IMG_23112021_120759_(1100_x_600_piksel).jpg

Kesehatan

Komunitas Kampung Djarum Peduli, Gelar Vaksinasi di Desa

Antusias masyarakat untuk divaksin, mendorong berbagai elemen untuk ikut terlibat menyukseskan program vaksinasi massal.

Keikutsertaan elemen masyarakat, perusahaan dan lembaga-lembaga yang ada tidak terlepas dari tujuan untuk mendorong percepatan kekebalan tubuh (herd immunity) masyarakat.

Di samping itu juga karena sampai saat ini jumlah masyarakat yang divaksin belum mencapai 70 persen sebagaimana target minimal pemerintah.

Di sinilah Komunitas Kampung Djarum mengambil peran. Komunitas Kampung Djarum mengadakan kegiatan vaksinasi massal berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Vaksin COVID-19 Tiba di Sumatera Utara, Pemko Medan Ikuti Rakor Persiapan Vaksinasi.jpg

Mengambil tema “Saya Sudah Vaksin”, vaksinasi massal yang digelar di Jalan Baringin Pasar 7 Tembung, Percut Sei Tuan dan disambut antusias oleh warga.

Kegiatan dilaksanakan di halaman seorang warga yang cukup luas dan ditinjau langsung oleh Kepala Desa Misman.

Putra Nasution dari Komuntas Kampung Djarum menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal ini merupakan pilot project dari agenda vaksinasi yang mereka adakan. ” Untuk Sumatera Utara, vaksinasi di Desa Tembung ini menjadi proyek pertama,” ujar Putra, Selasa (23/11/2021).

Kampung Djarum, imbuhnya, merupakan komunitas anak muda yang peduli lingkungan. Sebelum ini, kegiatan lainnya seperti gotong royong massal, gerakan penghijauan kampung dan lain-lain.

[Baca Juga: PDUI Sumut Sukseskan Vaksinasi 1.000 Dosis]

Terkait vaksinasi ini, pihaknya terdorong melakukan karena masih banyak masyarakat di desa yang belum divaksin. Maka itu, Kampung Djarum ingin membantu pemerintah dengan cara menggelar vaksinasi massal.

“Kami berkolaborsi dengan Pemerintahan Desa Tembung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dalam hal ini dengan Puskesmas Kenanga Desa Tembung,” terang Putra.

Menurut Putra, target awal mereka menyiapkan 300 dosis vaksin, tetapi melihat antusias warga yang mau divaksin maka disiapan 500 dosis.

Dia mengatakan, jika antusias masyarakat tinggi untuk vaksinasi maka Kampung Djarum selanjutnya akan mengadakan kegiatan serupa di desa lain.

”Jika antusias dan ada support dari pemerintah desa, maka kita adakan vaksinasi,” ujar Putra.

[Baca Juga: PTM Aman di Medan Jika Vaksinasi Dipercepat dan Prokes Diperketat]

Menariknya, vaksinasi massal Kampung Djarum dan Desa Tembung ini bukan hanya vaksin dosis Pertama melainkan juga menyediakan vaksinasi dosis Kedua. Adapun vaksin yang dipakai adalah Pfizer.

“Sebagian warga ada yang sudah vaksin pertama. Dengan diadakan vaksin yang kedua, dia (warga) pulang gak kecewa, tapi syaratnya harus sama dengan vaksin pertama,” alasan Putra. Tak hanya warga Desa Tembung, vaksinasi ini juga terbuka bagi masyarakat umum.

Kepada setiap peserta yang divaksin, usai vaksin pihaknya membagikan minuman susu dan kue-kue untuk menambah stamina.

Salah seorang peserta, Sri, 40 tahun yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga menyambut gembira ada vaksin di dekat rumahnya. Kebetulan dalam waktu dekat ia harus ikut majikan yang pindah tugas ke Batam. “Kalau sudah divaksin lengkap kan tenang awak mau kemana aja,” ungkapnya sumringah


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.