Komunitas Peduli Cilwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah

Pendidikan

Komunitas Peduli Cilwung, Edukasi & Ajak Anda Bersihkan Sampah

Kondisi Sungai Ciliwung terkenal buruk. Jumlah sampah yang terkumpul pada satu tempat akibat hanyut dari jalur kali lain membangun tumpukan sampah dalam jumlah masif. Permasalahan inilah yang menjadi prioritas utama bagi Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) yang digawangi Suparno Jumar. Berdasarkan data yang PingPoint.co.id dapatkan dari hasil wawancara dengan Suparno Jumar dan anggola KPC lainnya di acara Climate Diplomacy Week pada 1 Oktober 2019, berikut beberapa gerakan peduli sampah yang dilakukan KPC pada acara tersebut.

Komunitas Peduli Ciliwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah

  • Memungut sampah

Sesuai dengan konsepnya, KPC menjadi salah satu komunitas yang berperan banyak dalam aksi pungut sampah Ciliwung. Sudah menjadi hal rutin yang dilakukan mereka setiap hari Sabtu pagi. Pemungutan sampah dilakukan secara bersama-sama. Aksi ini tidak hanya dilakukan KPC melainkan dengan komunitas lain dan masyarakat dari berbagai kalangan.

[Baca Juga: Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah]

  • Mengajarkan Cara Pemungutan Sampah

Memungut sampah di kali Ciliwiung ternyata tidak sesederhana itu. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memungut sampah. Ada pun prosedur pemungutan sampah yang disampaikan antara lain wajib menggunakan sarung tangan, sepatu khusus (tracking atau boots) agar tidak terpeleset saat memasuki sungai.

Komunitas Peduli Ciliwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah 2

  • Mengedukasi Jenis-jenis Sampah Khusus

Pada saat memungut sampah ada beberapa jenis sampah yang perlu diperhatikan. Adapun sampah yang perlu diperhatikan adalah sampah anak konda atau kumpulan sampah yang sudah teruntir menjadi satu hingga berbentuk seperti ular dan sampah yang berisi makhluk hidup seperti ikan, biawak hingga katak. Kedua sampah ini memerlukan penanganan khusus karena kondisi sampah yang sudah tidak normal atau dalam keadaan tidak biasa.

[Baca Juga: Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang di Balik Bersihnya Kali Ciliwung]

  • Memberikan Penyuluhan Tentang Sampah

Aksi pemungutan sampah tidak akan menjadi contoh yang sempurna tanpa adanya edukasi di dalamnya. Suparno Jumar (Selaku mentor KPC) menghimbau masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sungai Ciliwung. Pada sesi diskusi Climate Diplomacy Week 2019, dia menjelaskan bagaimana cara melakukan gerakan peduli sampah hingga cara pemanfaatannya.

Komunitas Peduli Cilwung, Bagi Edukasi dan Ajak Bersihkan Sampah

Dalam acara Cimate Diplomacy Week 2019, Komunitas Peduli Ciliwung mengajak semua kalangan khususnya anak muda dan akademisi dari semua daerah untuk bepartisipasi. Apakah Anda tertarik, Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.