Kegiatan Berbagi Nasi, Komunitas USA Bantu Warga Kota Bandung di Tengah Pandemi.jpg

Berita Kawasan

Komunitas USA Bantu Warga Kota Bandung di Tengah Pandemi

Dampak masa pandemi COVID-19 apalagi ditambah dengan pembelakuan kebijakan PPKM Darurat kemudian diperpanjang menjadi PPKM Level 4 dan Level 3 tak bisa dipungkiri sangat berpengaruh bagi warga Kota Bandung, apalagi dari sisi ekonomi. Dalam kondisi ini segala bentuk uluran tangan dan kepedulian sesama sangat dibutuhkan di Kota Kembang. Oleh karena itulah kemunculan aksi sosial bertajuk Berbagi Nasi dari Komunitas Urang Sunda Asli atau USA yang digelar di Kota Kembang mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Sesuai dengan namanya, Komunitas Urang Sunda Asli beranggotakan orang-orang yang berkumpul karena identitas mereka sebagai orang Sunda yang di mana memanfaatkan apps Clubhouse untuk saling berbicara menggunakan bahasa asli yang mereka cintai tersebut. Menariknya, komunitas ini anggotanya bukan hanya dari orang-orang yang tinggal di Jawa Barat atau wilayah lain di Tanah Air tapi juga ada yang saat ini tengah berdomisili di Eropa.

“Bermula dari obrolan di Clubhouse ternyata banyak ketemu orang Sunda yang bukan hanya berasal dari Indonesia, seperti Bali, atau di luar Jawqa Barat. Tapi ada juga dari Jerman, Dublin Irlandia, Belanda, dan banyak lagi,” ungkap perwakilan anggota USA Dini Yulianti Mustopa, sebagaimana dikutip dari Humas.Bandung.go.id (23/8/2021).

Kegiatan Berbagi Nasi, Komunitas USA Bantu Warga Kota B andung di Tengah Pandemi.jpg

Dari beragam dialog yang mereka sampaikan dengan menggunakan bahasa Sunda, Dini yang sebenarnya tengah mengenyam pendidikan di Jerman tersebut sepakat untuk ikut pertemuan ketika ia pulang ke Tanah Air. Dari sinilah komunitas USA resmi terbentuk pada Maret 2021 dan kerap menggelar kegiatan kopi darat yang berujung terhadap keinginan mereka untuk membantu sesama di masa pandemi COVID-19.

Aksi sosial ini diawali bakti sosial yang digelar pada bulan Ramadan kemarin yang berhasil mengumpulkan dana hingga Rp20 juta. Uang ini kemudian disalurkan ke panti asuhan yang berada di Bandung Selatan serta membantu proses pembangunan masjid di Kota Garut. Namun aksi sosial mereka tidak berhenti di situ saja, komunitas Urang Sunda Asli bersepakat untuk melakukan kegiatan rutin agar masyarakat dapat merasakan langsung dampaknya dan ini direalisasikan melalui aksi Berbagi Nasi.

Menurut koordinator lapangan dari aksi Berbagi Nasi di komunitas USA Temi Ijang, posko Berbagi Nasi didirikan di dua gerai bisnisnya yang berada di Jalan Diponegoro Nomor 9 dan Jalan Lodaya Nomor 11A yang digelar setiap pekan pada hari Jumat. Menurutnya, walau bisnisnya mengalami penurunan yang cukup drastis namun ini tak menggentarkan dirinya serta para anggota komunitasnya yang memang berprofesi sebagai pengusaha untuk membantu sesama. Menariknya, selain menjadi donatur untuk aksi, Temi juga tak lupa untuk ikut turun ke lapangan langsung untuk berbagi.

[Baca Juga: RS Rujukan COVID-19 di Jakarta dapat Donasi Fasilitas Istirahat Nakes]

“Pas lagi PPKM itu sepi banget, kita juga hanya menerima orderan take away dan online. Lalu saya masuk ke komunitas USA. Kita bergerak untuk satu kegiatan sosial di antaranya bagi-bagi makanan gratis buat teman-teman yang membutuhkan dan orang di jalanan,” jelas Temi.

Kegiatan aksi sosial dari komunitas Urang Sunda Asli ini tentu saja mendapatkan respons positif serta apresiasi dari Pemkot Bandung. Hal ini terlihat dari para anggota komunitas yang sempat berkunjung ke kantor Pemkot Bandung dan bertemu langsung dengan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah Kota Bandung Sony Teguh Prastya pada 23 Agustus 2021. Sony menyebut, aksi sosial ini senada dengan keinginan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial yang ingin menguatkan kekeluargaan di Kota Kembang dengan cara berbagi kepada sesama.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.