Komunitas Save Janda Ingin Ubah Stigma Negatif di Masyarakat

Berita Kawasan

Komunitas Save Janda Ingin Ubah Stigma Negatif di Masyarakat

Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata janda? Janda adalah istilah bagi perempuan yang sudah bercerai baik cerai hidup atau cerai mati. Jika setelah mendengar kata janda yang terpikir adalah hal-hal negatif terhadap perempuan, maka sebaiknya ubah stigma tersebut.

Itulah yang ingin dikampanyekan sebuah komunitas bernama Save Janda yang didirikan Mutiara Proehoeman. Dia bercerita alasan mendirikan komunitas ini pada sesi diskusi yang berlangsung di GoWork Plaza Setiabudi, Jakarta Selatan yang dihadiri tim PingPoint.co.id (26/4/2019).

[Baca Juga: Gaya Hidup Ramah Lingkungan Rentique X Eureka Fashion Trunk Show]

“Komunitas kami hadir untuk mematahkan stigma atau merubah stigma mengenai janda yang masih dipandang negatif di kalangan masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, stigma negatif di masyarakat ini menjadikan banyak janda yang merasa minder. Kegiatan yang dilakukan komunitas Save Janda bertujuan untuk menyampaikan bahwa mereka memiliki kemampuan dan kapabilitas terlepas dari status janda. Kegiatan yang biasa dilakukan komunitas ini salah satunya seperti yang mereka lakukan dengan berpartisipasi dalam kegiatan Trunk Show yang digelar Rentique dan Eureka. Melalui kegiatan tersebut, mereka mampu menunjukkan dengan status janda tidak mengurangi kepercayaan diri mereka untuk berbuat positif dan terus tampil cantik dan memukau seperti dikatakan Mutiara .

Komunitas Save Janda Ingin Ubah Stigma Negatif di Masyarakat

Komunitas Save Janda berdiri sejak tahun 2016 dan hingga kini memiliki 50 anggota yang aktif, yang terdiri dari perempuan berstatus janda, mantan janda dan sahabat janda. Mutiara menjelaskan, dalam komunitas ini mantan janda berarti sebelumnya berstatus janda namun sudah menikah lagi seperti dirinya. Sedangkan sahabat janda adalah pihak mana pun baik perempuan dan laki-laki yang memiliki kepedulian dan mendukung janda dalam komunitas ini untuk bisa percaya diri dan membantu memberdayakan perempuan berstatus janda.

[Baca Juga: Catcalling, Permasalahan yang Kerap Dialami Perempuan Jakarta]

Komunitas ini juga dibentuk atas dasar keresahan yang dimiliki Mutiara yang dia rasakan di kantor dan di beberapa tempat karena berstatus janda. Bahkan, dia mengaku pernah menerima pesan yang menurutnya sangat menjengkelkan. Dengan pengalaman pribadi yang dia miliki , dia berinisiatif untuk mengumpulkan teman-temannya yang juga berstatus janda untuk bergerak bersama mengubah stigma negatif mengenai janda di kalangan masyarakat.

Jadi, mari bantu Komunitas Save Janda dengan berpikir positif dan memperlakukan semua perempuan dengan baik, termasuk yang berstatus janda. Karena mereka juga bisa berprestasi, tampil cantik dan memukau, dan berbuat positif.

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.