ANCOL_KAWASAN_KOMUNITAS JENDELA JAKARTA BANTU ANAK IBU KOTA UNTUK MEMBACA_EMIL_1100 X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Jendela Jakarta Bantu Anak Ibu Kota untuk Membaca

Komunitas Jendela merupakan salah satu komunitas di Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan dan salah satu cabangnya berada di kawasan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tujuan utama dari para relawan yang bergabung di komunitas ini adalah untuk mengembangkan minat baca anak-anak, khususnya yang masuk dalam golongan tidak mampu.

Dengan nama Komunitas Jendela Jakarta, komunitas ini memiliki perpustakaan yang menjadi pusat kegiatan pendidikannya. Ada Perpustakaan Manggarai yang berada di Manggarai Utara Jakarta Selatan, ada Perpustakaan Sungai Bambu di RPTRA Sungai Bambu, Jalan Jati, Tanjung Priok Jakarta Utara dan Perpustakaan Serpong yang berlokasi di Taman Rekreasi, Desa Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

[Baca Juga: Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Komunitas Jendela Tanjung Priok Jakarta

Walau para anggotanya merupakan para relawan namun mereka tetap beraktivitas dengan semangat di berbagai program guna membantu anak-anak Ibu Kota untuk membaca. Berikut ini beberapa program yang kerap diadakan oleh para anggota Komunitas Jendela Jakarta, sebagaimana dilansir dari komunitasjendela.org (25/10/2018):

  • Program reguler merupakan kegiatan yang diadakan setiap weekend dan memiliki konsep serupa dengan sekolah di mana anak-anak akan mendapatkan beragam materi pelajaran.
  • Program kakak baca merupakan kegiatan dari para anggota Komunitas Jendela Jakarta yang mendorong untuk meningkatkan minat baca anak-anak yang belajar di komunitas ini.
  • Program tahsin merupakan kegiatan religius yang ada di Komunitas Jendela Jakarta. Kegiatan yang diadakan tiga hari dalam sepekan ini terdiri dari belajar membaca Iqra serta Al-Quran, praktek salat sampai mempelajari para tokoh-tokoh dan sejarah Islam.
  • Program praktikum, layaknya kegiatan praktek di sekolah, Komunitas Jendela Jakarta juga memiliki program yang bersifat rekreatif tapi edukatif. Di sini para relawan akan mengadakan percobaan sains yang melibatkan anak-anak yang belajar di komunitas ini. Program ini diadakan dua bulan sekali.
  • Program One Day Trip merupakan realisasi dari kegiatan edukatif sembari tamasya dari pihak Komunitas Jendela Jakarta. Program yang diadakan dua bulan sekali ini biasanya dilakukan dengan cara mengajak anak-anak yang belajar di komunitas ini ke lokasi bersejarah yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya.
  • Program kakak asuh merupakan program beasiswa pendidikan yang ditujukan untuk memberikan uluran tangan terhadap anak-anak yang belajar di komunitas ini.
  • Program cooking day, serupa dengan program praktikum, program ini digelar agar anak-anak yang belajar di komunitas ini diajak berkarya dengan cara membuat masakan bersama para anggota Komunitas Jendela Jakarta.

[Baca Juga: Rumah Belajar Tanah Abang untuk Kejar Paket C]

Baru-baru ini para anggota Komunitas Jendela Jakarta menggelar program mingguannya yang beragam di setiap perpustakaannya. Salah satunya adalah yang di perpustakaan Sungai Bambu Tanjung Priok Jakarta Utara. Di mana para anggota Komunitas Jendela Jakarta mengajak anak-anak untuk belajar menggambar, mewarnai serta kegiatan olahraga futsal.

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.