Komunitas Kultara Travel With Purpose

Berita Kawasan

Komunitas Kultara, Travel With Purpose

Berdasarkan hobi, tentu siapa pun bisa membuat suatu hal yang positif, yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, atau masyarakat luas. Hal itulah yang dilakukan Puteri Indonesia Riau 2019 Sabrina Anggraini, dengan hobinya yang suka jalan-jalan, dia menjadi seorang travel blogger sebelum mengikuti ajang bergengsi tersebut. Selain itu, berangkat dari hobi travellingnya juga yang memotivasi Sabrina membuat sebuah komunitas bernama Kultur Nusantara (Kultara).

Kultara adalah sebuah komunitas travelling yang memiliki misi sosial sebagaimana dijelaskan Sabrina kepada tim PingPoint.co.id saat ditemui di Gowork Plaza Setiabudi. Misi sosial yang dijalankan, seperti memberdayakan komunitas lokal yang membuat sebuah desa atau kampung wisata di suatu daerah, dan mengedukasi para traveller tentang segala hal, baik sejarah hingga budaya yang ada pada destinasi yang dituju.

[Baca Juga: Gaya Hidup Ramah Lingkungan Rentique X Eureka Fashion Trunk Show]

“Singkatnya, gimana kita ajak orang jalan-jalan pake trip, tapi ada kegiatan sosial yang membantu masyarakat di destinasi wisata yang dituju. Bahkan lebih mengenal budaya yang ada disana,” ujar Sabrina.

Kultura yang sudah berjalan dua tahun ini dibentuk Sabrina karena dia mendapatkan inspirasi dari pengalaman-pengalamannya menjelajah tanah air. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata. Bahkan, desa atau kampung wisata kini sudah banyak terseba di Indonesia. Melihat banyaknya kampung wisata yang biasanya dibangun komunitas lokal, dia mengaku membuat komunitas Kultura untuk juga bisa membantu memberdayakan komunitas lokal agar mendapatkan pemasukan melalui pariwisata.

[Baca Juga: Yuk, Belajar Membuat Konten Berkualitas Bersama Beauty Blogger!]

“Orang Indonesia atau mancanegara juga lebih tau, Indonesia tuh kaya, bahkan ada budaya-budaya yang keren,” tuturnya.

Komunitas Kultura memiliki target untuk bisa menjelajah seluruh Indonesia. Namun, untuk saat ini Kultura masih menjangkau ke berbagai destinasi wisata atau pun kampung wisata yang ada di kawasan Jabodetabek. Beberapa tempat yang sudah dijelajah komunitas Kultura bersama traveller adalah Kampung Krapu, Kampung Tongkol, dan Kampung Lodan yang berada di Jakarta Utara seperti dikatakan Sabrina.

“Jadi disana kita ajak orang untuk wisata maritim. Disana juga ada Museum Bahari, dan kita ke kampung itu dipandu langsung sama warga sana. Kampung itu juga punya cerita, dulu hampir digusur karena lokasinya ada di Kali Ciliwung. Tetapi enggak jadi, karena inovasi yang dibuat warga sekitar. Itulah yang kita informasikan ke para traveller,” tandasnya.

[Baca Juga: Komunitas TGR Lestarikan Permainan Tradisional pada Hari Kartini]

Sabrina menambahkan, saat ke kampung tersebut para traveller yang ikut bersama komunitas Kultura juga melakukan kegiatan urban farming. Kegiatan sosial yang dilakukan para traveller bersama komunitas Kultura sesuai dengan tagline dari komunitas ini, yaitu Go Travel With Purpose.

Read More

Artikel Lainnya

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.

Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin.jpg

Pendidikan

Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin

04 July 2020, 19:35

Menurut penulis Manners Matter No Matter What, manners merupakan aspek yang dipupuk sedini mungkin untuk buah hati dan ini dimulai dari rumah.


Comments


Please Login to leave a comment.