungkapnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (26/4/2019).

Lurah Pulau Tidung Cecep Suryadi mengutarakan, pihaknya mengapresiasi upaya anak-anak muda Pulau Tidung yang terus menghidupkan kampung literasi Pulau Tidung dengan berbagai kegiatan menarik. "Saya mengapresiasi kegiatan positif ini, apalagi dilakukan saat akhir pekan bersamaan dengan kunjungan wisatawan ke Pulau Tidung," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.