Komunitas Peduli Cilwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah

Pendidikan

Komunitas Peduli Cilwung, Edukasi & Ajak Anda Bersihkan Sampah

Kondisi Sungai Ciliwung terkenal buruk. Jumlah sampah yang terkumpul pada satu tempat akibat hanyut dari jalur kali lain membangun tumpukan sampah dalam jumlah masif. Permasalahan inilah yang menjadi prioritas utama bagi Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) yang digawangi Suparno Jumar. Berdasarkan data yang PingPoint.co.id dapatkan dari hasil wawancara dengan Suparno Jumar dan anggola KPC lainnya di acara Climate Diplomacy Week pada 1 Oktober 2019, berikut beberapa gerakan peduli sampah yang dilakukan KPC pada acara tersebut.

Komunitas Peduli Ciliwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah

  • Memungut sampah

Sesuai dengan konsepnya, KPC menjadi salah satu komunitas yang berperan banyak dalam aksi pungut sampah Ciliwung. Sudah menjadi hal rutin yang dilakukan mereka setiap hari Sabtu pagi. Pemungutan sampah dilakukan secara bersama-sama. Aksi ini tidak hanya dilakukan KPC melainkan dengan komunitas lain dan masyarakat dari berbagai kalangan.

[Baca Juga: Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah]

  • Mengajarkan Cara Pemungutan Sampah

Memungut sampah di kali Ciliwiung ternyata tidak sesederhana itu. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memungut sampah. Ada pun prosedur pemungutan sampah yang disampaikan antara lain wajib menggunakan sarung tangan, sepatu khusus (tracking atau boots) agar tidak terpeleset saat memasuki sungai.

Komunitas Peduli Ciliwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah 2

  • Mengedukasi Jenis-jenis Sampah Khusus

Pada saat memungut sampah ada beberapa jenis sampah yang perlu diperhatikan. Adapun sampah yang perlu diperhatikan adalah sampah anak konda atau kumpulan sampah yang sudah teruntir menjadi satu hingga berbentuk seperti ular dan sampah yang berisi makhluk hidup seperti ikan, biawak hingga katak. Kedua sampah ini memerlukan penanganan khusus karena kondisi sampah yang sudah tidak normal atau dalam keadaan tidak biasa.

[Baca Juga: Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang di Balik Bersihnya Kali Ciliwung]

  • Memberikan Penyuluhan Tentang Sampah

Aksi pemungutan sampah tidak akan menjadi contoh yang sempurna tanpa adanya edukasi di dalamnya. Suparno Jumar (Selaku mentor KPC) menghimbau masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sungai Ciliwung. Pada sesi diskusi Climate Diplomacy Week 2019, dia menjelaskan bagaimana cara melakukan gerakan peduli sampah hingga cara pemanfaatannya.

Komunitas Peduli Cilwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah

Dalam acara Cimate Diplomacy Week 2019, Komunitas Peduli Ciliwung mengajak semua kalangan khususnya anak muda dan akademisi dari semua daerah untuk bepartisipasi. Apakah Anda tertarik, Pointers?

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.