DUREN SAWIT_KESEHATAN_KOMUNITAS TAUFAN PENGGERAK-01.jpg

Kesehatan

Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker

Dukungan moral merupakan salah satu dorongan yang kerap dibutuhkan oleh para penderita kanker beserta keluarganya. Karena dengan dukungan tersebut, mereka dapat merasa bahwasanya mereka tidak sendiri dalam perjuangan demi kesehatan anggota keluarganya. Itulah salah satu tujuan utama berdirinya Komunitas Taufan yang memiliki sekretariat di Kramat Jati Jakarta.

Bagi Anda yang asing dengan kelompok ini, Komunitas Taufan merupakan komunitas yang bergerak untuk membantu para keluarga yang anaknya menderita kanker serta penyakit berisiko tinggi lainnya. Adapun bantuan yang diberikan bisa dalam bentuk moril, material sampai finansial. Komunitas ini juga berperan sebagai jembatan antara relawan serta donatur terhadap para keluarga yang anaknya menderita kanker.

Berdirinya komunitas yang memiliki sekretariat di Jalan Kayu Manis No.4, Kramat Jati Jakarta Timur ini tidak bisa terlepas dari peran Yeni Dewi Mulyaningsih atau yang dikenal dengan panggilan “Mama Taufan”. Ia bersama rekan-rekan relawan lainnya memutuskan untuk mendirikan Komunitas Taufan pada 16 Desember 2013 dan ini berkaitan dengan pengalaman pedih Yeni yang kehilangan putranya bernama Taufan akibat kanker darah Leukemia tipe AML (Acute Myloid Leukemia) atau leukemia mieloid akut.

Namun pasca-kejadian tersebut, Yeni tidak terpuruk dalam kesedihan malah ia cenderung bangkit dengan jiwa sosial untuk membantu para keluarga lainnya yang memiliki anak penderita kanker. “Satu minggu tiga kali saya datang ke rumah sakit. Sendiri, saat itu saya ketemu siapapun saya ngobrol. Saya bermain dengan anak-anak (pasien di RSCM-red) yang saya temuin,” ucap Yeni di acara Kick Andy, sebagaimana dilansir dari video.medcom.id.

DUREN SAWIT_KESEHATAN_KOMUNITAS TAUFAN PENGGERAK-02.jpg

Program-program yang dilakukan oleh komunitas ini pun beragam mengingat ini berdasarkan dari pengalaman pribadi Yeni. Ada Support Visit yang di mana dua kali seminggu para relawan dari Komunitas Taufan mengunjungi para pasien anak penderita kanker di rumah sakit. Di sini mereka bisa memberikan dukungan moral serta menyalurkan bantuan yang berasal dari donatur.

Home Visit juga memiliki metode yang serupa namun dilakukan dengan cara para relawan mengunjungi rumah keluarga yang anaknya menderita kanker atau penyakit berisiko tinggi lainnya. Selain itu juga Fun Trip yang di mana Komunitas Taufan menjembatani para donatur yang ingin membantu anak penderita kanker melalui acara jalan-jalan.

Bagi Anda yang merasa terpanggil untuk menjadi relawan atau ingin mengetahui program Komunitas Taufan lainnya, Anda langsung bisa datang ke sekretariat komunitas ini di Kramat Jati Jakarta. Anda juga langsung bisa menghubungi Yani selaku pendiri komunitas tersebut di nomor: 0812-8273-4932.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

28 September 2020, 11:09

Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukkan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman.

Longsor di Hulu Sungai Gunung Salak Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

Berita Kawasan

Longsor di Hulu Sungai Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

28 September 2020, 10:07

Longsor terjadi akibat sejak Senin, 21 September 2020 terjadi hujan sangat lebat diikuti dengan angin kencang. Sehingga, dapat dipastikan hal itu disebabkan oleh faktor cuaca yang cukup ekstrem.

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.