ANCOL_KAWASAN_KOMUNITAS JENDELA JAKARTA BANTU ANAK IBU KOTA UNTUK MEMBACA_EMIL_1100 X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Jendela Jakarta Bantu Anak Ibu Kota untuk Membaca

Komunitas Jendela merupakan salah satu komunitas di Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan dan salah satu cabangnya berada di kawasan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tujuan utama dari para relawan yang bergabung di komunitas ini adalah untuk mengembangkan minat baca anak-anak, khususnya yang masuk dalam golongan tidak mampu.

Dengan nama Komunitas Jendela Jakarta, komunitas ini memiliki perpustakaan yang menjadi pusat kegiatan pendidikannya. Ada Perpustakaan Manggarai yang berada di Manggarai Utara Jakarta Selatan, ada Perpustakaan Sungai Bambu di RPTRA Sungai Bambu, Jalan Jati, Tanjung Priok Jakarta Utara dan Perpustakaan Serpong yang berlokasi di Taman Rekreasi, Desa Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

[Baca Juga: Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Komunitas Jendela Tanjung Priok Jakarta

Walau para anggotanya merupakan para relawan namun mereka tetap beraktivitas dengan semangat di berbagai program guna membantu anak-anak Ibu Kota untuk membaca. Berikut ini beberapa program yang kerap diadakan oleh para anggota Komunitas Jendela Jakarta, sebagaimana dilansir dari komunitasjendela.org (25/10/2018):

  • Program reguler merupakan kegiatan yang diadakan setiap weekend dan memiliki konsep serupa dengan sekolah di mana anak-anak akan mendapatkan beragam materi pelajaran.
  • Program kakak baca merupakan kegiatan dari para anggota Komunitas Jendela Jakarta yang mendorong untuk meningkatkan minat baca anak-anak yang belajar di komunitas ini.
  • Program tahsin merupakan kegiatan religius yang ada di Komunitas Jendela Jakarta. Kegiatan yang diadakan tiga hari dalam sepekan ini terdiri dari belajar membaca Iqra serta Al-Quran, praktek salat sampai mempelajari para tokoh-tokoh dan sejarah Islam.
  • Program praktikum, layaknya kegiatan praktek di sekolah, Komunitas Jendela Jakarta juga memiliki program yang bersifat rekreatif tapi edukatif. Di sini para relawan akan mengadakan percobaan sains yang melibatkan anak-anak yang belajar di komunitas ini. Program ini diadakan dua bulan sekali.
  • Program One Day Trip merupakan realisasi dari kegiatan edukatif sembari tamasya dari pihak Komunitas Jendela Jakarta. Program yang diadakan dua bulan sekali ini biasanya dilakukan dengan cara mengajak anak-anak yang belajar di komunitas ini ke lokasi bersejarah yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya.
  • Program kakak asuh merupakan program beasiswa pendidikan yang ditujukan untuk memberikan uluran tangan terhadap anak-anak yang belajar di komunitas ini.
  • Program cooking day, serupa dengan program praktikum, program ini digelar agar anak-anak yang belajar di komunitas ini diajak berkarya dengan cara membuat masakan bersama para anggota Komunitas Jendela Jakarta.

[Baca Juga: Rumah Belajar Tanah Abang untuk Kejar Paket C]

Baru-baru ini para anggota Komunitas Jendela Jakarta menggelar program mingguannya yang beragam di setiap perpustakaannya. Salah satunya adalah yang di perpustakaan Sungai Bambu Tanjung Priok Jakarta Utara. Di mana para anggota Komunitas Jendela Jakarta mengajak anak-anak untuk belajar menggambar, mewarnai serta kegiatan olahraga futsal.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.