IMG_23112021_120759_(1100_x_600_piksel).jpg

Kesehatan

Komunitas Kampung Djarum Peduli, Gelar Vaksinasi di Desa

Antusias masyarakat untuk divaksin, mendorong berbagai elemen untuk ikut terlibat menyukseskan program vaksinasi massal.

Keikutsertaan elemen masyarakat, perusahaan dan lembaga-lembaga yang ada tidak terlepas dari tujuan untuk mendorong percepatan kekebalan tubuh (herd immunity) masyarakat.

Di samping itu juga karena sampai saat ini jumlah masyarakat yang divaksin belum mencapai 70 persen sebagaimana target minimal pemerintah.

Di sinilah Komunitas Kampung Djarum mengambil peran. Komunitas Kampung Djarum mengadakan kegiatan vaksinasi massal berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Vaksin COVID-19 Tiba di Sumatera Utara, Pemko Medan Ikuti Rakor Persiapan Vaksinasi.jpg

Mengambil tema “Saya Sudah Vaksin”, vaksinasi massal yang digelar di Jalan Baringin Pasar 7 Tembung, Percut Sei Tuan dan disambut antusias oleh warga.

Kegiatan dilaksanakan di halaman seorang warga yang cukup luas dan ditinjau langsung oleh Kepala Desa Misman.

Putra Nasution dari Komuntas Kampung Djarum menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal ini merupakan pilot project dari agenda vaksinasi yang mereka adakan. ” Untuk Sumatera Utara, vaksinasi di Desa Tembung ini menjadi proyek pertama,” ujar Putra, Selasa (23/11/2021).

Kampung Djarum, imbuhnya, merupakan komunitas anak muda yang peduli lingkungan. Sebelum ini, kegiatan lainnya seperti gotong royong massal, gerakan penghijauan kampung dan lain-lain.

[Baca Juga: PDUI Sumut Sukseskan Vaksinasi 1.000 Dosis]

Terkait vaksinasi ini, pihaknya terdorong melakukan karena masih banyak masyarakat di desa yang belum divaksin. Maka itu, Kampung Djarum ingin membantu pemerintah dengan cara menggelar vaksinasi massal.

“Kami berkolaborsi dengan Pemerintahan Desa Tembung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dalam hal ini dengan Puskesmas Kenanga Desa Tembung,” terang Putra.

Menurut Putra, target awal mereka menyiapkan 300 dosis vaksin, tetapi melihat antusias warga yang mau divaksin maka disiapan 500 dosis.

Dia mengatakan, jika antusias masyarakat tinggi untuk vaksinasi maka Kampung Djarum selanjutnya akan mengadakan kegiatan serupa di desa lain.

”Jika antusias dan ada support dari pemerintah desa, maka kita adakan vaksinasi,” ujar Putra.

[Baca Juga: PTM Aman di Medan Jika Vaksinasi Dipercepat dan Prokes Diperketat]

Menariknya, vaksinasi massal Kampung Djarum dan Desa Tembung ini bukan hanya vaksin dosis Pertama melainkan juga menyediakan vaksinasi dosis Kedua. Adapun vaksin yang dipakai adalah Pfizer.

“Sebagian warga ada yang sudah vaksin pertama. Dengan diadakan vaksin yang kedua, dia (warga) pulang gak kecewa, tapi syaratnya harus sama dengan vaksin pertama,” alasan Putra. Tak hanya warga Desa Tembung, vaksinasi ini juga terbuka bagi masyarakat umum.

Kepada setiap peserta yang divaksin, usai vaksin pihaknya membagikan minuman susu dan kue-kue untuk menambah stamina.

Salah seorang peserta, Sri, 40 tahun yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga menyambut gembira ada vaksin di dekat rumahnya. Kebetulan dalam waktu dekat ia harus ikut majikan yang pindah tugas ke Batam. “Kalau sudah divaksin lengkap kan tenang awak mau kemana aja,” ungkapnya sumringah


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.