Komunitas Penggemar Senjata Bruce Lee Ikut Kompetisi Nunchaku

Berita Kawasan

Komunitas Penggemar Senjata Bruce Lee Ikut Kompetisi Nunchaku

Untuk sebagian orang, mendengar kata Nunchaku masih terasa asing di telinga. Namun, bila dikaitkan dengan senjata yang selalu digunakan Bruce Lee dalam film-filmnya, sudah dipastikan banyak yang tahu walau tidak tahu apa nama senjatanya. Ya, itulah Nunchaku sebuah senjata yang berasal dari Rykyu Okinawa yang berbentuk dua tongkat pendek berukuran sekitar 30 cm yang dihubungkan dengan rantai atau tali. Nunchaku lebih terkenal dengan nama double stick.

Popularitas senjata Nunchaku yang sering digunakan Brucee Lee dalam film-filmnya, kini juga digunakan pada sebuah komunitas yang menyukai Nunchaku. Komunitas itu pun hadir di Kota Tangerang bernama Indonesia Nunchaku Club (INC) Tangerang, yaitu sebuah komunitas tempat berkumpulnya penggemar senjata Nunchaku. INC tak hanya ada di Tangerang, namun tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Komunitas INC Tangerang sendiri bagian dari induk komunitas INC pusat yang berada di Jakarta.

[Baca Juga: Tanpa Ikut Les, Bisa Belajar Bareng Komunitas Biola Tangerang]

Melansir laman tangerangkota.go.id (01/10/2019), Kapten INC Tangerang Kevin Walker, menceritakan INC yang telah berdiri sejak 2017 dan kini memiliki 30 lebih anggota. Komunitas Nunchaku di Tangerang memiliki kegiatan rutin berlatih menggunakan Nunchaku mulai dari teknik hingga free style nunchaku.

Dalam teknik ini tidak menonjolkan sekadar bela diri, melainkan keindahan dan keterampilan menggunakan Nunchaku. Mempelajari dan melatih teknik Nunchaku tidaklah mudah, butuh latihan sesering mungkin. Teknik Nunchaku yang dipakai pun beragam mulai dari teknik huricane, spin, dan teknik lain. “Untuk latihan dasar biasanya belajar 3 bulan. Untuk tingkat lanjut, itu sekitar 6 bulan,” ungkap Kevin.

[Baca Juga: Komunitas Tange-Run, Kenalkan Kota Tangerang dengan Berlari]

Kevin mengatakan, jika ada warga Kota Tangerang yang tertarik ingin tahu lebih tentang Nunchaku atau latihan Nunchaku, bisa langsung datang ke Lapangan Ahmad Yani di alun-alun Kota Tangerang setiap hari Minggu Pukul 10.30. INC yang kerap berlatih tiap hari minggu ini pun telah mempersiapkan kejuaraan Nunchaku nasional. "Saat ini kami sedang mempersiapkan Kejuaraan Nunchaku nasional atau NSC Nunchaku Skill Competition Goifex Jakarta 2020," katanya.

Sekadar informasi, INC juga kerapkali mengikuti kompetisi Kejuaraan nasional Nunchaku Skill Competition Goifex Jakarta. Selain itu, INC sering berkesempatan tampil di beberapa stasiun TV swasta.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.