Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Berita Kawasan

Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Kepulauan Seribu memiliki sebuah komunitas dan organisasi sosial non profit yang dibentuk untuk mendukung pendidikan, lingkungan, pariwisata dan sosial preneur di kawasan tersebut yang bernama Jejak Seribu. Komunitas ini sudah dibentuk pada tanggal 5 Maret 2016 dengan fokus pada program berkelanjutan dengan melibatkan pemuda dan masyarakat demi kehidupan yang lebih baik di Kepulauan Seribu sebagaimana tertulis pada laman jejakseribu.com (26/4/2019).

Komunitas Jejak Seribu memiliki program edukasi di lima pulau di Kepulauan Seribu, salah satunya yang berlangsung pada 27 April 2019 di Pulau Tidung yang dinamakan Festival Pulau Bercerita. Festival ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya pelajar melalui pendidikan literasi dan digital story telling, serta menjadi wadah bagi para pelajar untuk berekspresi dan mengembangkan prestasi di berbagai bidang.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Acara yang bisa meningkatkan minat baca dan menghidupkan kembali kampung literasi di Pulau tidung ini digelar di area Jembatan Cinta. Festival ini diisi dengan ragam kegiatan menarik, seperti lomba pelajar, penampilan seni dan budaya, talkshow dan pameran karya pelajar. Ada pun jenis lomba yang diadakan, antara lain lomba menggambar untuk tingkat SD/MI, lomba cerita inspiratif untuk tingkat SMP/MTs, dan lomba video edukatif untuk tingkat SMA/SMK/MA yang dikutip dari jejakseribu.com (26/4/2019).

Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Ketua Komunitas Jejak Seribu Andi Hakim menuturkan, Festival Pulau Bercerita ini diikuti 200 orang peserta mulai dari pelajar, remaja, perwakilan pemerintah, dan masyarakat umum. Dia melanjutkan, kegiatan ini juga digelar sebagai forum bersama masyarakat pulau untuk berbagi cerita secara langsung maupun via gambar, teks dan video dengan tujuan untuk mendorong visi Kepulauan Seribu. Selain itu, Acara ini juga sekaligus memberikan hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

“Diharapkan kedepan generasi muda Pulau Seribu terus berkembang dan membangun masyarakatnya sesuai bidang dan keahlian masing-masing," ungkapnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (26/4/2019).

Lurah Pulau Tidung Cecep Suryadi mengutarakan, pihaknya mengapresiasi upaya anak-anak muda Pulau Tidung yang terus menghidupkan kampung literasi Pulau Tidung dengan berbagai kegiatan menarik. "Saya mengapresiasi kegiatan positif ini, apalagi dilakukan saat akhir pekan bersamaan dengan kunjungan wisatawan ke Pulau Tidung," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.