Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Berita Kawasan

Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Kepulauan Seribu memiliki sebuah komunitas dan organisasi sosial non profit yang dibentuk untuk mendukung pendidikan, lingkungan, pariwisata dan sosial preneur di kawasan tersebut yang bernama Jejak Seribu. Komunitas ini sudah dibentuk pada tanggal 5 Maret 2016 dengan fokus pada program berkelanjutan dengan melibatkan pemuda dan masyarakat demi kehidupan yang lebih baik di Kepulauan Seribu sebagaimana tertulis pada laman jejakseribu.com (26/4/2019).

Komunitas Jejak Seribu memiliki program edukasi di lima pulau di Kepulauan Seribu, salah satunya yang berlangsung pada 27 April 2019 di Pulau Tidung yang dinamakan Festival Pulau Bercerita. Festival ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya pelajar melalui pendidikan literasi dan digital story telling, serta menjadi wadah bagi para pelajar untuk berekspresi dan mengembangkan prestasi di berbagai bidang.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Acara yang bisa meningkatkan minat baca dan menghidupkan kembali kampung literasi di Pulau tidung ini digelar di area Jembatan Cinta. Festival ini diisi dengan ragam kegiatan menarik, seperti lomba pelajar, penampilan seni dan budaya, talkshow dan pameran karya pelajar. Ada pun jenis lomba yang diadakan, antara lain lomba menggambar untuk tingkat SD/MI, lomba cerita inspiratif untuk tingkat SMP/MTs, dan lomba video edukatif untuk tingkat SMA/SMK/MA yang dikutip dari jejakseribu.com (26/4/2019).

Komunitas Jejak Seribu Gelar Festival Pulau Bercerita di Pulau Tidung

Ketua Komunitas Jejak Seribu Andi Hakim menuturkan, Festival Pulau Bercerita ini diikuti 200 orang peserta mulai dari pelajar, remaja, perwakilan pemerintah, dan masyarakat umum. Dia melanjutkan, kegiatan ini juga digelar sebagai forum bersama masyarakat pulau untuk berbagi cerita secara langsung maupun via gambar, teks dan video dengan tujuan untuk mendorong visi Kepulauan Seribu. Selain itu, Acara ini juga sekaligus memberikan hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

“Diharapkan kedepan generasi muda Pulau Seribu terus berkembang dan membangun masyarakatnya sesuai bidang dan keahlian masing-masing," ungkapnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (26/4/2019).

Lurah Pulau Tidung Cecep Suryadi mengutarakan, pihaknya mengapresiasi upaya anak-anak muda Pulau Tidung yang terus menghidupkan kampung literasi Pulau Tidung dengan berbagai kegiatan menarik. "Saya mengapresiasi kegiatan positif ini, apalagi dilakukan saat akhir pekan bersamaan dengan kunjungan wisatawan ke Pulau Tidung," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.